Sukses

Penyebab Diabetes Melitus Sesuai Tipenya, Waspadai Sedini Mungkin

Liputan6.com, Jakarta Penyebab diabetes melitus nampaknya perlu diwaspadai melihat jenis penyakit tidak menular ini kian banyak diderita. Menurut WHO Sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. WHO juga menyatakan bahwa diabetes menjadi salah satu penyebeb kematian utama di dunia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kemenkes RI, angka prevalensi Diabetes meningkat dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018. Hasil riset ini menyatakan estimasi jumlah penderita di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Diabetes tak hanya penyakit tunggal, adanya diabetes dalam tubuh bisa memicu risiko gangguan kesehatan lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kematian.

Penyebab diabetes melitus bukan serta merta datang begitu saja. Gaya hidup tidak sehat seperti makanan hingga kurang olahraga dapat menjadi pemicu datangnya penyebab diabetes melitus. Tanpa adanya perawatan berkelanjutan akan penyebab diabetes melitus, penyakit ini bisa berujung fatal. Ada tiga tipe umum diabetes yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan gestasional.

Kadar gula darah dalam tubuh menjadi tonggak utama penyebab diabetes melitus. Dengan mengelola asupannya dan memulai gaya hidup sehat, risiko diabetes melitus dapat berkurang.

Selain kadar gula darah, ada beberapa penyebab diabetes melitus yang datang sebagai pemicu. Berikut penyebab diabetes melitus yang patut diwaspadai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/7/2019).

2 dari 5 halaman

Penyebab diabetes melitus Tipe 1

Diabetes Tipe 1 juga dikenal dengan juvenile diabetes, adalah penyakit autoimun. Tipe ini terjadi ketika tubuh gagal menghasilkan insulin.

Sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat. Orang dengan diabetes tipe I tergantung pada insulin, yang berarti mereka harus meminum insulin buatan setiap hari untuk tetap hidup.

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproses glukosa, karena kurangnya insulin. Glukosa dari makanan tidak bisa masuk ke dalam sel dan meninggalkan terlalu banyak glukosa yang bersirkulasi dalam darah. Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Namun, itu dianggap sebagai penyakit autoimun.

Sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel beta di pankreas. Ini adalah sel yang membuat insulin. Para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami mengapa ini terjadi. Elemen genetik dan lingkungan, seperti virus, dapat berperan. Pemicu berikut mungkin terlibat dalam terbentuknya diabetes tipe 1:

- Infeksi virus atau bakteri

- Racun kimia dalam makanan

- Komponen yang tidak dikenal menyebabkan reaksi autoimun

- Disposisi genetik yang mendasari juga dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1.

3 dari 5 halaman

Penyebab diabetes mellitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, dan gula menumpuk di dalam darah. Diabetes tipe 2 memengaruhi cara tubuh menggunakan insulin. Sementara tubuh masih membuat insulin, tidak seperti pada tipe I, sel-sel dalam tubuh tidak meresponnya seefektif sebelumnya.

Seiring waktu, ini dapat merusak sel-sel di pankreas. Akhirnya, pankreas mungkin tidak dapat menghasilkan insulin apa pun. Jika tidak menghasilkan insulin yang cukup atau jika tubuh tidak menggunakannya secara efisien, glukosa menumpuk di dalam aliran darah. Ini membuat sel-sel tubuh kekurangan energi.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, ini adalah jenis diabetes yang paling umum dan memiliki hubungan kuat dengan obesitas.

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya multifaktorial - lebih dari satu penyebab diabetes terlibat. Seringkali, faktor yang paling besar adalah riwayat keluarga dengan diabetes tipe 2. Ada berbagai faktor risiko untuk diabetes tipe 2, yang semuanya meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi tersebut. Ini termasuk:

- Kegemukan

- Hidup dengan gaya hidup yang tidak aktif

- Bertambahnya usia

- Diet yang buruk

Penyebab diabetes tipe 2 lainnya seperti kehamilan atau penyakit dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2.

4 dari 5 halaman

Penyebab Diabetes gestasional

Jenis ini terjadi pada wanita selama kehamilan ketika tubuh dapat menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Diabetes gestasional tidak terjadi pada semua wanita dan biasanya sembuh setelah melahirkan. Akan tetapi, memiliki diabetes gestasional tidak membuat ibu berisiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan diabetes tipe ini. kehamilan, sampai taraf tertentu, menyebabkan resistensi insulin. Penyebab diabetes dalam kehamilan juga dikenal sebagai diabetes gestasional masih belum diketahui. Namun, ada sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi ini:

- Riwayat keluarga diabetes gestasional

- Kegemukan atau obesitas

- Menderita sindrom ovarium polikistik

- Memiliki bayi besar dengan berat lebih dari 4 kg

Penyebab diabetes gestasional mungkin juga terkait dengan etnisitas. Beberapa kelompok etnis memiliki risiko diabetes gestasional yang lebih tinggi.

5 dari 5 halaman

Pencegahan diabetes

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena disebabkan oleh masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyebab diabetes tipe 2, seperti gen atau usia, juga tidak dapat dikendalikan. Namun banyak faktor risiko diabetes lainnya dapat dikendalikan. Sebagian besar strategi pencegahan diabetes melibatkan penyesuaian sederhana dengan pola makan dan kebugaran rutin.

Jika Anda telah didiagnosis menderita prediabetes, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menunda atau mencegah diabetes tipe 2:

- Dapatkan setidaknya 150 menit per minggu latihan aerobik, seperti berjalan atau bersepeda.

- Potong lemak jenuh dan trans, bersama dengan karbohidrat olahan, dari makanan harian.

- Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.

- Makanlah dalam porsi yang lebih kecil.

- Cobalah untuk menurunkan 7 persen dari berat badan jika kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Fungsi Hormon Insulin, Pengatur Gula Darah Manusia
Artikel Selanjutnya
6 Penyakit yang Disebabkan oleh Gula Berlebih, Tidak Hanya Diabetes