Sukses

Cara Mengenali Judul Lagu Lewat Ponsel, Cukup Dengan Suara

Liputan6.com, Jakarta Penggalan lagu terkadang bisa terngiang-ngiang di kepala. Lebih buruk lagi jika kamu tidak mengetahui judul atau siapa penyanyi di balik lagu tersebut. Mencari judul lagu yang baru didengar bisa menjadi bagian yang membuat penasaran hati.

Kamu bisa mengetikkan penggalan lirik lagu yang diingat. Namun, akan sedikit sulit jika lirik tersebut merupakan bahasa asing. Tak perlu bingung, kini ada cara mudah untuk memecahkan teka-teki ini. Dengan bantuan ponsel pintar, cukup dengan suara, kamu dapat mengetahui judul lagu yang terngiang di otak.

Dengan aplikasi yang dapat diunduh gratis, kamu bisa bebas mengidentifikasikan judul dari lagu yang diputar di tv, radio atau tempat umum. Dengan menggunakan alat-alat ini, kamu akan dapat mengidentifikasi lagu dengan mudah dan tidak pernah canggung menyebutkan lirik yang salah.

Bahkan jika kamu menggunakan Android atau iOS, fitur ini sudah tersedia melalui Google Assistant atau Siri. Berikut cara mengetahui judul lagu lewat ponsel seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/7/2019).

2 dari 7 halaman

Shazam

Aplikasi pengenal lagu yang paling populer adalah Shazam. Kamu cukup mengarahkan ponselmu ke sumber musik saat lagu diputar dan ketuk satu tombol di dalam aplikasi Shazam. Aplikasi ini akan mendengarkan lagu tersebut dan memberimu semua info relevan yang perlu kamu ketahui seperti artis, judul, dan album.

Shazam juga akan memberimu tautan ke YouTube ke tempat kamu dapat mendengarkan atau membeli trek. Aplikasi ini juga menyimpan riwayat bagus dari semua lagu yang kamu identifikasi menggunakan Shazam. Shazam tersedia di iOS, Android, Mac, Windows, dan hampir semua platform lainnya.

3 dari 7 halaman

SoundHound

SoundHound melakukan hampir semua yang dilakukan Shazam dan bahkan lebih. Sama seperti Shazam, SoundHound dapat memberi tahumu lagu apa yang diputar dengan satu ketukan tombol. Tapi katakanlah lagu yang baru saja kamu dengar berakhir sebelum kamu bisa mengeluarkan ponsel dan membuka aplikasi, ini bukan masalah di situlah kelebihan SoundHound.

Jika lagu yang tersangkut di kepalamu saat itu tidak diputar, kamu dapat menyenandungkannya atau menyanyikan lagu itu ke SoundHound dan dapat mengidentifikasi lagu tersebut. Tentu saja, ini tergantung pada seberapa dekat interpretasi vokalmu terhadap lagu yang sebenarnya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan interaksi dengan "OK Hound, what song is this?" kontrol suara aplikasi akan mengambil alih dan mengidentifikasikan lagu yang kamu cari. SoundHound pada awalnya dikenal sebagai mesin pencari musik yang disebut Midomi. Bahkan, versi desktop SoundHound masih disebut Midomi.

Seperti SoundHound yang tersedia di perangkat iOS dan Android, kamu dapat menyanyikan lagu di komputer desktop atau mik laptopmu dan Midomi akan mengetahuinya dengan akurasi yang sama dengan aplikasi SoundHound.

4 dari 7 halaman

Google Assistant

Tak mau kalah, Google kini juga mengembangkan kemampuan mengenali lagu melalui Google Assistant. Fitur Pencarian Suara Google Assistant adalah evolusi terbaru dari fitur Google Play dan ponsel Android. Kamu cukup menekan tombol Google Assistant dan berkata "OK Google, what's this song?" atau "Hey Google, what song is playing?".

Google akan mendengarkan melalui mikrofon ponselmu dan mengidentifikasi lagu tersebut. Lalu, asisten virtual ini akan memberikan nama lagu dan penyanyi termasuk sejumlah tautan ke Spotify atau YouTube. Layanan ini sudah dapat diakses melalui perangkat android, iPhone dan iPad, dan headphone yang terintegrasi dengan Google Assistant.

5 dari 7 halaman

Siri

Sama seperti Google Assistant, perangkat yang terintegrasi dengan Siri seperti Apple dapat juga mengidentifikasi lagu. Ketika kamu mendengar lagu yang ingin kamu identifikasi, kamu dapat membuka Siri, dan mengatakan “What song is playing right now?“, Atau “Name that song“, atau “Which song is this?“.

Siri kemudian akan mendengarkan lagu yang sedang diputar, dan memberi tahumu judul lagu tersebut. Kamu bahkan dapat mengetuk hasil untuk melihat lagu di Apple Music, dan memutarnya jika kamu sudah berlangganan layanan streaming musik. Jika kamu bukan pelanggan Apple Music, kamu akan mendapatkan opsi untuk membeli lagu, atau mendengarkan sampel.

6 dari 7 halaman

Genius

Didirikan pada tahun 2009, Genius adalah salah satu koleksi terbesar lirik lagu dan pengetahuan musik crowdsourced. Ini melayani lebih dari 100 juta orang setiap bulan melalui situs web dan aplikasinya. Ada tombol mengambang di kanan bawah aplikasi untuk mengenali lagu. Cukup ketuk untuk mengetahui musik apa yang kamu dengarkan.

Layar beranda kemudian akan berisi daftar lagu-lagu yang merupakan item paling teridentifikasi di Genius. Ketuk untuk melihat lirik atau unduh jika kamu mau, putar video atau bagikan lagu.

7 dari 7 halaman

Musixmatch Lyrics

Musixmatch, dulu dipasangkan dengan Spotify untuk memberikan lirik. Sementara keduanya tidak lagi terhubung, Musixmatch menjadi aplikasi yang juga bisa mengenali lagu. Aplikasi ini bukan hanya aplikasi pengenalan musik, tetapi juga pemutar musik yang dapat kamu gunakan untuk memutar musikmu sendiri.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk pengenalan lagu, Anda dapat mengetuk ikon menu, dan kemudian ketuk “identify lyrics". Musixmatch kemudian mencoba mengenali musik yang sedang diputar, dan menemukan lagu yang cocok dengan audio. Pengenalan lagu di Musixmatch didukung oleh ACRCloud, dan ini bekerja dengan sangat baik.

Loading