Sukses

12 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung, Jangan Sampai Ketinggalan

Liputan6.com, Jakarta Mendaki gunung sudah menjadi salah satu hobi banyak orang sekarang ini. Selain menawarkan suasana yang masih alami dan pemandangan yang begitu mengesankan, sisi petualangan dari mendaki gunung juga banyak disenangi.

Namun, masih banyak orang-orang yang belum memperhatikan perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Padahal dengan petualangan dan segala rintangan yang ada saat mendaki gunung, diperlukan persiapan yang matang dan tidak main-main bila ingin selamat.

Peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena kamu tidak bisa memprediksi alam begitu saja. Kondisi alam, terutama di gunung bisa saja berubah dengan cepat tanpa kamu prediksi sebelumnya. Jadi lakukanlah persiapan yang benar-benar matang sebelum mendaki gunung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/7/2019) tentang peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung.

2 dari 5 halaman

Tas Gunung, Sepatu Gunung, dan Jaket Parasut

Tas Gunung

Salah satu peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung tentunya adalah tas gunung. Tak mungkin pergi ke gunung hanya berbekal tas kresek. Pilihlah tas gunung yang tahan air dan mampu memuat banyak barang. Tas gunung berwarna cerah akan membuat kamu mudah terlihat saat berada di hutan.

Sepatu atau Sandal Gunung

Selanjutnya, pastikan kamu menggunakan sepatu atau sandal gunung saat mendaki. Jalanan untuk mencapai puncak gunung tidaklah semulus jalan raya yang biasanya dilewati orang, melainkan pasir dengan bongkahan bebatuan yang dipijaki.

Terlebih lagi pada saat hujan, jalan atau medan pendakian akan sangatlah licin dan sering membuat para pendaki terpeleset. Untuk itu telah diciptakan sepatu atau sandal yang dikhususkan untuk melangkah melewati terjalnya gunung yang penuh hutan lebat. Lebih disarankan kamu menggunakan sepatu agar lebih aman.

Gunakan Jaket Berbahan Parasut

Saat mendaki gunung sangat dianjurkan menggunakan jaket berbahan parasut. Karena jika kamu mengenakan jaket berbahan katun atau bahan lainnya bisa jadi basah karena embun dan membuat badan jadi berat. Hal ini tentunya dapat membuat perjalanan tersendat saking dinginnya.

Selain itu, kamu juga perlu membawa jas hujan. Jas hujan ini tentu saja berguna di kala hujan tiba. Letakkan jas hujan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga ketika hujan tiba, langsung dapat dipakai seketika itu juga.

3 dari 5 halaman

Tenda, Sleeping Bag, dan Obat-Obatan

Tenda

Jika kamu menginap di gunung, tentu saja tenda ini wajib hukumnya untuk dibawa. Tenda ini akan melindungi kamu dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya. Jadi sebelum berangkat mendaki gunung, kamu harus berembug dulu dengan teman-teman untuk membawa tenda jenis apa, sesuai kebutuhan.

Sleeping bag dan matras

Matras dan sleeping bag sangat berguna untuk tidur. Saat tidur di atas gunung tentunya kamu akan kedinginan bila hanya mengandalkan pakaian dan jaket saja. Apalagi pada malam hari yang sangat dingin. Kamu akan membutuhkan alas matras untuk menghambat dingin dari tanah, dan sleeping bag untuk menghalangi dingin dari luar. Dengan menggunakan sleeping bag, maka kamu akan lebih hangat dan terhindar dari kedinginan.

Obat-obatan

Salah satu peralatan atau perlengkapan yang sering dilupakan adalah obat-obatan. Padahal hal ini sangat penting gunanya dalam mengatasi berbagai penyakit yang tiba-tiba kamu alami saat mendaki gunung. Berbagai obat-obatan umum harus dibawa, dan buat kamu yang memiliki penyakit khusus yang kadang-kadang bisa kambuh secara tiba-tiba, lebih baik membawa obat yang telah diberikan dokter kepadamu untuk jaga-jaga.

4 dari 5 halaman

Peralatan Makan, Senter, dan Korek Api

Peralatan makan dan minum

Peralatan makan dan minum wajib kamu bawa jika kamu ingin memasak di gunung. Alat makan tersebut antara lain piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas kecil, nesting, dan lain sebagainya. Namun, jika sekiranya kamu tidak perlu memasak makanan di gunung, barang-barang ini juga tidak perlu dibawa karena lumayan memperberat barang bawaan.

Senter atau headlamp

Senter dan headlamp sangat berguna memberi pencahayaan di kala gelap. Senter dari smartphone tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan, jadi jangan mengandalkan cahaya dari senter smartphone saja. Usahakan juga untuk membawa senter yang tahan air agar tidak rusak seandainya kamu memerlukannya saat sedang hujan.

Korek api

Korek api sangat berguna untuk memasak saat di gunung. Korek api ini juga berguna jika kamu ingin membuat api unggun. Hati-hati menggunakan korek api supaya tidak membakar hutan.

5 dari 5 halaman

Tisu, Baterai, dan Kantong Plastik

Tisu kering dan tisu basah

Tisu ini berguna untuk membersihkan segala hal, mulai dari membersihkan baju, piring, gelas, membersihkan badan, dan lain sebagainya. Tapi ingat ya, bawa kembali tisu bekasmu saat turun gunung. Jangan sampai meninggalkan sampah. 

Baterai cadangan

Baterai cadangan yang harus kamu bawa adalah baterai senter, baterai GPS (jika punya), baterai kamera, dan lain sebagainya. Bawa baterai cadangan dalam jumlah yang cukup banyak. Selain untuk diri sendiri, baterai cadangan juga bisa berguna bagi rekan lain yang membutuhkan.

Kantong plastik untuk sampah dan pakaian kotor

Kantong plastik untuk sampah dan pakaian kotor sangat penting supaya tidak tercampur dengan makanan, obat-obatan, dan pakaian yang bersih.

Loading