Sukses

Keindahan Desa Wisata Pentingsari, Kombinasi Wisata Alam dan Budaya

Desa wisata Pentingsari adalah salah satu desa wisata yang cukup terkenal di Jogja.

Liputan6.com, Jakarta Desa wisata sekarang ini sudah menjadi salah satu destinasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sekarang sudah banyak desa-desa yang mencanangkan diri sebagai desa wisata dengan menawarkan berbagai destinasi yang menyenangkan.

Apalagi desa identik dengan alam yang masih alami, suasana ramah tamah, dan ketenangan yang jarang bisa didapatkan di kota, terutama kota besar. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari ketenangan dan relaksasi dengan berlibur mengunjungi desa wisata.

Desa wisata Pentingsari adalah salah satu desa wisata yang cukup terkenal di Jogja. Dengan menyediakan berbagai destinasi yang tentunya akan membuat pengunjung merasa senang dan nyaman, desa ini semakin terkenal dan banyak dikunjungi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari desawisatapentingsari.com, Minggu (21/7/2019) tentang desa wisata Pentingsari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Letak Geografis Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari atau Dusun Pentingsari berbentuk seperti semenanjung di mana sebelah barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu kali Kuning dan sebelah selatan terdapat lembah yang berupak Goa Ledok atau Ponteng dan Gondoran.

Sebelah timur terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon sedangkan di sebelah utara merupakan dataran yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling kelurahan Umbulharjo sampai ke pelataran gunung Merapi. Dusun Pentingsari terdiri dari dua dusun yaitu Bonorejo dan Pentingsari.

3 dari 5 halaman

Destinasi Desa Wisata Pentingsari

Pancuran Suci Sendangsari

Desa Wisata Pentingsari memiliki sebuah pancuran yang dipercaya oleh masyarakat dusun Pentingsari dan sekitarnya sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarub.

Pancuran ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda dengan minum atau cuci muka dengan airnya, lokasi obyek ini sangat dekat dengan nuansa mistis dan nuansa keindahan lembah Sungai Kuning. 

Outbound Desa Wisata Pentingsari

Selanjutnya, Desa Wisata Pentingsari juga menawarkan bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka. Dengan menggunakan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif, karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

4 dari 5 halaman

Fasilitas lengkap

Transportasi

Desa Wisata Pentingsari menyediakan transportasi jeep untuk berpetualang di alam bebas untuk memberikan sensasi pengalaman baru dengan jalur dan manuver yang cukup ekstrem.

Pemandu

Wisatawan yang datang baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara akan disambut di Desa Wisata Pentingsari oleh pemandu yang berpengalaman.

Makanan

Selain itu, kamu bisa memesan makanan dan minuman lengkap mulai dari masakan modern dan tradisional yang halal, semua ada di Desa Wisata Pentingsari.

5 dari 5 halaman

Paket Wisata di Desa Wisata Pentingsari

Di Desa Wisata Pentingsari ini kamu bisa memilih berbagai paket wisata dengan segala macam atraksi dan acara yang ditawarkannya. Ada 5 macam paket wisata yang kamu pilih, diantaranya adalah:

Fasilitas Dewi Peri

Fasilitas Dewi Peri Desa Wisata Pentingsari ini menyediakan beberapa fasilitas untukmu, seperti arena outbond atau camping ground, tour guide lokal, sound system dan aula untuk acara, serta penginapan di homestay tergantung pilihanmu.

Atraksi Seni dan Budaya

Selanjutnya, ada pula atraksi seni dan budaya Desa Wisata Pentingsari yang bisa kamu pilih. Di sini kamu akan ditawarkan untuk mencoba atau menonton berbagai atraksi seni dan budaya yang telah disiapkan. Berbagai kegiatan seni dan budaya bisa kamu lakukan di Desa Wisata Pentingsari ini seperti, belajar membatik, belajar tari klasik, belajar gamelan, melukis caping, melukis celengan dan berbagai atraksi seni dan budaya lainnya. Fasilitas yang diberikan ini bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kocek yang cukup murah.

Atraksi Wisata

Selanjutnya ada atraksi wisata Desa Wisata Pentingsari. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru dan tentunya sangat menyenangkan saat berwisata ke desa pentingsari ini. Berbagai atraksi serta kunjungan-kunjungan wisata akan kamu dapatkan dalam paket atraksi wisata ini.

Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam paket atraksi wisata ini yaitu, kunjungan ke objek pertanian atau perkebunan yang dapat menyegarkan pikiran, atraksi bajak sawah dan panen padi yang tentunya tidak banyak orang kota yang pernah merasakannya, memancing dan menangkap ikan untuk melatih kesabaran yang sangat seru, melakukan tracking atau bertualang, hingga sepak bola lumpur.

Selain itu, ada juga paket wisata outbond yang ditawarkan khusus untuk berbagai usia. Ada paket outbond atau field trip untuk TK-SD, paket outbond untuk SMP-Mahasiswa, serta paket outbond untuk dewasa. Kamu juga akan mendapatkan makanan sesuai dengan pilihan.

Paket Kunjungan ke Luar

Selain itu, Desa Wisata Pentingsari juga menyediakan paket wisata atau kunjungan ke luar desa. Bila kamu ingin mengunjungi berbagai tempat di sekitar yang tak kalah seru, kamu bisa mengambil paket ini. Paket ini menawarkan Lava Tour Merapi dengan Jeep yang sudah terkenal kemana-mana.

Kebanyakan orang yang berwisata ke lereng gunung merapi mungkin sangat ingin melakukan tur dengan jeep ini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Museum Gunung Api Merapi yang mengagumkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.