Sukses

Cara Aman Minum Kopi Agar Tak Ganggu Kesehatan

Begini cara aman minum kopi agar tak picu masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi sudah menjadi rutinitas yang tak bisa ditinggalkan. Tak jarang beberapa orang setelah bangun tidur langsung mengonsumsi kopi

Saat kerja pun, kamu selalu memasukkan minuman pendamping seperti kopi. Alasan orang memilih minuman ini adalah untuk mendapatkan semangat yang lebih saat menjalankan kegiatan.

Namun sayangnya, tak banyak yang tahu atau peduli mengenai cara minum kopi yang aman dan sehat. Hal ini mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan manfaat dari kopi untuk tubuh, jika salah dalam mengonsumsinya maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Agar kamu tak mengulangi kesalahan yang sama dalam megonsumsi kopi, berikut ini Liputan6.com, Senin (22/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara aman mengonsumsi kopi agar tak ganggu kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Tak sedikit orang yang sudah terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada pada kopi itu bersifat diuretic alias memicu kehilangan cairan.

Nah, kalau kamu terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya, maka risiko dehidrasi bisa muncul. Oleh karena itu, kini kamu bisa emmbiasakan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi.

Seperti yang telah dianjurkan bahwa setiap orang setidaknya mencukupi kebutuhan cairannya dengan air sebanyak delapan gelas setiap hari agar tidak dehidrasi.

3 dari 6 halaman

Batasi Penggunaan Pemanis Buatan

Cara aman minum kopi selanjutnya adalah dengan tidak menambahkan pemanis buatan pada hidangan kopi mu. Pasalnya, pemanis buatan seperti gula putih, susu, dank rim mampu menaikkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak bisa lepas dari mengonsumsi kopi, alangkah baiknya untuk mengurangi bahkan menghindari asupan pemanis buatan ke dalam campuran kopi.

Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pemanis alami seperti kayu manis, jahe, pala, dan cengkeh. Selain menambah rasa dan aroma pada kopi, rempah-rempah ini bisa meningkatkan asupan antioksidan.

4 dari 6 halaman

Batasi Konsumsi Kopi dalam Sehari

Bagi penggemar kopi memang cukup sulit untuk membatasi jumlah mengonsumsi kopi. Namun mengonsumsi kopi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh. Dimana jantung bisa berdebar-debar sehabis mengonsumsi kopi. Kamu perlu membatasi asupan kopi sehari sebanyak 2 hingga 3 cangkir saja.

Pasalnya, dalam satu cangkir kopi mengandung 100 mg kafein dan dalam porsi sewajarnya kamu dianjurkan untuk kurang dari 500 mg kadar kafein agar tetap aman.

5 dari 6 halaman

Saring Menggunakan Kertas Khusus Kopi

Membuat kopi dengan menyeduhnya menggunakan kertas saring khusus kopi ternyata dapat mengurangi kadar kafein. Namun jangan khawatir zat-zat yang lain khususnya antioksidan tidak akan hilang dengan cara penyeduhan ini.

6 dari 6 halaman

Tidur Siang Sebelum Minum Kopi

Bila kamu menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang 20-30 menit, kamu bisa jadi akan bangun dengan perasaan yang lebih segar. Lakukan hal ini pada siang hari, misalnya saat sedang istirahat dari kerja atau apapun aktivitas kamu.

Sebaiknya, hentikan konsumsi kopi sejak enam jam sebelum tidur. Biarkan tubuh kamu benar-benar beristirahat dari asupan pembangkit energi apapun seperti kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini