Sukses

Fungsi Email untuk Kegiatan Sehari-hari, Mudah dan Banyak Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Belum banyak orang yang mengetahui fungsi email. Padahal, dengan mengetahui fungsi email kamu bisa memanfaatkan kehadirannya secara maksimal. Email merupakan sebuah surat elektronik yang digunakan sebagai sarana untuk berkirim dan menerima pesan dengan format digital. 

Pesan digital ini dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya baik dengan menggunakan perangkat komputer maupun smartphone yang kamu miliki. Dengan adanya email ini, kamu tak perlu berkirim surat atau pesan menggunakan kertas dan menuliskannya dengan tinta seperti zaman dulu.

Dengan adanya email, kamu bisa berkirim pesan dengan proses pengiriman yang praktis dan cepat. Maka tak heran, di zaman yang serba digital ini sudah mulai banyak orang yang menggunakan email.

Nah, agar kamu mendapatan manfaat lebih dari email, kamu perlu mengetahui apa saja fungsi email secara rinci. Berikut ini Liputan6.com, Senin (22/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber seputar email. Mulai dari cara kerja email, fungsi email, hingga cara membuat email dengan berbagai perangkat.

2 dari 6 halaman

Cara Kerja Email

Cara kerja email sebenarnya sama saja seperti kita sedang menulis surat untuk orang lain. Namun yang membedakan hanyalah kalau email bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin dikirim sekaligus.

Berikut ada beberapa cara kerja email secara singkat.

1. Buat kamu yang sudah memiliki akun email, bisa membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang ingin dikirm.

2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.

3. Email server akan mengindentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkannya ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan.

4. Saat pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersimpan di email server hingga si penerima membuka pesannya.

5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos atau inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.

6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

3 dari 6 halaman

Fungsi Email: Mengirim dan Menerima Pesan

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi email yang pertama dan paling umum adalah berguna untuk mengirim dan menerma email dari orang lain dimanapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Namun, untuk bisa merasakan kecepatan dalam berkirim pesan dengan menggunakan email, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat. Hal ini diperlukan baik untuk pengirim atau penerima email.

Melalui email, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan, baik itu foto, video, teks, dan lain sebagainya. Untuk mengirimkan semua ini melalui email, kamu bisa menggunakan atau menambahkannya dalam lampiran (attachment) pada email.

Berguna untuk Mendaftarkan Diri di Media Sosial

Fungsi email selanjutnya adalah untuk mendaftarkan diri kamu apabila ingin bergabung pada beberapa media sosial yang ada. Ya, sebagian besar layanan media sosial atau website hampir semuanya membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivasi di website tersebut.

Misalnya saja untuk situs media sosial, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya yang menharuskan kamu mendaftarkan akun dengan menggunakan email.

4 dari 6 halaman

Fungsi Email: Sebagai Identitas Diri hingga Media Pemasaran

Sebagai Identitas Diri

Fungsi email lainnya adalah sebagai identitas diri. Ya, ini dikarenakan dimana segala akses internet menggunakan data pribadi. Sehingga apabila kamu aktif di dunia maya, maka identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya.

Bagi beberapa orang juga penggunaan email sudah menjadi kewajiban. Pasalnya email sering kali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital seperti untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain sebagainya.

Maka tak heran, identitas mu bisa dikenal melalui digital karena telah memiliki akun email ini.

Email sebagai Media Pemasaran

Bukan menjadi fungsi email yang terakhir, namun fungsi email yang satu ini bisa juga kamu gunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualnnya.

Pemasaran yang dilakukan melalui email ini merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Namun hingga kini email marketing masih termasuk ke dalam jenis pemasaran online yang sangat efektif.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Akun Baru Email di Komputer

Ada banyak platform penyedia layanan email yang bisa kamu akses dan gunakan dengan mudahnya. Salah satu contohnya adalah Gmail yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa mendaftar atau membuat email di Gmail secara gratis. Berikut cara membuat akun baru Gmail dengan menggunakan perangkat komputer:

1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser kamu.

2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri kamu dengan lengkap.

4. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.

5. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau tanda lainnya.

6. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Akun Gmail Baru dengan Handphone

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username kamu.

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

14. Klik next.

15. Selanjutnya adalah memilih password kamu. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah.

16. Klik next.

17. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, kamu klik skip.

18. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

19. Klik I Agree.

20. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

21. Klik Next.

22. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Kamu bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.

Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

Dengan memiliki akun email di Gmail, kamu akan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penipuan Lewat Email yang Harus Diwaspadai dan Cara Mendeteksinya