Sukses

Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Jeruk memiliki kandungan nutrisi yang dikenal bisa bantu menjaga kesehatan tubuh. Umumnya, kebanyakan orang hanya mengonsumsi daging ataubulir jeruk saja untuk memperoleh segala nutrisi. Padahal, seluruh bagian jeruk bisa digunakan dan memiliki segudang manfaat yang tak terkira.

Nah, salah satunya adalah bagian kulit jeruk. Siapa sangka, bagian yang biasa dibuang ini ternyata memiliki manfaat juga untuk tubuh khususnya perawatan kecantikan. Bila kamu memiliki kebiasaan membuang kulit jeruk, kini perlu dipikir terlebih dahulu sebelum melakukannya lagi.

Pasalnya, kamu bisa mengolah kulit jeruk ini untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat produk perawatan kecantikan. Agar tak penasaran, berikut ini Liputan6.com, Selasa (23/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber lima manfaat kulit jeruk untuk kecantikan yang bisa kamu rasakan.

2 dari 6 halaman

Mencerahkan Wajah

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mencerahkan wajah. Ya, buat kamu yang memiliki wajah kusam, maka bisa mencoba membuat masker menggunakan kulit jeruk yang dicampurkan dengan kunyit.

Kombinasi dari kedua bahan alami ini bisa dikatakan cukup ampuh dalam proses memutihkan wajah. Tak hanya menjadi putih dan bersih, tetapi masker kulit jeruk ini juga akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih bersinar dan terbebas dari noda.

3 dari 6 halaman

Menghaluskan Wajah

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan berikutnya adalah bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk menghaluskan wajah. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Cara membuat masker dengan menggunakan kulit jeruk ini sangat mudah.

Siapkan kulit jeruk kering secukupnya, lalu giling kulit jeruk tersebut dan tambahkan dengan satu sendok madu serta satu sendok air perasan jeruk nipis.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Bintik Hitam dan Jerawat

Berikutnya, buat kamu yang memiliki masalah kulit wajah jerawat ataupun noda hitam bekas jerawat, coba gunakan masker dari kulit jeruk. Cara membuat masker dari kulit jeruk inipun sangatlah mudah. Kamu hanya membutuhkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan.

Setelah itu, tambahkan dengan beberapa tetes air mawar dan satu sendok bubuk kayu cendana. Kemudian aduk-aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur rata dan berbentuk seperti pasta, lalu setelah itu jadikan sebagai masker untuk wajah.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan lainnya adalah bisa membantu proses diet kamu. Sudah menjadi hal yang lumrah menggunakan buah jeruk untuk dikonsumsi bagi yang sedang memiliki program diet. Begitu juga dengan kulit jeruknya, yang ternyata juga bisa digunakan sebagai diet.

Kamu hanya perlu mencampurkan kulit jeruk dengan teh hijau atau hitam. Lalu konsumsi racikan tersebut secara rutin. Kandungan serat pada kulit jeruk, baik untuk sistem pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap kenyang dalam waktu yang lama.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Ketombe

Buat kamu yang memiliki masalah rambut berketombe, kini kamu bisa mencoba racikan kulit jeruk untuk menghilangkannya. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan kulit jeruk yang telah dicampur dengan air.

Setelah itu, biarkan campuran ini semalaman sebelum mengoleskannya merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Air campuran kulit jeruk ini bisa membantu kamu untuk membersihkan rambut secara keseluruhan. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.