Sukses

Pasangan Tua Ini Terpaksa Berdiri di Dalam Bus, Penyebabnya Bikin Geram

Kakek dan nenek ini berdiri di bus yang bikin miris.

Liputan6.com, Jakarta Angkutan umum seperti bus menjadi salah satu transportasi yang masih diminati banyak masyarakat. Selain harga yang terjangkau, banyak bus yang mudah ditemukan di halte-halte yang kerap menunggu para penumpang. 

Sayangnya, kebanyakan bus tak menyediakan tempat khusus untuk para orang tua ataupun wanita hamil. Sehingga perlu kesadaran diri pada masing-masing orang untuk rela memberikan kursinya kepada orang yang lebih membutuhkan. 

Namun sepertinya kesadaran itu masih belum banyak diaplikasikan oleh para penumpang di bus satu ini. Ada pasangan kakek dan nenek yang sudah lanjut usia harus rela berdiri di dalam bus karena tak kebagian tempat duduk. Fotonya pun menyebar di media sosial dan membuat geram netizen melihat perlakuan penumpang lainnya seperti Liputan6.com lansir dari Elitereaders, Selasa (23/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berdiri Selama Perjalanan di Dalam Bis

Kejadian ini terjadi di kota Damaguete, Filipina. Beberapa foto dari pasangan tua yang berdiri di bus itu dibagi oleh Jovit Je Lim. Ia mendapatkan foto itu setelah dikirimi oleh istrinya yang berada satu bus dengan pasangan tersebut. 

Dalam foto itu terlihat kakek yang menggunakan baju merah sedangkan istrinya berada di depannya, berdiri selama di perjalanan. Kakek dan nenek ini terpaksa berdiri lantaran tak mendapatkan kursi kosong. Kursi di depan mereka telah diduduki oleh wanita yang sedang hamil. 

Istri dari Lim ini juga mengatakan dia mengambil foto itu karena sedih tak ada seorang pun dari penumpang itu yang mau memberikan kursinya pada mereka. Selama bus melaju, pasangan tua tersebut berjuang untuk tetap berdiri stabil dengan berpegangan pada jendela. Agar tidak jatuh, bahkan sang kakek memeluk istrinya dari belakang akan tidak tersungkur ketika bus mendadak mengerem. 

3 dari 3 halaman

Reaksi Geram Netizen

Foto-foto yang dibagikan oleh Lim kemudian mendapatkan reaksi geram dari para netizen. Mereka sangat menyayangkan atas tindakan penumpang lain yang tak menghiraukan kakek dan ennek tersebut yang berdiri di dalam bus. 

Netizen bahkan menyoroti penumpang yang justru bisa tidur dan mengabaikan situasi seperti itu. Di Filipina secara tertulis terdapat aturan yang menjelaskan terkait hak istimewa yang ditujukan pada orang tua atau orang lanjut usia. Dalam aturan tersebut menjelaskan tentang hak istimewa untuk mendapatkan kursi serta beberapa angkutan umum memberikan diskon tarif bagi mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini