Sukses

Ditandai dengan Bau Mulut, Ini 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saat bangun tidur di pagi hari pun bau mulut pasti menyertai.

Banyak faktor yang menyebabkan mulut bisa menjadi bau, misalnya saja karena membersihkan mulut yang tidak maksimal sehingga membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak.

Beberapa orang memang kesulitan untuk menilai bau napasnya sedniri. Nah, kalau kamu memiliki bau mulut yang tidak sedap, mulailah untuk meninjau kebiasaan membersihkan mulut dengan baik.

Apabila bau mulut tak kunjung hilang setelah melakukan perawatan, maka kamu perlu memeriksakannya ke dokter. Pasalnya bau mulut merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit serius.

Berikut ini ada beberapa penyakit serius yang ditandai dengan bau mulut. Telah Liputan6.com, Rabu (24/7/2019) rangkum dari berbagai sumber, ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dari munculnya bau mulut.

2 dari 6 halaman

Kanker Mulut

Penyakit yang perlu diwaspadai karena bau mulut adalah kanker mulut. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa bau mulut. Salah satu penyebab bau mulut karena kebiasaan merokok. Tembakau yang masuk ke dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan.

Nah, kalau ini sudah sampai tahapan bau mulut dan kamu tidak jera dengan kebiasaan buruk ini, maka bau mulut bisa menjadi tanda awal kamu mengalami penyakit kanker mulut.

3 dari 6 halaman

Penyakit Ginjal

Apabila napas kamu memiliki aroma amis, perlu diwaspadai karena ini merupakan tanda dari adanya penyakit. Bau amis pada mulut ini diakibatkan oleh nitrogen dan sulfur yang berada di dalam tubuh. Kalau kamu mengalami bau amis pada mulut, perlu diwaspadai karena ada masalah kesehatan yang berkaitan dengan ginjal kamu. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal.

4 dari 6 halaman

Penyumbatan pada Usus

Apabila kamu merasakan napas kamu beraroma seperti kotoran, maka perlu diwaspadai karena ini menandakan ada gangguan kesehatan pada tubuh kamu. Bau mulut seperti kotoran ini menandakan bahwa ada masalah pada bagian ususmu.

Ya, penyebab bau mulut seperti kotoran ini karena obstruksi atau penyumbatan usus. Ketika usus tersumbat, maka kotoran akan kembali ke titik tertentu.

5 dari 6 halaman

Infeksi dan Peradangan Kronis

Penyebab bau mulut lainnya juga bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel menyebabkan area tersebut tertutup bakteri sehingga menghasilkan aroma yang tidak sedap. Kasus ini menandakan adanya infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan yang dapat menyebabkan tetesan postnasal. Bagi penderita ini biasanya mulut beraroma seperti kamper.

6 dari 6 halaman

Asam Lambung Kronis

Penyakit ini sering dikaitkan dengan adanya bau mulut. Hal ini dikarenakan adanya kelainan metabolisme yang terjadi pada tubuh, sehingga membuat pasien terjangkit asam lambung yang ditandai dengan munculnya bau mulut. Aroma mulut penderita asam lambung ini biasanya berbau seperti muntahan.