Sukses

Sering Disepelekan, Ini 4 Manfaat Curhat Bagi Kondisi Psikologis

Liputan6.com, Jakarta Curhat atau curahan hati adalah ketika kamu bercerita tentang masalah kamu kepada orang lain yang kamu percaya. Hal ini lumrah dilakukan. Apalagi manusia merupakan makhluk sosial yang saling mebutuhkan satu sama lain.

Setiap manusia tentunya memiliki masalah masing-masing. Ada yang terbiasa bercerita tentang masalahnya kepada orang terdekat, namun ada pula yang tidak mau bercerita tentang masalah-masalahnya tersebut. Padahal manfaat curhat sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat curhat bagi kondisi psikologis ditandai dengan kembalinya kekuatan untuk menghadapi masalah tersebut. Oleh karena itu, jangan sesekali kamu menahan beban yang kamu rasakan sendirian karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan nantinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019) tentang manfaat curhat bagi kondisi psikologis.

2 dari 5 halaman

Mengurangi Beban Hidup

Manfaat curhat yang pertama adalah dapat mengurangi beban hidup. Saat kamu curhat atau bercerita kepada orang lain tentang masalah atau beban hidupmu, hal tersebut seolah-olah kamu sedang meluapkan dan mengeluarkan segala emosi dan gundah yang sedang kamu alami. 

Dengan begitu, kamu setidaknya bisa mengurangi beban dan tekanan yang terus menghantui sepanjang waktu. Sesuatu yang sering dipendam sendiri begitu lama akan berdampak pada kesehatan jiwa.

Beban di hati dan kepala akan berkurang dengan curhat. Biasanya, seseorang curhat hanya ingin didengarkan saja, sehingga dengan menceritakan semua masalahnya, ada beban yang berkurang, walaupun seringkali tidak menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Intinya, curhat adalah jalan termudah melepas beban hidup yang sedang terjadi.

3 dari 5 halaman

Sumber Kekuatan dan Dukungan

Selanjutnya, curhat juga bisa menjadi sumber kekuatan serta bentuk dukungan bagi masalah yang dihadapi. Walaupun mungkin orang yang mendengar ceritamu tidak begitu mengerti apa yang kamu ceritakan, namun setidaknya dengan bercerita akan membuatmu lega. Seseorang memang tidak harus selalu menanggapi dan memberikan solusi atas permasalahan yang kamu alami. Biasanya orang yang mendengarkan curhat akan membalas dengan kata-kata semangat. Kata-kata tersebut saja sudah cukup untuk menjadi sumber kekuatan dan sebagai bentuk dukungan bagi seseorang yang telah curhat atau bercerita kepada kamu. Dengan begitu, seseorang yang curhat akan termotivasi bahwa dia mampu mengatasi masalah yang dia alami.

4 dari 5 halaman

Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat curhat lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati yang sebelumnya kelabu. Ketika curhat kamu akan bercerita dan mengeluarkan segala keluh kesah yang kamu simpan sendiri. Dengan mengeluarkan semua gundah tersebut, kamu akan dapat mengurangi tekanan sehingga berdampak pada perbaikan mood atau suasana hati. Jadi, jangan malu dan sungkan untuk bercerita ya, agar masalahmu bisa sedikit berkurang. Setidaknya dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk menghadapi masalah tersebut dengan suasana hati yang sudah kembali cerah.

5 dari 5 halaman

Perasaan Jadi Lebih Lega

Manfaat curhat berikutnya adalah dapat membuat perasaan hatimu menjadi lebih lega. Berbagai permasalahan tentunya datang bertubi-tubi tidak kenal waktu. Tidak disangka permasalahan hidup, percintaan, beban kerja kadang membuat kita stres. Maka dari itu dengan curhat bisa membuat perasaan lebih lega dan nyaman. 

Jangan sampai kamu stres dan depresi karena masalah yang kamu hadapi sendiri. Kamu bisa mengatasinya dengan curhat dan bercerita kepada orang lain untuk membuatmu lebih lega dan lebih bersemangat.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Obrolan Lucu Saat Lapor Polisi Ini Malah Berujung Curhat