Sukses

6 Tempat Wisata di Belanda yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Indah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Belanda tergolong unik. Apalagi dengan wilayah daratan Belanda yang sebagian besar merupakan dataran rendah. 50% wilayah daratan Belanda memiliki ketinggian tidak lebih dari 1 meter di atas permukaan laut.

Walaupun begitu, tempat wisata di Belanda tetap menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan bila ke Eropa. Berbagai bangunan yang unik dan memiliki nilai sejarah yang tidak perlu lagi dipertanyakan masih terawat dengan baik.

Tempat wisata di Belanda terdiri dari keindahan alam dan bangunan bersejarah yang unik. Berwisata ke Belanda akan menjadi pengalaman unik tersendiri yang bisa membuat kamu belajar budaya dan menenangkan pikiran.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Belanda dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019).

2 dari 7 halaman

Kanal Amsterdam

Tempat wisata di Belanda yang pertama adalah Kanal Amsterdam. Memang tak lengkap rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa mengunjungi wisata kanalnya.

Kanal-kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan simbol kebanggaan kota Amsterdam yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Pada tahun 2010 UNESCO bahkan telah resmi memasukkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

Kanak Amsterdam ini bahkan sudah sering sekali dijadikan tempat syuting film terkenal Hollywood. Keindahan kanal ini memang unik dan terkesan romantis. Letaknya di sepanjang kota, bisa menjadi alternatif berbeda dalam menikmati suasana kota selain berjalan kaki.

Kanal-kanal di sini memiliki panjang lebih dari 60 mil (sekitar 100 km). Terdapat 1.500 jembatan ditambah dengan sekitar 1.500 bangunan monumental yang tentunya membuat pengalaman liburan kamu ke salah satu tempat wisata Di Belanda ini semakin seru.

3 dari 7 halaman

Desa Kinderdijk

Tempat wisata di Belanda selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kinderdijk. Desa yang terkenal dengan 1.000 kincir ini merupakan salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer. Bahkan Negara Belanda sendiri terkenal juga dengan sebutan negara kincir angin.

Desa Kinderdijk terletak sekitar 15 km dari kota Rotterdam. Sebagai slaah satu ikon Belanda, Desa Kinderdijk dulunya merupakan dataran rendah yang posisinya di bawah permukaan laut dan sangat rawan banjir.

Namun dengan memanfaatkan menara berbaling-baling yang berfungsi sebagai pompa air untuk dialirkan ke waduk menuju sungai. Sekarang terbukti bahwa cara tersebut berhasil membuat Desa Kinderdijk bebas dari banjir.

Kamu bebas menikmati panorama yang sangat idnah di Desa Kinderdijk dengan berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda. Kamu bahkan bisa mengunjungi museumnya pada waktu-waktu tertentu.

Berkunjung ke tempat wisata di Belanda ini pada musim panas, kamu bisa menyaksikan cara kerja pompa air tradisional ala Belanda tersebut. Sedangkan pada musim dingin, kamu bisa bermain ice skating pada permukaan air sungai yang membeku.

4 dari 7 halaman

Taman Bunga Keukenhof

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Belanda yang satu ini ini untuk memanjakan mata dengan pemandangan indah, yaitu Taman Bunga Keukenhof. Taman bunga ini bahkan disebut-sebut sebagai taman terindah di dunia dengan ladang tulip terbesar di Belanda.

Biasanya tempat wisata di Belanda satu ini akan dibuka pada bulan Maret–Mei, ketika pedesaan di Belanda akan berubah menjadi padang bunga yang sangat luas dan indah yang tentunya akan memanjakan mata. Jenis bunga yang di tanam di Taman Bunga Keukenhof ini antara lain Tulip, Sakura, Anggrek, Mawar, Lavender, dan tumbuhan subtropis lainnya.

Dengan luas sekitar 32 hektar, taman bunga ini terbagi menjadi beberapa jenis taman yang memiliki gaya masing-masing, di antaranya Nature garden, English landscape garden, Japanese garden, serta Historical garden.

5 dari 7 halaman

Rijksmuseum

Tempat Wisata di Belanda selanjutnya adalah Rijksmuseum. Rijksmuseum merupakan museum seni dan sejarah terbesar dan bergengsi di Belanda. Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi lukisan dari para maestro terkenal Belanda dan berbagai negara lain di dunia.

Selain itu, di salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer ini juga ada koleksi buku-buku tua serta koleksi fotografi klasik. Museum ini memiliki arsitektur bergaya Belanda dengan elemen neo-gothic untuk dekorasinya. Mengunjungi museum ini tentunya akan memberikan pengalaman baru tersendiri bagi kamu, apalagi dengan tampangnya yang tua, museum ini ternyata memiliki pengamanan yang sangat ketat.

6 dari 7 halaman

Frisian Island

Tempat wisata di Belanda beriktunya adalah Frisian Island. Merupakan gugusan pulau yang membentang dari wilayah Belanda menuju ke arah Denmark. Di sini kamu bisa menginap di cottage yang sudah disediakan atau juga bisa bersepeda mengelilingi pulau melewati rute dengan bentang alam yang khas dan berkemah.

Terdapat pula berbagai jenis restoran, pub, galeri, tempat menjual souvenir, peternakan, lahan pertanian, dan juga keindahan sunset serta pemandangan alamnya yang menakjubkan.

7 dari 7 halaman

Museum Van Gogh

Baru beberapa tahun belakangan filmnya dibuat, Van Gogh merupakan pelukis ternama asli Belanda. Entah terinspirasi dari kehidupan tragisnya atau bakatnya yang luar biasa, sekitar satu setengah juta pengunjung tertarik ke Museum Van Gogh setiap tahunnya.

Bahkan museum Van Gogh merupakan museum kedua yang paling banyak dikunjungi di Belanda. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi lukisan Van Gogh, dan bahkan koleksi-koleksi lainnya juga.