Sukses

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Mudah, Tidak Terbaca Hingga Terkena Air

Cara memperbaiki flashdisk bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Flashdisk saat ini sudah berkembang menjadi semakin canggih dengan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar. Apalagi dengan ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan tempat.

Namun, walaupun teknologinya semakin canggih, seringkali flashdisk yang kamu punya mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah corrupt, tidak bisa terbaca di komputer, atau karena ukuran yang kecil, lalu terjatuh ke air yang mengakibatkan rusak.

Cara memperbaiki flashdisk bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Kamu perlu lebih memperhatikan dalam perawatan flashdisk, seperti melakukan safely remove hardware serta menyimpannya di tempat yang tidak rentan jatuh atau tempat aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019) tentang cara memperbaiki flashdisk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menginstall Ulang Driver USB

Cara memperbaiki flashdisk yang pertama adalah dengan menginstal ulang driver USB. Hal ini bisa bekerja terutama pada flashdisk yang tidak terbaca. Dalam menginstal ulang driver USB ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara memperbaiki flashdisk berikut:

1. Pertama-tama, hubungkan flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop. Selanjutnya buka menu Control Panel lalu lanjutkan ke pilihan Hardware and Sound.

2. Berikutnya, kamu bisa membuka Device Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang seharusnya diberi tanda peringatan berwarna kuning.

3. Lalu, kamu bisa klik kanan disana dan pilih opsi Uninstall. Setelah semua ini cara memperbaiki flashdisk ini dilakukan, kamu bisa mencabut dan mencolokkan kembali Flashdisk atau me-restart PC atau laptop yang kamu pakai.

3 dari 6 halaman

Memperbaiki Flashdisk Dengan Write Protected

Masalah pada flashdisk yang juga cukup umum selain tidak terdeteksi atau tidak terbaca adalah write protected. Cara memperbaiki flashdisk dengan write protected ini memerlukan command prompt atau CMD.

Begini cara memperbaiki flashdisk write protected yang harus diikuti langkah-langkahnya:

1. Pertama, buka Command Prompt atau dengan klik kanan pada logo Windows dan pilih aplikasi ini. Sesudah muncul jendela Command Prompt, ketik perintah diskpart dan tekan tombol Enter. Maka jendela baru akan muncul.

2. Selanjutnya ketik list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia. Kemudian kamu bisa memilih dengan perintah select disk 2. Hal ini nantinya tergantung pada posisi flashdisk pada nomor berapa di komputer yang kamu gunakan.

3. Lalu kamu bisa mengetikkan perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary.

4. Terakhir ketik perintah format fs=fat32 (fat32 bisa juga kamu ubah ntfs). Sesudah itu tinggal ketik exit.

4 dari 6 halaman

Memperbaiki Flashdisk Dengan HDD Low Level Format

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak menggunakan tools HDD Low Level Format ini dapat memungkinkan flashdiks yang rusak akan lebih mudah diperbaiki. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tancapkan flashdisk di komputer atau laptop

2. Kemudian download software bernama HDDGURU Low Level Format

3. Install program tersebut lalu Klik kanan dan pilih “Run As Administrator”

4. Pilih USB, kemudian klik opsi Continue

5. Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya

5 dari 6 halaman

Tips Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Air

Masalah flashdisk terkena air merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi. Namun bila flashdiskmu terkena air, maka cara memperbaiki flashdisk yang pertama dan yang kedua tentunya tidak bisa berfungsi. Cara memperbaiki flashdisk yang terkena air tentunya berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Kamu tidak perlu panik akan kemungkinan flashdisk sudah rusak total dan file-file yang tersimpan di dalamnya akan hilang, karena flashdisk yang terkena air tetap bisa diselamatkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan tetap tenang. Biasanya hal ini terjadi karena flashdisk terjatuh ataupun masih tersimpan di saku celana saat mencucinya. Setelah menemukan flashdiskmu terkena air, kamu harus segera mengeringkannya.

Mengeringkan flashdisk bisa dengan cara menjemurnya sampai kering. Dengan begitu, flashdisk akan terhindar dari korslet. Bahkan hal ini juga bisa dilakukan pada alat-alat elektronik lainnya. Hanya dengan menunggu flashdisk sampai benar-benar kering, kamu bisa menggunakannya kembali dengan normal. Namun pastikan kamu tidak menggunakannya sampai kondisi flashdisk benar-benar kering.

 

6 dari 6 halaman

Keringkan Flasdisk

Selama flashdisk masih dalam keadaan basah, kamu tidak boleh mencolokkannya ke komputer atau laptop. Bila kamu menggunakannya, maka flashdisk akan rentan korslet dan akan mengalami kerusakan karena arus listrik. Kamu harus bersabar menunggu sampai flashdisk benar-benar kering.

Setelah flashdisk benar-benar kering, baru kamu bisa mengetesnya ke komputer atau laptop. Bila flashdisk kamu bisa terbaca, maka segera salin semua data-data yang ada ke tempat lain untuk mengamankannya.

Hal tersebut berguna untuk berjaga-jaga saat flashdisk malah rusak di kemudian hari. Namun, bila flashdisk tetap belum terbaca setelah kamu keringkan, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini