Sukses

7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Batasi asupan makanan ini untuk cegah hipertensi.

Liputan6.com, Jakarta Darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu masalah yang banyak ditemui saat ini. Tekanan darah adalah jumlah kekuatan yang diberikan darah pada dinding arteri saat mengalir melalui mereka. Ketika tekanan ini mencapai tingkat tinggi, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tanpa perawatan, tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, termasuk gagal jantung, kehilangan penglihatan, stroke, dan penyakit ginjal. Salah satu cara pengelolaan tekanan darah adalah menerapkan pola makan sehat.

Penderita darah tinggi perlu mengontrol dan menentukan asupan makanannya. Beberapa jenis makanan perlu dihindari untuk mencegah kenaikan tekanan darah. Banyak makanan dan minuman dapat meningkatkan tekanan darah. Berikut adalah jenis makanan yang perlu dihindari penderita darah tinggi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Garam

Garam dan natrium adalah musuh saat Anda hidup dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pada beberapa orang, makan terlalu banyak garam dapat membuat tekanan darah tinggi jauh lebih buruk. Kondisi ini dikombinasikan dengan fakta bahwa terlalu banyak garam buruk bagi jantung terlepas dari status tekanan darah.

Mengurangi natrium adalah bagian yang sangat dianjurkan dari pola makan sehat. Rekomendasi ini sangat penting dalam pengaturan tekanan darah tinggi sekunder karena masalah ginjal.

Meskipun pada awalnya sulit untuk makan makanan rendah sodium, Anda akan segera menyesuaikan kembali selera Anda ketika Anda mempertahankannya selama beberapa minggu. Beberapa makanan kemasan yang mengandung garam meliputi:

daging deli

Pizza beku

jus sayuran

sup kalengan

produk tomat kalengan atau botol

3 dari 8 halaman

Daging olahan

Daging olahan dan daging makan siang bisa menjadi bom natrium yang sesungguhnya. Daging ini sering dibumbui, dan diawetkan dengan garam. Satu porsi 2 ons daging olahan seperti frozen food bisa mengandung 500 mg natrium atau lebih.

Potongan daging dingin dan daging yang disembuhkan seperti hot dog memiliki ratusan miligram sodium. Cobalah untuk memanggang dada ayam untuk makan siang atau mengonsumsi tuna sebagai pengganti protein hewani.

4 dari 8 halaman

Acar

Acar bisa menjadi teman yang lezat untuk gorengan atau masakan lain. Acar dibuat dengan cara merendam timun dengan cuka dan garam. Garam menghentikan makanan dari pembusukan dan membuatnya dapat dimakan lebih lama.

Namun, garam dapat menjadikan mentimun sebagai penyerap natrium yang hebat. Semakin lama sayuran berada dalam pengalengan dan terendam dalam air garam, semakin banyak natrium yang bisa mereka serap.

5 dari 8 halaman

Sup kalengan

Sup kalengan menjadi makanan sederhana dan mudah untuk dipersiapkan, terutama ketika Anda tak punya waktu atau tidak enak badan. Namun, sup kalengan mengandung banyak sodium. Kaldu juga bisa berdampak buruk bagi tekanan darah. Beberapa sup dapat memiliki hampir 900 mg natrium hanya dalam satu porsi, yang biasanya 1/2 gelas.

Jika Anda makan seluruh kaleng, Anda akan mengonsumsi lebih dari 2.000 mg natrium. Pilihan yang lebih baik adalah menjaga garam tetap terjaga dengan membuat sup sendiri dari resep rendah sodium.

6 dari 8 halaman

Produk tomat kalengan atau botol

Sebagai aturan, produk tomat dengan garam tambahan bermasalah bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Kebanyakan saus tomat kalengan, saus pasta, dan saus tomat mengandung banyak sodium.

Satu porsi 1/2 cangkir saus marinara klasik dapat mengandung 400 mg natrium atau lebih. Secangkir jus tomat dapat mengandung lebih dari 600 mg natrium. Anda sering dapat menemukan versi rendah atau rendah sodium dari semua item ini. Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, pilih alternatif ini atau tomat segar, yang kaya akan likopen. Pilihan cerdas ini memiliki banyak manfaat kesehatan jantung.

7 dari 8 halaman

Gula

Anda mungkin sudah tahu bahwa asupan gula berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan kasus peningkatan berat badan dan obesitas. Tapi tahukah Anda bahwa asupan gula tinggi juga terkait dengan tekanan darah tinggi?

Gula, terutama minuman yang dimaniskan dengan gula, telah berkontribusi pada peningkatan obesitas pada orang-orang dari segala usia. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

The American Heart Association merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula tambahan hingga 6 sendok teh, atau 24 gram, per hari. Pria harus membatasi diri hingga 9 sendok teh, atau 36 gram, per hari.

8 dari 8 halaman

Lemak

Lemak jenuh dan lemak trans buruk bagi jantung dan pembuluh darah. Makanan untuk tekanan darah tinggi yang seimbang harus mencakup sedikit lemak jenuh dan lemak trans. Makanan yang tinggi lemak jenuh meliputi:

kulit ayam

susu penuh lemak

daging merah

mentega

Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang lemak trans terbesar adalah makanan kemasan dan siap saji. Ini juga biasanya mengandung gula dalam jumlah tinggi dan karbohidrat rendah serat lainnya.

Lemak trans dibuat dalam proses yang disebut hidrogenasi, di mana minyak cair diinfuskan dengan udara untuk membuat minyak padat. Minyak terhidrogenasi meningkatkan masa simpan dan stabilitas makanan. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan jantung memburuk ketika lemak diganti untuk karbohidrat dan gula yang diproses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini