Sukses

Kreatif Banget, Bocah Ini Buat Sendiri Powerbank dari Barang Bekas

Power bank dari barang bekas.

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas seorang memang seperti tanpa batas. Benda apa saja bisa dibikin sesuatu yang mempunyai fungsi, termasuk barang-barang bekas. Meski tak semua orang bisa membuat sesuatu benda yang berguna dari barang-barang bekas. 

Membuat benda yang berguna berdasarkan barang-barang bekas memang bukanlah perkara mudah. Bahkan beberapa orang yang bisa melakukan ini orang-orang dewasa yang harus belajar terlebih dahulu.

Namun hal itu sepertinya tak dilalui oleh bocah yang masih berusi 13 tahun ini. Bocah laki-laki asal Johor, Malaysia ini membuat sesuatu benda yang berguna dari barang-barang bekas untuk kakaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Powerbank dari Barang-barang Bekas

Bocah berusia 13 tahun ini bernama Sultan Ismail. Ia masih duduk di bangku sekolah menengah. Namun meski masih bersekolah ia sudah berhasil membuat benda dari barang bekas bahkan hingga viral.

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (26/7/2019) awalnya ia ingin membeli powerbank. Lalu ia mengatakan pada kakaknya. Sayang, kakaknya belum bisa membelikan powerbank untuknya lantaran belum gajian.

Hal ini kemudian memicu Ismail untuk mencoba membuatnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Dari barang-barang sederhana ia pun berhasil membuat powerbank yang sederhana.

Merakit power bank tidak ada dan tidak diajarkan di sekolah saya tetapi sebagai inisiatif saya sendiri, saya membuatnya. Saya juga meminta pendpaat guru dan melihat beberapa dari buku-buku teknik,” ucapnya dikutip dari World of Buzz.

Dari akun Twitter @Goodensora mengunggah video dari penampilan powerbank sederhana tersebut. Diunggah pada tanggal 22 Juli 2019, banyak netizen yang melihat dan memberikan beragam respon hingga akhirnya viral.

Akun yang diketahui milik kakak Ismail tersebut juga menuliskan bahwa ia bangga dengan Ismail. Ia bangga memiliki adiknya yang kreatif bisa membuat power bank sendiri dan berjanji akan mengajaknya makan bersama.

3 dari 3 halaman

Respon Netizen

Viral di media sosial, akun @Goodensora pun diserbu berbagai reposn dari netizen. Telah ada 11,2 ribu komentar di akun tersebut dan telah ditonton sebanyak 52,3 ribu pengguna Twitter. Para netizen sebagian besar mengomentari bagaimana dekatnya hubungan saudara ini. 

Saya pikir thread ini menggambarkan bahwa cinta antar saudara kandung jauh lebih baik daripada thread tentang pasangan kekasih,” tulis salah satu netizen.

Sial, aku pikir dia mahasiswa dari universitas tetapi dia masih sekolah menengah. Dia memiliki masa depan yang cerah dibidang teknologi,” imbuh lainnya.

Dia sangat baik bro. Jaga dia dengan baik. Tabung banyak uang dan kirim dia ke pendidikan yang lebih tinggi,” timpal netizen lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini