Sukses

Cara Blokir SMS Penipuan, Iklan, dan Spam yang Mengganggu

SMS spam memang meresahkan

Liputan6.com, Jakarta Fitur SMS merupakan fitur dasar yang ada pada semua ponsel. Eksisnya aplikasi pesan daring membuat layanan SMS makin terlupakan. Aplikasi pesan daring dianggap lebih murah dibanding SMS berpulsa. Kini, fitur SMS lebih sering digunakan para pengiklan, atau bahkan penipu. 

Anda pasti pernah menerima SMS berisi penawaran pinjaman, undian, dan SMS spam lainnya. Banyaknya SMS yang masuk ini terkadang cukup menganggu. Fitur blokir SMS adalah salah satu cara untuk menghentikan spam SMS ini. Namun, biasanya untuk memblokir sebuah SMS, kamu harus memasukkan nomor yang akan di blokir.

Masalah lain muncul ketika nomor yang mengirimkan SMS terus berganti-ganti. Memblokir nomor menjadi tidak efektif karena Anda akan terus mendapatkan SMS dari nomor yang berbeda. Tak perlu gusar, ada cara lain untuk menangani SMS mengganggu ini.

Anda bisa menggunakan fitur bawaan atau fitur tambahan yang ada di ponsel baik itu Android atau iOS. Berikut cara blokir SMS yang mengganggu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(26/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menggunakan fitur block phrases di Android

Bagi Anda pengguna Samsung, Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan block phrases. Fitur ini memungkinkan Anda memfilter SMS dengan kata kunci tertentu. Cukup masukkan kata kunci yang biasa ada pada SMS menganggu pada fitur ini. Dengan begitu Anda akan terbebas dari SMS spam yang mengganggu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk pada aplikasi SMS seperti biasa

2. Ketuk pada ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

3. Pilih opsi Settings atau Pengaturan

4. Pilih opsi Block Message

5. Pilih opsi Block by Phrases

6. Masukkan kata atau kalimat yang biasa ada pada SMS spam. Kata-kata ini seperti "pinjaman online", "KSP simpan pinjam" Butuh dana", "undian', dan lain sebagainya.

7. Ketuk ikon "+" di samping kata yang telah dimasukkan.

Setelah ini kotak masuk Anda akan terbebas dari SMS mengganggu. Namun, fitur ini tak bisa dinikmati di semua ponsel. Jangan khawatir, ada cara lain untuk memblokir SMS spam dengan aplikasi pihak ketiga.

3 dari 5 halaman

Menggunakan aplikasi Key Messages di Android

Jika Anda tak memiliki fitur bawaan Block by Phrases, Anda bisa mencoba memblokir SMS spam dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store secara gratis dan aman. Sama seperti fitur Block by Phrases, dengan aplikasi ini Anda bisa memfilter SMS yang masuk dengan kata kunci tertentu.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 60 ribu orang dan memiliki penilaian 4.4 bintang dari para penggunanya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh dan pasang aplikasi Block Text, SMS & MMS, Spam Blocker - Key Messages yang ada di Play Store.

2. Setelah terpasang, buka aplikasi dan biarkan aplikasi tersebut memindai SMS spam yang ada di ponsel Anda.

3. Ketuk pada ikon tiga strip di pojok kiri atas.

4. Pilih opsi settings

5. Pilih opsi Block & Allow List

6. Ketuk ikon "+" pada pojok kanan bawah

7. Pilih opsi Block SMS based on Phrases

8. Masukkan kata atau kalimat yang akan di filter.

9. Ketuk pada Add to Block List

10. Aplikasi akan otomatis memfilter SMS yang masuk dan menaruhnya pada daftar spam.

4 dari 5 halaman

Cara blokir SMS di iOS

Bagi Anda pengguna iOS 11, Anda bisa mendapatkan fitur serupa untuk spam SMS. Pemblokiran spam SMS di iOS 11 bekerja menggunakan kerangka kerja baru yang disebut IdentityLookup.

Ini adalah kerangka kerja penyaringan sederhana, mirip dengan cara kerja Content Blockers di iOS 10. Anda memberikan daftar apa yang harus disaring dan iOS 11 melakukannya. Cukup memasang aplikasi pihak ketiga dari AppStore, Anda dapat menyaring SMS dari kata kunci tertenu.

Aplikasi pemblokiran spam SMS menyediakan kerangka kerja dengan daftar spammer yang diketahui (baik nomor atau teks itu sendiri).

Setelah pemfilteran diaktifkan untuk aplikasi, ada bagian baru yang muncul di aplikasi Pesan: SMS Junk. Di sini Anda akan menemukan pesan yang telah ditandai sebagai spam. Ketuk pada percakapan dan Anda akan melihat semua pesan dari pengirim yang diblokir.

Saat pesan difilter, Anda tidak mendapatkan pemberitahuan untuk itu, dan pesan itu tidak muncul di tab utama di Pesan.Sama seperti fitur pemblokiran panggilan, aplikasi pemblokiran spam harus diaktifkan secara manual.

Dan Anda hanya dapat menjalankan satu aplikasi penyaringan SMS pada satu waktu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Settings dan pilih Message dan pilih opsi Unknown and Spam.

2. Geser tombol di sebelah aplikasi penyaringan pesan yang ingin Anda aktifkan.

3. Terima persyaratan dan aplikasi penyaringan akan aktif.

5 dari 5 halaman

Cara blokir SMS di iOS dengan aplikasi VeroSMS

VeroSMS mengambil pendekatan manual dan privasi untuk penyaringan SMS. Itulah yang membuatnya menjadi rekomendasi utama untuk menyingkirkan SMS mengganggu. VeroSMS tidak memiliki akses ke SMS Anda dan tidak ada data yang dikirim ke server aplikasi. Semua penyaringan terjadi pada perangkat Anda. Jadi aplikasi ini aman dan tidak mencuri data pribadi Anda.

Di versi gratis aplikasi, Anda dapat secara manual menambahkan kata kunci yang harus disaring VeroSMS. Ini bisa berupa nomor pengirim atau kata kunci spam yang umum (seperti penjualan, cashback, diskon, pinjaman, dan lain sebagainya).

Demikian pula, ada fitur daftar putih tempat Anda dapat menambahkan kata kunci yang tidak akan pernah disaring. Untuk pesan penting seperti dari bank, ini bisa menjadi fitur yang sangat berguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini