Sukses

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Aman Membuatnya Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lidah buaya untuk wajah sudah dikenal sejak dulu. Lidah buaya ini dikenal sebagai tanaman yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kulit. Itulah sebabnya, lidah buaya umum digunakan sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan.

Tak heran kalau beberapa produk perawatan tubuh dan wajah banyak menggunakan lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak dalam campurannya. Tentunya hal ini berguna untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah dan tubuh.

Apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah? Nah, berikut ini Liputan6.com, Jumat (26/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah yang sangat ampuh apabila digunakan secara rutin. Selain bisa mendapatkan olahan lidah buaya yang dijual di pasaran, kamu juga bisa membuat olahan gel lidah buaya ini sendiri di rumah.

2 dari 7 halaman

Membersihkan Makeup

Setiap orang yang mengenakan makeup, pasti sudah mengetahui seberapa besar pentingnya untuk membersihkan wajah. Ya, membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi.

Maka enggak heran, kalau gel lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami. Itulah cara yang aman dan efektif untuk menyegarkan kulit wajah.

3 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit

Pada wajah, kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalau banyak terpapar sinar matahari, stress, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu.

Kulit yang terbakar oleh matahari bisa diobati dengan lidah buaya secara alami. Ya, kamu bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Selain itu, lidah buaya untuk wajah juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

Manfaat lidah buaya untuk wajah juga berfungsi untuk menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Nah, buat kamu yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk menyamarkannya.

4 dari 7 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Melembapkan Kulit

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, pasti kerap kesulitan mendapatkan kondisi kulit yang lembap. Nah, manfaat lidah buaya untuk wajah ini dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak.

Oleh karena itu, buat kamu yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, bisa banget memanfaatkan tanaman ini untuk pelembapnya.

Menyembuhkan Luka Bakar

Tidak banyak obat yang bisa meringakan rasa terbakar yang gatal dan melembutkan seperti lidah buaya ini. Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar.

Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata Sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah untuk mengatasi penuaan dini. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan hilangnya kelenturan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Kandungan nutrisi dan pelembap alami yang ada di dalam lidah buaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, menguatkan kulit dan mencegahnya dari bertambahnya kerutan.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Produk Olahan dari Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki segudang manfaat untuk wajah. Namun ada beberapa kiat atau tips aman untuk bisa mendapatkan khasiatnya secara penuh. Tentunya, hal ini untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Pastikan kamu untuk selalu menggunakan gel lidah buaya yang masih segar. Segar disini maksudnya adalah gel lidah buaya baru diambil langsung dari daun lidah buaya segar. Lidah buaya yang asli dan masih segar mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit khususnya di wajah.

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit sensitif, ada baiknya untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai masker wajah. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang. Nah, apabila bagian tersebut terasa gatal atau muncul kemerahan, maka cucilah segera area tersebut denga air sampai bersih dan hentikan pemakaian.

Pasalnya, apabila daerah tersebut merasakan ketidakcocokan terhadap lidah buaya, maka tidak dianjurkan untuk menggunakannya sebagai perawatan untuk wajah.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Lidah Buaya yang Aman

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan atau memanfaatkan gel lidah buaya ini. Cara praktis, kamu bisa membeli berbagai macam produk perawatan wajah dengan bahan lidah buaya di toko-toko khusus kecantikan.

Namun, buat kamu yang tak ingin merogoh kocek terlalu banyak, kamu bisa membuat beberapa olahan dari lidah buaya ini seperti masker. Selain lebih murah, kamu bisa memastikan sendiri bahan-bahan yang digunakan cukup aman dan terjamin keasliannya.

Berikut beberapa cara membuat masker lidah buaya sendiri di rumah:

Masker Lidah Buaya Murni

- Siapkan lidah buaya dan cuci hingga benar-benar bersih.

- Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.

- Oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit.

- Tunggu beberapa menit agar gel lidah buaya bisa meresap ke kulit.

- Cuci wajah kamu sampai bersih.

- Ulangi cara tersebut paling tidak dua kali dalam seminggu sebelum tidur.

Baca juga info terkait di sini.

Masker Lidah Buaya Campur Madu dan Kunyit

- Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, dan beberapa tetes air mawar.

- Aduk semua bahan tersebut sampai merata dan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit secara merata.

- Diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah sampai bersih.

- Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.