Sukses

Keren, Alat Ini Bisa Jadi Kursi untuk Duduk di Sembarang Tempat dan Kapan Saja

Benda satu ini dijuluki sebagai kursi ajaib.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja di tempat yang mengharuskan berdiri dalam jangka waktu lama menjadi salah satu alasan seseorang merasa lelah. Menurut para ahli, berdiri terlalu lama bisa memengaruhi kesehatan jantung dan sakit punggung. Dari American Journal of Epidemiology, para peneliti menemukan fakta bahwa orang yang berdiri lama selama bekerja dua kali lebih berisiko mengalami penyakit jantung dibanding mereka yang sering duduk di kursi, dikutip dari Men's Health.

Ada banyak pekerjaan yang mengharuskan para karyawannya untuk berdiri seperti kasir, pelayan rumah makan, teller bank, barista, pegawai pabrik dan sebagainya. Para peneliti belum bisa memastikan berapa lama waktu yang baik untuk berdiri maupun duduk. Kondisi yang baik bagi orang yang bekerja adalah mengombinasikan dengan duduk di kursi dan berdiri. 

Maka dari itu, ada perusahaan yang menciptakan kursi yang diharapkan dapat mengatasi masalah ini. Dua perusahaan berkolaborasi menciptakan 'Chairless Chair' yang bisa digunakan sebagai tempat duduk kapan saja dan di mana saja. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chairless Chair, Kursi Efisien

Dilansir dari Futurism oleh Liputan6.com, Jumat (26/7/2019) perusahaan asal Jerman yaitu perusahaan startup bernama Noonee dan perusahaan konsultan desain Swiss, Sapetti, telah merancang tempat duduk yang berbeda dari biasanya. Mereka membuat sebuah kursi yang disebut Chairless Chair atau Kursi Tanpa Kursi.

Kursi itu terbuat dari plastik rekayasa seperti poliamida yang menempel pada kaki melalui serangkaian tali yang secara otomatis mengunci ketika tombol di bagian atas kaki ditekan. Tujuan dari dibuatnya kursi ini agar para pekerja  dapat beristirahat. Mereka bisa duduk istirahat sambil tetap pada posisi yang nyaman untuk melanjutkan tugas yang ada.

 

3 dari 3 halaman

Harapan dari Penemu Chairless Chair

Sang penemu Chairless Chair, Keith Gunura, mengatakan desainnya itu cukup berbeda dari alat-alat lainnya. 

"Chairless Chair adalah pendukung duduk. Ini lebih merupakan alat daripada hanya sekadar kerangka luar." ungkapnya dikutip dari Futurism. 

Ia juga mengharapkan alatnya ini dapat membantu mengurangi kelelahan para pekerja. Alat ini dapat meningkatkan efisiensi sambil mengurangi kemungkinan cedera yang terjadi di lokasi kerja. 

Dia berharap kursi itu akan memberikan manfaat bagi pekerja di sejumlah industri dan di seluruh dunia.

"Saya selalu ingin meninggalkan sesuatu yang akan membantu orang atau setidaknya mengubah dunia dengan cara yang kecil." kata Gunura. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini