Sukses

Viral Alumni UI Tolak Digaji Rp 8 Juta, Ini Fakta Gaji Fresh Graduate di Indonesia

Cek fakta tentang gaji fresh graduate di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini ramai diperbincangkan tentang kasus seorang alumni yang mengaku lulusan Universitas Indonesia menolak gaji Rp 8 juta. Sebuah tangkapan layar instastory seseorang yang menyebut gaji yang ditawarkan perusahaan lokal kepada dirinya tidak sepadan viral di media sosial.

Si pelamar tersebut menganggap gaji Rp 8 juta bukanlah bayaran yang diharapkan bagi fresh graduate lulusan UI. Sontak curhatan tersebut menjadi viral dan ramai dikomentari oleh netizen-netizen Indonesia.

Banyak yang memberikan komentar terkait gaji Rp 8 juta bagi fresh graduate ini. Mulai dari tanggapan Ditjen Pajak RI hingga komentar selebriti Tanah Air, menjadikan berita ini makin ramai saja.

Setelah ditelusuri, gaji fresh graduate di Indonesia ternyata tidak sampai di angka Rp 8 juta lho. Penasaran kan berapa gaji rata-rata yang diterima fresh graduate di Indonesia? Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber tentang fakta rata-rata gaji fresh graduate di Indonesia dan komentar-komentar menarik tentang kasus ini, Jumat (26/7/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Instastory gaji 8 juta yang sedang viral

Instastory yang menggegerkan publik baru-baru ini ialah berasal dari netizen yang mengaku lulusan Universitas Indonesia (UI). Netizen yang diduga wanita itu mengungkapkan keluh kesahnya setelah interview kerja.

Netizen tersebut beranggapan bahwa lulusan fresh graduate dari UI harusnya mendapatkan gaji Rp 8 juta ke atas. Sehingga tawaran sebuah perusahaan lokal ia tolak. Berikut instastory yang sedang viral.

"Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal. Dan nawarin gaji 8juta doang," tulisnya.

"Hellooo meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI Pak!! Universitas Indonesia. Jangan disamain ama fresh graduate kampus lain dong ah.Level UI mah udah perusahaan LN, kalo lokal mah oke aja asal harga cucok." tulis netizen tersebut di Instastory media sosial Instagram.

3 dari 6 halaman

Rata-rata gaji di Indonesia

Viralnya instastory tersebut, membuat banyak orang bertanya-tanya berapa kah gaji rata-rata fresh graduate di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut telah Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Jumat (26/7/2019) tentang gaji rata-rata lulusan baru di Indonesia berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS menuliskan per bulan Agustus 2018, rata-rata gaji fresh graduate di Indonesia dengan rata-rata usia 20 tahun hingga 24 tahun ialah Rp 2.108.362. Sementara kelompok kerja bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan menerima gaji sebesar Rp 3.327.742. Gaji tersebut menjadi tertinggi di kelompok fresh graduate. Untuk yang terendah ialah kelompok kerja bidang tenaga profesional, teknisi dan yang sejenis dengan menerima gaji berkisar Rp 1.701.183.

4 dari 6 halaman

Rata-rata gaji terbesar di Indonesia

Berdasarkan hasil survei pemerintah untuk pekerja di perkotaan maupun pedesaan, rata-rata gaji terbesar di Indonesia didapatkan pada kelompok usia kerja 55 hingga 59 tahun. Untuk bidang kerja yang mendapatkan gaji terbesar ialah bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan yang mendapatkan Rp 7.830.255. Data tersebut valid dan diperbarui 6 Maret 2019.

Dengan fakta yang ada di Indonesia, tentu harapan netizen yang mengaku lulusan UI tersebut sangat jauh dari angan-angan. Gaji 8 juta yang ditawarkan perusahaan tersebut setara dengan rata-rata gaji kelompok usia 55 hingga 59 tahun, bukan seorang lulusan baru.

5 dari 6 halaman

Komentar @DitjenPajakRI

Instastory netizen yang mengaku lulusan UI sukses mengegerkan dunia maya. Dengan menolak gaji Rp 8 juta hanya karena lulusan kampus beken, membuat banyak orang ramai mengomentarinya salah satunya pengelola akun Twitter Ditjen Pajak.

"Fresh Graduate Universitas Inidia, kerja di perusahaan dengan gaji #8juta, ini PPh-nya," tulis DJP di akun Twitternya @DitjenPajakRI, pada Jumat 26 Juli 2019.

Tak hanya membuat komentar saja, DJP juga membuat simulasi penghitungan PPh dari seorang karyawan yang bergaji Rp 8 juta secara detail. Hasilnya pajak PPh 21 dalam setahun yang harus dibayar netizen tersebut ialah Rp 1,86Juta. Artinya dalam sebulan bekerja, gajinya akan dipotong Rp 155 ribu tiap bulan.

6 dari 6 halaman

Komentar seleb Tanah Air

Melihat instastory netizen yang menolak gaji Rp 8 juta per bulan, para selebriti Tanah Air juga tak luput mengomenarinya. Berikut komentar-komentar netizen yang terangkum dari berbagai sumber.

"Dik minum ANGGUR gih skali kali ato piknik......... - Makasih Tuhan emak bapak saya kagak maksain gw sekolah di UI kalo keluar keluar otaknya dan bahasanya kek gini Kan dah gw bilang ..... sekolah tinggi, Duit banyak dll KAGAK JAMINAN hati ama mulut orang bener ....... - Mending sekolah setengah kek gw tapi masih punya akal dikit , mending gw #nguberanggur #anggurinajaah colek @bukuakik - #katamel #diarymel #melaniesubono #generasipenerusbangsat #malaikatbrengsek #berbagibumi #gembeltapikece #peminumbertanggungjawab" tulis akun Instagram @melaniesubono

"Gw sekolah UI... gw pernah kerja kantoran.. tp gw kok gak tengil kyk gitu..," komentar Feni Rose seperti Liputan6.com kutip dari Dream.co.id, Jumat (26/7/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini