Sukses

Selain Ria Ricis, 4 YouTuber Terkenal Ini Pernah Umumkan Berhenti

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari YouTuber Ria Ricis. Ria Ricis menyatakan niatnya mundur dari YouTube dalam unggahan video pada Sabtu (27/7/2019) dengan judul SAYA PAMIT. 

Video yang berdurasi 8 menit 49 detik itu membeberkan keseriusan Ricis untuk pamit dari YouTube. Ricis menegaskan video tersebut bukanlah prank. Ricis tidak tega mempermainkan fans sejatinya dengan membuat prank pensiun dari YouTube.

YouTuber kelahiran 1 Juli 1995 tidak menjelaskan dengan detail alasan dirinya berhenti dari YouTube. Ricis hanya menjelaskan secara singkat bahwa ia sedang mengalami masalah yang tidak bisa ia bagikan ke media sosial.

Ricis menambahkan tidak akan menutup YouTubenya secara permanen, hanya saja ia tidak bisa menjanjikan mengunggah konten baru lagi.

Kabar ini tentu sangat mengagetkan publik, karena Ricis sedang berada di puncak ketenaran. Bahkan Ratu Youtube Asia Tenggara tersebut memiliki hampir 16 juta subscriber. Namun tak hanya Ricis saja, banyak YouTuber lain yang pernah lakukan hal serupa.

Berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang 4 YouTuber yang pernah menyatakan mundur dari YouTube saat sedang berada di puncak karier, Minggu (28/7/2019). 

2 dari 5 halaman

1. Reza Arap

Pada 10 September 2018 lalu, YouTuber bernama Reza Oktovian atau akrab disapa Reza Arap memutuskan berhenti dari Youtubenya. Arap menghapus semua kontennya yang sudah ia buat sejak tahun 2011.

Pria berusia 27 tahun tersebut membuat langkah besar dengan menyerahkan 2,4 juta subscribernya ke Yayasan Kanker bernama Rumah Anyo. Arap mengubah nama akun YouTubenya menjadi Rumah Anyo. Banyak yang memuji langkah yang dilakukan Arap.

Namun satu bulan berselang tepatnya 5 Oktober 2018, Arap kembali ke Youtube dengan nama akun yb. Arap memulai perjuangannya lagi dari nol subscriber. Kini dirinya sudah nemiliki lebih dari 800 ribu subscriber.

Arap mengaku bahwa akun YouTubenya sekarang hanya untuk bersenang-senang saja. Konten tidak terkonsep seperti waktu dulu. 

3 dari 5 halaman

2. Marzia Bisognin

Marzia Bisognin juga pernah melakukan langkah besar saat mengumumkan meninggalkan YouTube setelah miliki 7,4 juta subscriber. Nama Marzia memang melambung tinggi di YouTube karena kontennya yang banyak dikagumi masyarakat global seperti makeup, fashion sampai vlog pribadi.

Kekasih dari Felix Kjellberg atau lebih dikenal PewDiePie ini sudah merencanakan cukup lama untuk meninggalkan YouTube. Baru pada 22 Oktober 2018, Marzia berani mengutarakan keinginannya. Dalam video berdurasi 8 menit 43 detik, Marzia menjelaskan semuanya.

Video yang sudah ditonton lebih dari 11 juta viewers dengan judul Goobye YouTube benar-benar menjadi video terakhirnya. Kini ia sudah tidak pernah sama sekali mengunggah konten baru d Youtube. Namun Marzia masih aktif di media sosial Instagram @itsmarziapie.

 

4 dari 5 halaman

3. Jaclyn Hill

YouTuber Jaclyn Hill dikenal sebagai YouTuber. Hill sempat nyatakan pensiun saat berkolaborasi dengan Morphe di Snapchat. Hill menyatakan akan berhenti menjadi seorang YouTuber. Hal itu sempat mengkhawatirkan fansnya, karena Jaclyn benar-benar menghilang setelah itu.

Namun pemilik 5 juta subscriber tersebut memberikan klarifikasi tentang keberadaanya yang menghilang di berbagai media dengan video berjudul 'Where I've Been'. Video berdurasi 19 menit 02 detik ini sudah ditonton lebih dari 3 juta penonton. Kembalinya Jaclyn Hill ke YouTube ini sudah dinilai cukup melegakan penggemarnya.

 

5 dari 5 halaman

4. PewDiePie

Pada 10 Desember 2016 menjadi momen yang menghebohkan YouTube setelah pria bernama asli Felix Kjellberg atau lebih dikenal PewDiePie menepati janjinya utuk menutup akun Youtubenya. Hal itu cukup menggegerkan, pasalnya followers PewDiePie mencapai angka 50 juta subscriber pada saat itu.

Youtuber gaming ini memang memiliki janji akan menutup akunnya jika mencapai 50 juta subscriber. Ketika sudah mencapai 50 juta subscriber, PewDiePie akhirnya benar-benar menepati janjinya untuk menutup akun. Namun bukan akun PewDiePie yang ditutup melainkan akun lain miliknya bernama "Jack Septiceye2"

"Saya hanya berguyon. Tahu kan asyiknya membuat lelucon dan mendadak viral? Di situ lah sensasinya," ungkap PewDiePie, 10 Desember 2016 lalu.

Kini PewDiePie aktif lagi di YouTube dan rajin mengunggah konten. PewDiePie memiliki 98 juta followers. Dengan jumlah followers sebanyak itu PewDiePie menjadi YouTuber terkaya. Konten-konten PewDiePie selalu miliki banyak penonton minimal 2 juta penonton per videonya.