Sukses

Segudang Manfaat Madu untuk Wajah, Serta Cara Menggunakannya yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Manfaat madu sudah sejak dulu dirasakan, baik untuk kesehatan atupun kecantikan. Ya, madu sudah sejak dulu digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Mengutip dari kanal Klikdokter, kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani.

Madu yang mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, penuaan dini, keriput, bahkan memicu terjadinya kanker.

Nah, untuk menghindari berbagai masalah wajah, kamu bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan madu. Ya, ada segudang manfaat madu untuk wajah yang bisa kamu rasakan apabila menggunakannya secara rutin.

Tak perlu cemas untuk mengolah madu untuk dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Pasalnya, sudah banyak berbagai macam produk perawatan wajah yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (29/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa Manfaat Madu Untuk Wajah yang perlu kamu ketahui. Diharapkan dengan mengetahui manfaat madu untuk wajah, kamu bisa lebih semangat lagi untuk merawat wajah dengan menggunakan bahan alami ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah

Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat madu untuk wajah pertama yang bisa kamu rasakan adalah melembapkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering.

Namun, buat kamu yang memiliki kulit berminyak tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

Mengatasi Jerawat

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah bisa mengatasi jerawat. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat madu untuk wajah untuk meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini adalah dengan mencampurkan madu murni dan juga bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah

Menyembuhkan Luka

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang.

Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

Melindungi Terhadap Kerusakan

Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut Stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapsitas tubuh untuk menetralkannya, Selain itu, madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

4 dari 5 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah

Eksfoliasi

Menggunakan masker madu untuk dijadikan sebagai eksfoliasi alami agar kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Perlu diketahui bahwa, tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur yang kasar di kulit.

Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim di dalamnya. Kamu bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang maksimal.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa mencampurkan tepung gram dengan madu.

Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

Penangkal Penuaan Dini

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging.

Manggunakan madu sebagai masker wajah mmapu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini, kamu bisa menggunakan masker madu alami pada wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Wajah dengan Menggunakan Madu yang Aman

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini. Berikut beberapa cara mudahnya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

1. Menggunakan madu untuk membuat kulit menjadi tampak lebih bersih adalah dengan mencampurkannya dengan tomat kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan.

2. Untuk melembapkan kulit wajah, kamu bisa mengoleskan madu biasa selama 5-10 menit pada wajah kemudian cuci dengan air hangat.

3. Untuk menjaga kulit tetap lembut, bersihkan wajah dengan madu sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

Baca juga yang ini.

4. Untuk menunda proses penuaan, oleskan madu pada wajah sebelum tidur setiap malam.

5. Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, campurkan tiga sendok air mawar dengan ΒΌ cangkir madu dan oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin.

6. Terakhir, untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, oleskan campuran madu dan susu di wajah. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat.