Sukses

Selain Kriss Hatta, 5 Seleb Ini Pernah Masuk Bui Lebih dari Sekali

Liputan6.com, Jakarta Belum genap 30 hari pasca keluar dari penjara, pesinetron Kriss Hatta harus kembali berurusan dengan polisi. Kriss Hatta diamankan kepolisian atas kasus penganiayaan terhadap Anthony Hilenaar pada Rabu (24/7/2019) lalu.

Alhasil, mantan suami Hilda Vitria itu mau tak mau harus mendekam kembali di balik jeruji besi. Bahkan, Kriss Hatta pun terpaksa merayakan hari ulang tahunnya di ruang tahanan Rutan Polda Metro.

Atas kasus penganiayaan yang ia lakukan, Kriss Hatta dikenakan Pasal 351 KUHP dengan ancaman penjara 2 tahun 8 bulan. Hukuman tersebut diberlakukan atas dasar pemukulan terhadap seorang pria bernama Anthony Hilenaar di sebuah klub malam pada bulan April silam yang membuat hidung korban bercucuran darah.

Meski sudah jadi tersangka, polisi belum memutuskan apakah Kriss Hatta akan menjalani masa tahanan atau tidak. Namun, hingga kini Kriss Hatta masih berada di dalam bui. Dengan demikian, ia menjadi satu dari banyaknya selebriti Tanah Air yang harus bolak-balik bui lantaran kasus kriminal yang dilakukannya.

Usut punya usut, selain Kriss Hatta ada beberapa selebriti lainnya yang juga pernah masuk bui lebih dari sekali. Berikut Liputan6.com sajikan ulasan lengkap kisah 5 selebriti yang pernah masuk bui lebih dari sekali, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Senin (29/7/2019).

2 dari 6 halaman

1. Jennifer Dunn

Berbeda dengan Kriss Hatta, pesinetron Jennifer Dunn mendekam di penjara akibat terciduk memiliki barang haram. Tak hanya sekali, wanita yang akrab disapa Jedun itu ditangkap tiga kali atas kasus yang sama.

Jedun pertama kali ditangkap pada tahun 2005 atas kepemilikan ganja. Saat itu, usianya bahkan baru 15 tahun. Selang empat tahun, Jedun harus kembali merasakan dinginnya penjara lantaran ketahuan memiliki tujuh butir ekstasi di rumahnya. Karena barang bukti tersebut, Jedun pun mendekam di bui selama 4 tahun hingga bebas pada tahun 2012 silam.

Seolah tak kapok, wanita yang kini berstatus sebagai istri dari Faisal Harris itu merasakan kali ketiganya hidup di penjara. Dua tahun lalu, Jedun ditangkap oleh pihak berwajib di kediamannya di kawasan Bangka, Jakarta Selatan pada Minggu 31 Desember 2017 silam atas kasus penyalahgunaan narkoba.

3 dari 6 halaman

2. Roy Marten

Aktor senior sekaligus ayah dari Gading Marten, Roy Marten pun tak luput dari jerat kriminal. Sama seperti Jennifer Dunn, Roy Marten terbuai akan godaan narkotika sehingga harus berakhir di balik jeruji besi.

Roy Marten pertama kali ditangkap pada tahun 2006 silam dengan barang bukti berupa 3 gram sabu-sabu. Karena temuan tersebut, ia mendekam selama sembilan bulan di penjara.

Belum genap satu tahun, Roy Marten masih belum bisa terlepas dari konsumsi obat terlarang. Roy kembali ditangkap pada tahun 2007 di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur.

Roy kedapatan memiliki 1,5 ons sabu-sabu, tiga alat penghisap, korek api, alumunium foil, dan sedotan dalam jumlah banyak. Atas kasus tersebut, Roy Marten divonis tiga tahun penjara dan denda Rp 10 juta dengan subsider tiga bulan kurungan.

4 dari 6 halaman

3. Revaldo

Nampaknya tak sedikit selebriti Tanah Air yang terjerat kasus narkoba. Kepemilikan barang haram tersebut pun rupanya tersebar rata di semua kalangan. Tak hanya aktor senior, mantan aktor muda seperti Revaldo menjadi salah satunya.

Pemilik nama asli Fifaldi Surya Permana itu telah dua kali masuk penjara karena kasus narkoba. Aktor yang bermain di film '30 Hari Mencari Cinta' itu pertama kali ditangkap pada April 2006 saat ia sedang pesta narkoba bersama teman-temannya. Revaldo pun divonis 2 tahun penjara atas kesalahannya itu.

Selang empat tahun, pada Juli 2010, pria kelahiran Yogyakarta, 18 Juni 1982 silam itu kembali ditangkap atas kasus yang sama. Tak tanggung-tanggung, Revaldo divonis pengadilan 7 tahun penjara. Namun, Revaldo mendapat keringanan berupa bebas bersyarat sehingga ia hanya menjalani hukuman selama empat tahun tujuh bulan.

5 dari 6 halaman

4. Ridho Rhoma

Belum lama ini, pedangdut Ridho Rhoma kembali mendekam di penjara lantaran tersandung kasus narkoba jenis sabu. Putra raja dangdut Rhoma Irama itu menjalani sisa hukuman di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.

Putusan MA memperkuat hukuman majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang memvonis 10 bulan kurungan dan rehabilitasi menjadi hukuman satu tahun enam bulan penjara.

Sebelumnya, Ridho Rhoma ditangkap polisi pada Sabtu dini hari, tepatnya pada 25 Maret 2017 silam. Polisi menemukan sabu seberat 0,7 gram di dalam mobilnya.

6 dari 6 halaman

5. Polo Srimulat

Salah satu anggota Srimulat, Polo pernah terjerat kasus narkoba pada tahun 2000 silam. Tak hanya sekali, Polo kembali mendekam di penjara dengan kasus yang sama pada tahun 2004.

Ia pun akhirnya dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun. Setelah keluar dari penjara, Polo kini cukup aktif menjadi pembicara dalam seminar dan diskusi obat-obatan terlarang.