Sukses

Membuat Tas Step by Step dari Berbagai Bahan, Bisa dari Barang Bekas

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi limbah di lingkungan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa produk yang sulit terurai dengan tanah. Kamu bisa menjadikan beberapa produk penyebab limbah untuk dijadikan barang baru yang memiliki manfaat.

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat tas dari bahan yang menyebabkan limbah di lingkungan seperti kain dari pakaian dan plastik kemasan minuman atau makanan. Oleh karena itu, membuat tas step by step dari bahan limbah kerap dibutuhkan bagi beberapa orang untuk mengatasi masalah ini.

Pasalnya, tak banyak orang yang bisa membuat atau mengolah bahan bekas untuk dijadikan barang yang layak digunakan. Berikut ini Liputan6.com, Senin (29/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber untuk membuat tas step by step dengan menggunakan barang-barang bekas.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kemasan Minuman

Alat dan bahan yang dibutuhkan

- Bungkus minuman instan

- Gunting

- Penggaris

- Jarum dan benang

- Kain furing - Risleting

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kemasan Minuman

Membuat Tas Step by Step dari Bungus Minuman Sachet

1. Membuat tas step by step dari bungkus minuman yang pertama kali adalah gunting bagian atas dan juga bagian bawahnya.

2. Bersihkan bungkus minuman tersebut dengan menggunakan air yang mengalir kemudian keringkan. Untuk mengeringkan bungkus kopi ini, kamu bisa melakukannya dengan cara dijemur ataupun dilap menggunakan kain yang bersih.

3. Membuat tas step by step dari pembungkus minuman selanjutnya adalah dengan mengguntingnya menjadi dua bagian yang sama rata. Sehingga dalam satu bungkus menjadi dua buah potongan

4. Kemudian lipat bungkus kopi tersebut dengan melipat 1 cm ke bagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm. Kemudian anyam bungkus kopi tersebut menjadi bentuk baling-baling.

5. Setelah seluruh anyaman baling-baling selesai kamu buat, maka kamu bisa menggabugkan anyaman-anyaman tersebut. Untuk menyatukannya, pastikan untuk membuat sudut tegak vertikal.

6. Kalau kerangka tas sudah jadi, kamu hanya perlu menyiapkannya dengan menjahit pada bagian atas tas. Selain itu, ini dilakukan agar anyaman tersbeut tidak mudah terlepas.

7. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan kain furing ataupun kain polos pada bagian dalam tasnya. Pastikan kain yang digunakan tidak terlalu tipis. Satukan kain dengan menggunakan tas dari bungkus kopi tersebut menggunakan jarum dan juga benag jahit. Usahakan jahitan yang kamu gunakan cukup kuat dan rapi.

8. Tambahkan juga risleting dan juga tali untuk mempercantik tas. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, kamu bisa menambahkan risleting pada tas. Kemudian untuk talinya, kamu bisa menggunakan tali kur untuk mempermudah ataupun menggunakan tas dari anyamanan bungkus minuman.

Kalau kamu ingin menggunakan bungkus minuman sebagai tali, kamu perlu membuat dengan lipatan yang masih tersisa sebelumnya. Kamu cukup membuatnya menjadi bentuk segitiga dan digabungan satu dengan lainnya menggunakan jahitan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Kaus Bekas

Tidak hanya produk dengan menggunakan kemasan dari plastik saja yang bisa mengakibatkan limbah atau kerusakan lingkungan. Ternyata, dari penggunaan pakaian yang berlebihan juga bisa menimbulkan dampak buruk untuk lingkungan. Nah, untuk mengatasi salah satu masalah ini, kamu bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah memanfaatkan kaus untuk dijadikan tas.

Ya, daripada kaus yang sudah tidak dipakai lagi kemudian dibuang, ada baiknya untuk digunakan sebagai tas saja. Untuk membuat tas dari kaus tidak membutuhkan keahlian khusus. Bagi kamu yang sudah mahir atau pemula sekaligus, tetap bisa membuat tas dari kaus ini.

Berikut cara membuat tas step by step yang sangat mudah untuk dipraktikkan:

Alat dan bahan yang dibutuhkan

- Kaus

- Gunting

- Alat jahit

- Pensil atau pulpen

- Penggaris

- Meteran untuk kain

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Kaus Bekas

Membuat tas step by step dari kaus

1. Membuat tas step by step dari kaus yang pertama adalah menyiapkan semua alat dan bahan terlebih dahulu. Kumpulkan dalam satu tempat agar kamu tidak perlu mencari lagi ketika dibutuhkan.

2. Selanjutnya, pilih kaus yang ingin dijadikan tas. Bila kamu ingin menggunakan kaus bekas, sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar tas yang dihasilkan tetap bersih dan tidak bau.

3. Membuat tas by step dari kaus selanjutnya adalah dengan melipatnya tepat di tengah-tengah. setelah itu posisikan lengan kaos bagian kanan dan kiri presisi agar nantinya mudah dalam memotongnya. Setelah kedua lengan dalam keadaan rata, potong dari bagian atas ke bawah.

Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai memotong hingga melewati jahitan lengannya, karena pada jahitan ini akan dijadikan pegangan tas.

4. Selanjutnya potong bagian kerah kaus dengan menggunakan gunting. Untuk membuat pegangan tas agar kuat dan tahan lama, cobalah untuk menyisakan bagian antara leher dan lengan. Cara membuat tas tidak perlu terlalu panjang, cukup sisakan sekitar 5-8 sentimeter.

5. Tentukan berapa panjang tas yang ingin kamu buat. Jika sudah ditentukan panjang tas, ambil kausnya dan tarik garis horisontal di kaus. Kamu bisa menggunakan penggaris atau meteran kain untuk menentukan berapa panjang yang diinginkan.

6. Membuat tas step by step selanjutnya adalah menambahkan hiasan agar lebih menarik. Kamu bisa menggambarkan serangkaian garis vertikal di bagian bawah kaus. Lebar variasi tas ini bisa kamu sesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk acuan, kamu bisa membuat garis antara satu sampai tiga sentimeter lebarnya.

7. Setelah membuat garis pola untuk hiasan pada tas, selanjutnya potong garis vertikal tersebut perlahan-lahan. Pastikan dalam memotong melalui kedua lapisan kaus pada saat yang sama agar hasilnya memuaskan. Jangan sampai melebihi garis yang sudah dibuat.

8. Langkah selanjutnya, ikat pangkal kain yang sudah dipotong tadi. Ikat kain satu persatu dengan teliti, jangan sampai kelebihan walau hanya satu potongan kain.

9. Langkah terakhir adalah menggunting jahitan pada bahu kaus, lalu ikat masing-masing bagian kiri kanan bahu. Kalau kamu lebih suka yang agak rapi kamu bisa menjahit bagian kiri dan kanan bahu sesuai selera masing-masing.