Sukses

Cara Membuat Topeng dari Kertas Karton yang Mudah dengan Alat Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat topeng dari kertas karton tidak begitu sulit. Kamu bisa membuat topeng dari kertas karton berikut sebagai prakarya di sekolah maupun untuk pesta topeng. Meski saat ini sudah banyak topeng yang dijual bebas di pasaran, namun dengan membuat sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kreativitas dan imajinasimu.

Topeng bisa dibuat dari berbagai macam media, seperti kayu, karet, kertas, dan lain-lain. Agar lebih mudah dalam menemukan bahan-bahannya, kamu bisa menggunakan kertas karton sebagai baha utama pembuat topeng.

Cara membuat topeng dari kertas karton bisa dibuat untuk berbagai tujuan. Selain biasanya banyak orang yang menggunakannya untuk pementasan seni, tugas sekolah, hingga sebagai permainan untuk anak-anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/7/2019) langkah-langkah cara membuat topeng dari kertas karton.

2 dari 5 halaman

Cara membuat topeng dari kertas karton

Seringkali kamu melihat di film-film luar negeri sang tokoh utama menggunakan topeng dalam sebuah pesta. Biasanya topeng tersebut memiliki desain yang cukup gemerlap untuk menutup mata. Kamu bisa mengikuti cara membuat topeng dari kertas karton untuk pesta satu ini sebagai acuan pembuatan topeng yang kamu inginkan. Begini cara membuat topeng dari kertas karton yang bisa kamu ikuti:

Alat dan Bahan:

1. Kertas Karton

2. Alat Tulis (Pensil, Pena, atau Spidol)

3. Gunting

4. Pisau Cutter

5. Kuas

6. Lem

7. Pewarna (seperti cat air, cat poster, atau cat untuk styrofoam)

8. Aksesori tambahan (seperti kain, bulu, atau glitter, dan lain-lain)

3 dari 5 halaman

Membuat Desain Topeng

Menentukan Desain Topeng

Topeng pesta biasanya memiliki bentuk oval yang memanjang secara horizontal dengan sebuah lekukan yang menonjol pada bagian hidung. Dengan melihat berbagai referensi dari internet, kamu bisa memilih desain topeng yang akan kamu buat. Bila melihat referensi dari topeng yang biasanya dipakai pada pesta-pesta di film, maka kamu bisa membuat topeng yang lebih sederhana yang hanya menutupi sebagian wajah, yaitu berada di atas alis dan berakhir di bagian atas tulang pipi, dengan bolongan pada bagian matanya. Kamu bisa memilih desain topeng sesukamu dalam cara membuat topeng dari kertas karton ini.

Membuat Gambar Sketsa di Kertas Karton

Setelah menentukan desain topeng yang ingin kamu buat, cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah membuat gambar sketsa di kertas karton. Kamu bisa menumpuk beberapa kertas agar topeng menjadi lebih kuat. Gunakan kertas karton yang tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil juga. Sesuaikan dengan wajahmu. Lalu gambarkanlah sketsa tersebut dengan pensil atau alat lainnya.

Kamu juga bisa berkreasi disini agar topeng yang kamu buat sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menambahkan bentuk petir, api atau hal-hal lainnya yang kamu sukai agar topengmu terlihat lebih menarik. Dengan menambahkan detail gambar seperti ini, topeng tidak akan terlihat hambar.

 

4 dari 5 halaman

Potong dan Warnai

Potong Desain yang Telah Jadi

Setelah selesai membuat desain yang kamu inginkan, cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah memotongnya. Kamu bisa mengguntingnya mengikuti alur yang telah kamu buat pada desainmu. Guntinglah dengan hati-hati agar terlihat rapi. Gunting juga pada bagian mata lebih besar daripada ukuran mata kamu agar lebih nyaman dan bisa melihat dengan leluasa.

Mewarnai Topeng

Cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah mewarnainya. Sebalum mewarnai topeng, kamu wajib menandai bagian-bagian yang akan diwarnai terlebih dahulu. Dengan membuat garis-garis sebagai pembatas warna, dan lekuk topeng, maka topeng yang akan kamu warnai akan lebih rapi. Gunakan kuas kecil agar warna pada topeng lebih rapi dan tidak mengotori atau terciprat kemana-mana.

5 dari 5 halaman

Lem Aksesori dan Tambahkan Gagang

Tunggu Cat Sampai Kering

Setelah mewarnai topeng dengan cat, maka kamu harus menungg cat sampai kering terlebih dahulu sebagai bagian dari cara membuat topeng dari kertas karton. Jangan sampai terburu-buru agar mendapatkan hasil yang maksimal. Letakkkan topeng di atas permukaan yang sudah diberi alas di ruang terbuka.

Lem Aksesori Tambahan

Bila kamu ingin menambahkan aksesori tambahan, kamu bisa melakukannya setelah cat kering. Dalam cara membuat topeng dari kertas karton, kamu juga harus mempertimbangkan agar aksesori tambahan tersebut tidak membuat topeng malah tampak tidak rapi atau tidak enak dipandang. Sesuaikan dengan tema topeng yang kamu buat.

Buat Gagang

Cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah membuat gagang. Di sini kamu bisa memilih, apakah akan menggunakan gagang pada topengmu agar bisa dipegang-pegang atau menggunakan karet seperti topeng anak-anak yang biasa diikat ke belakang kepala.

Dalam membuat gagang, kamu bisa menggunakan, sedotan yang keras, sumpit, karton, hingga kayu kecil. Jangan lupa untuk menghias gagang sedemikian rupa agar tidak terlihat terlalu berbeda dengan desain topengmu. Kamu bisa menempelkannya dengan lem dimana saja asalkan nyaman. Bahkan banyak juga topeng yang tidak menggunakan gagang.

Setelah memasang gagang dengan lem, tunggu sampai mengering sekitar setengah jam. Untuk memastikan lem sudah kuat atau belum coba goyang-goyangkan. Bila belum erat tambahkan lem dan tunggu lagi sampai kering.