Sukses

Desain Arsitektur 6 Bandara Ini Unik Banget, Ada Kolam Renang Dekat Runway

Ada beberapa bandara yang memiliki fasilitas atau bahkan arsitektur unik dan lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Kamu punya hobi traveling dan sering naik pesawat? Pasti banyak di antara kamu yang memilih pergi ke bandara untuk menggunakan transportasi udara. Entah untuk pergi liburan, jalan-jalan, atau pergi mudik ke kampung halaman, pesawat seringkali menjadi transportasi unggulan karena waktu perjalanannya yang tergolong singkat.

Bandara atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandara juga merupakan pintu gerbang suatu negara atau daerah. Jika sering naik pesawat, mungkin kamu sudah familiar dengan yang namanya bandara. Ada bandara ternyaman, bandara tersibuk, dan lain-lain.

Ada beberapa bandara yang memiliki fasilitas atau bahkan arsitektur unik dan lengkap. Dengan fasilitas seperti ini tentu membuat kamu menjadi nyaman berlama-lama di sana. Berikut desain arsitektur bandara paling unik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Punta Cana International Airport

Bandara Internasional Punta Cana adalah salah satu bandara dengan arsitektur unik dan memanjakan para penumpang dengan berbagai fasilitas mengagumkan. Punta Cana, Republik Dominika adalah sebuah negara di kepulauan Laut Karibia ini memiliki lounge dengan pemandangan paling menarik. Yaitu, kolam renang dengan view runway.

Punta Cana International Airport membangun kolam renang keren ini di VIP Lounge. Di mana, traveler yang memasuki wilayah tersebut akan berenang dengan pemandangan pesawat-pesawat yang sedang parkir. Lounge ini juga akan didesain secara minimalis, dengan berbagai fasilitas VIP di dalamnya. Serta dikhususkan untuk penumpang prioritas.

3 dari 7 halaman

2. Ashgabat International Airport

Bandara Internasional Ashgabat yang terletak di Kota Ashgabat, Turkmenistan, ini punya desain seperti burung falcon yang sedang mengepakkan sayap. Bandara yang terletak sekitar 10 kilometer dari ibu kota Ashgabat itu juga menjadi bandara tersibuk di Turkmenistan. Bandara ini juga tercatat di Guinness World Records sebagai bandara dengan ornamen terbesar di atap gedung.

4 dari 7 halaman

3. Lyon-Saint-Exupery International Airport

Bandara dengan desain arsitektur paling unik selanjutnya adalah Bandara Lyon-Saint-Exupery yang ada di Lyon, Prancis. Bandara ini diberi nama oleh Antoine de Saint-Exupery, yaitu seorang penulis dan pilot Prancis yang merupakan penduduk asli Lyon.

Bandara Lyon-Saint-Exupery memiliki desain seolah-olah mirip seperti stasiun luar angkasa. Tak hanya desainnya yang unik, bandara ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang penumpang yang ada di bandara.

5 dari 7 halaman

4. Kansai International Airport

Bandara yang satu ini terletak di sebuah pulau buatan. Hal ini dikarenakan tanah di Jepang harganya sangat mahal. Oleh karena itu pemerintah Jepang memutuskan untuk membuat sebuah pulau buatan pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1994.

Dari pulau buatan ini, para traveler bisa meneruskan perjalanan baik menggunakan kereta, mobil ataupun kapal cepat ke pulau Honshu. Pulau ini pun memiliki ukuran yang cukup luas, dengan panjang 2.5 mil (sekitar 4 km) dan lebar 1.6 mil (2.5 km), pulau ini pun bisa dilihat dengan jelas dari udara.

6 dari 7 halaman

5. Beijing Capital International Airport

Bandara unik ini terletak di Beijing, China. Beijing Capital International Airport merupakan bandara pertama yang dibangun di China.

Garis besar desain bandara ini menyerupai sosok naga. Selain itu, bagian interior bandara dibuat dalam gaya tradisional China yang dihiasi dengan taman-taman musim dingin.

7 dari 7 halaman

6. Shenzhen Bao'an International Airport

Bandara dengan desain arsitektur paling unik selanjutnya adalah Bandara Internasional Bao'an Shenzen yang terletak di Distrik Bao'an dan berada sekitar 32 kilometer dari barat laut pusat kota Shenzen.

Bandara yang dibangun pada 12 Oktober 1991 itu, memiliki desain yang indah dan unik, karena jika dilihat sekilas berbentuk seperti sebuah jet tempur. Bandara Internasional Bao'an Shenzen adalah satu-satunya bandara internasional di Tiongkok yang terhubung dengan pelabuhan untuk lalu lintas penumpang dan kargo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.