Sukses

Tempat Wisata Guci Tegal, Mulai Alam hingga Kuliner untuk Liburan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Guci Tegal merupakan salah satu tempat wisata di provinsi Jawa Tengah. Meskipun merupakan daerah tepi laut, sebagian wilayah Tegal ini terletak di kawasan gunung, yakni Gunung Slamet.

Tak hanya terkenal dengan ketinggiannya yang paling mengangkasa se-Provinsi Jawa Tengah, ternyata Gunung Slamet juga memberikan keindahan lain di sekitar lerengnya. Ya, terdapat sebuah mata air yang jernih dan asri di bagian utara gunung ini. Siapa sangka, kalau tempat tersebut sudah dijadikan sebagai tempat wisata berpuluh-puluh tahun silam. Ya, terdapat obyek wisata Guci Tegal.

Wisata Guci Tegal merupakan tempat tersedianya air panas yang mengalir secara alami dari perut bumi. Kalau kebanyakan lokasi sumber mata air panas dilengkapi dengan adanya belerang, berbeda dengan taman wisata Guci Tegal ini. Keberadaan wisata Guci Tegal tersebut merupakan rahmat karena kebaikan Wali terhadap warga di sekitar Tegal.

Bisa menikmati apa saja di wisata Guci Tegal ini? Nah, buat kamu yang berencana ke Tegal, bisa simak rekomendasi Liputan6.com yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata Guci Tegal yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga kulinernya, Selasa (30/7/2019).

2 dari 5 halaman

Wisata Alam di Guci Tegal

Pemandian Air Panas

Wisata Guci Tegal menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan. Keindahan alam ini bisa kamu dapatkan bahkan saat masih dalam perjalanan menuju ke sana. Kamu akan dimanjakan dengan hamparan kebun buah stroberi, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus.

Nah, saat tiba di Guci Tegal kamu akan merasakan hawa sejuk dan segar. Di sini kamu bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas. Terdapat dua pemandian umum, yaitu Pancuran 13, Pancuran 7, Pancuran 5.

Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik dan penyakit kulit lainnya.

Selain menikmati berendam di pemandian, kamu juga bisa berendam di sungai yang mengalir. Ketika pertama kali menyentuh air tersebut, kamu akan langsung merasakan panas.

Namun lambat laun kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat. Badan serta pikiran menjadi semakin rileks dan nyaman. Terlebih lagi sumber mata air di sini jernih, tidak berwarna, dan yang terpenting tidak berbau belerang.

Tidak hanya pemandian air panas, masih ada terdapat sekitar 10 air terjun atau curug di destinasi ini. Salah satunya adalah air terjun Jedor yang terletak di bagian atas pemandian umum pancuran 13.

 

3 dari 5 halaman

Wisata Alam di Guci Tegal

Curug Jedor Guci

Wisata Guci Tegal selanjutnya adalah Curug Jedor. Ya, persis di atas pemandian Pancuran 13 terdapat sepuluh air terjun dengan suasana yang asri. Air terjun yang paling populer selanjutnya adalah Curug Jedor.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, kalau Curug Jedor Guci ini berada tidak jauh dari pemandian air panas Guci. Lokasinya yang berdekatan dengan pemandian air panas, maka bisa dipastikan jika air di curug ini juga bersih dan segar.

Selama di curug ini kamu akan sering melihat warga yang melakukan penambangan pasir yang dilakukan secara tradisional. Lokasinya mudah diakses, namun akan lebih menarik jika melewati jalur Wana Wisata Guci karena pemandangannya lebih memuaskan dan udaranya juga sangat sejuk.

Menunggang Kuda

Tidak hanya sekedar berendam dan bermain, di wisata Guci Tegal kamu juga bisa menunggangi kuda. Di wisata Guci Tegal ini tersedia puluhan kuda yang sudah terlatih dan siap untuk diajak berkeliling kompleks Guci.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner di Guci Tegal

Belum lengkap rasanya kalau berlibrt tanpa merasakan sajian kuliner lokal. Nah, untuk di Kabupaten Tegal ini sendiri terkenal dengan menu pecelnya. Namun nama pecel yang terdapat di daerah Slwai, Tegal, Jawa Tengah ini berbeda dengan yang lainnya. Pecel di sini tidak disajikan dalam bentuk sayuran, melainkan dalam bentuk rujak.

Kalau pecel yang ada di daerah Slawi terdiri dari beraneka ragam buah seperti jambu, nanas, papaya, dan mangga. Buah-buahan tersebut kemudian disiram dengan saus gula merah yang kental sehingga tercipta rasa manis, asam, dan segar.

Namun seiring dengan perkembangan kuliner, daerah wisata Guci Tegal kerap menawarkan pecel yang berisikan sayuran segar lengkap dengan bumbu kacangnya.

5 dari 5 halaman

Oleh-oleh Khas Guci Tegal

Tak hanya sajian kulinernya saja yang khas, untuk oleh-olehnya pun kabupaten ini juga memiliki sesuatu yang khas. Ya, begitu mendengar kota Slawi pasti kamu langsung teringat dengan teh pocinya. Memang, minuman ini menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibeli di tempat wisata Guci Tegal.

Selain itu, banyak juga ragam pilihan oleh-oleh dan panganan khas yang bisa kamu beli dan dibawa pulang. Misalnya saja seperti papaya, manisan buah ceremai, buah-buahan segar, sayur-sayuran segar, dan lain sebagainya.