Sukses

6 Makanan yang Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal wajib mengonsumsi makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh manusia. Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah, melepaskan hormone yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urine, dan banyak tugas penting lainnya.

Nah, kalau organ ini mengalami gangguan alias bermasalah, maka bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh manusia. Itulah kenapa, menjaga kesehatan ginjal sangat disarankan. Pasalnya, ada berbagai hal yang rentan membuat organ vital ini rusak. Salah satunya penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun ada beberapa risiko lainnya yang mengakibatkan penyakit ginjal seperti obesitas, merokok, genetika, jenis kelamin, faktor usia, hingga alkohol.

Buat kamu yang memiliki penyakit ginjal, disarankan untuk melakukan diet khusus dengan membatasi konsumsi sodium, potasium, fosfor, dan protein. Berikut Liputan6.com, Rabu (31/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembang Kol dan Kubis

Kembang Kol

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit ginjal yang pertama adalah kembang kol. Kandungan nutrisi pada kembang banyak sekali. Mulai dari vitamin C, vitamin K, vitamin B, dan asam folat.

Kol juga kaya akan senyawa antiinflamasi dengan sumber serat yang sangat baik bagi tubuh.

Kubis

Selain kembang kol, kubis juga kaya akan vitamin dan mineral. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan vitamin B, dan asam folat. Tak hanya itu, kubis juga menyediakan serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan kamu agar tetap sehat.

3 dari 4 halaman

Putih Telur dan Ayam Tanpa Kulit

Putih Telur

Selanjutnya, makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal adalah putih telur. Sebagai sumber protein dengan kualitas yang tinggi, putih telur sangat ramah untuk ginjal. Nah, buat kamu yang menderita penyakit ginjal, sebaiknya konsumsi dua putih telur dengan ukuran besar ukuran 66 gram dengan mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg, dan fosfor 10 mg.

Ayam Tanpa Kulit

Buat kamu yang mengalami masalah pada ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein ke dalam tubuh. Nah, salah satu sumber protein yang baik kamu konsumsi adalah dada ayam tanpa kulit. Ayam pada bagian ini merupakan salah satu yang mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium.

4 dari 4 halaman

Bawang dan Minyak Zaitun

Bawang

Bawang juga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang menderita penyakit ginjal. Pasalnya, bawang bebas natrium sehingga dapat digunakan sebagai penyedap hidangan bagi penderita penyakit ginjal.

Selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga bisa mulai membiasakan gaya hidup sehat serta menjaga asupan. Hindari minuman bersoda, alkohol, dan juga beberapa minuman berenergi yang mengandung kalori sangat tinggi. Pasalnya, jenis minuman ini dapat memengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang.

Minyak Zaitun

Sebagi sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi pilihan asupan yang baik bagi penderita penyakit ginjal. Biasanya, kamu yang memiliki penyakit ginjal sulit untuk menjaga berat badan. Hal ini menjadikan makanan sehat dengan tinggi kalori seperti minyak zaitun ini sangat penting untuk dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.