Sukses

5 Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan, Baik Buat Kulit Sensitif

Liputan6.com, Jakarta Terdapat berbagai macam jenis kulit wajah seseorang. Mulai dari kulit normal berminyak, kombinasi, kering, dan sensitif. Nah, untuk kulit sensitif merupakan kondisi yang paling rentan dan mudah teriritasi. Maka tak heran, pemilik kulit sensitif kerap melakukan perawatan yang ekstra hati-hati, termasuk ketika memilih produk kosmetik atau perawatan wajah harian.

Pada kulit sensitif sangat mudah beraksi dan peka pada cuaca. Selain itu pemakaian produk kosmetik dan perawatan yang salah atau perubahan hormon yang cenderung membuat permukaan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, ruam kemerahan, terkadang terasa pedih ketika seseorang melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif bisa memilih bahan alami seperti oatmeal. Bahan alami ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu produk untuk membantu merawat kondisi wajah sensitifmu. Berikut Liputan6.com, Rabu (31/7/2019) telah merangkum beberapa manfaat oatmeal untuk dijadikan bahan perawatan kulit wajah alami bagi kulit sensitif.

2 dari 6 halaman

Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Pada oatmeal, terdapat kandungan saponin yang merupakan sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini memproduksi busa ketika dilarutkan dengan air.

Saponin berfungsi seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekul minyak sehingga bisa dibilas. Oatmeal sendiri lebih lembut daripada sabun wajah, karena proses pembersihan yang dilakukan hanya bekerja di permukaan kulit.

Ya, oatmeal tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi wajah secara alami. Jadi, kalau kamu menggunakan oatmeal untuk kulit yang cenderung sensitif, sangat baik dan tidak membuat kulit mengering dan terkelupas.

Cara membuat pembersih alami dari oatmeal ini cukup mudah, yaitu dengan menuangkan satu sendok teh oatmeal pada mangkuk yang berisikan air hangat. Aduk campuran tersebut kemudian usapkan pada wajah. Pijat dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3 dari 6 halaman

Mencegah Kulit Sensitif menjadi Kusam dan Gelap

Nutrisi yang ada pada oatmeal juga dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Kulit sensitif yang semula kusam dan cenderung gelap, bisa diatasi dengan menggunakan perawatan untuk mengembalikannya menjadi lebih cerah dan muda. Memudarnya pigmentasi termasuk flek hitam tersebut, tidak memengaruhi kesehatan kulit sensitif dan kondisinya tetap sehat.

4 dari 6 halaman

Mempermudah Mengeluarkan Komedo

Manfaat oatmeal untuk kulit wajah sensitif lainnya adalah bisa melakukan pengeluaran komedo di beberapa bagian wajah dengan aman. Pasalnya, wajah sensitif rentan terkena goresan, luka, cedera, dan iritasi saat melakukan pengeluaran komedo. Nah, dengan menggunakan masker oatmeal sebelum melakukan pengangkatan komedo dengan alat khusus, agar terhindar dari iritasi dan rasa perih sesudahnya.

5 dari 6 halaman

Mencegah Munculnya Jerawat

Oatmeal mempunyai zat antibakteri yang ampuh membunuh bakteri yang mendorong munculnya jerawat. Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker wajah, agar bakteri sulit untuk masuk ke dalam pori-pori.

Selain itu, oatmeal juga memiliki antioksidan dan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah kamu.

6 dari 6 halaman

Melawan Radikal Bebas

Pada kulit sensitif kerap memiliki struktur lapisan kulit yang tipis, sehingga mudah mengalami iritasi dan perih saat terpapar sinar matahari yang sangat terik. Hal ini bisa mengakibatkan kulit menjadi merah bahkan mengelupas.

Oatmeal yang mengandung asam amino ini dapat memperkuat lapisan permukaan kulit sehingga tidak mudah teriritasi radikal bebas termasuk sinar matahari. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan krim malam yang mengandung oat. Sedangkan untuk menenangkan kulit sekaligus merangsang regenerasi sel agar kulit yang teriritasi tergantikan dengan sel kulit yang baru.