Sukses

Sekolah di Negara Ini Berikan Mobil Untuk Siswa yang Tak Pernah Bolos

East Valley Institute of Technology (EVIT) diketahui membuat sayembara dan memberikan hadiah berupa mobil pada siswa yang tak pernah membolos.

Liputan6.com, Jakarta Absensi atau daftar kehadiran memang salah satu hal yang penting saat kamu masih berada di bangku sekolah. Sebenarnya tak hanya di bangku sekolah, absensi atau daftar kehadiran bahkan masih dirasa penting hingga memasuki dunia kerja. Kehadiran siswa di sekolah (school attandence) adalah kehadiran dan keikutsertaan siswa secara fisik dan mental terhadap aktivitas sekolah pada jam-jam efektif di sekolah.

Absensi adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan kalau ingin mendapatkan nilai tinggi atau lulus dari sekolah. Pasalnya, pihak sekolah selalu menganggap serius mengenai absensi ini.

Siswa-siswa yang sering bolos pasti akan ditandai dan mendapatkan hukuman. Saking pentingnya absensi dalam perguruan tinggi, nilai absensi hampir sama pentingnya dengan nilai UTS atau UAS.

Tapi, namanya pelajar pasti ada masa di mana mereka malas sekolah dan ingin bersantai di rumah atau bermain sesuka hatinya. Untuk mengubah pola pikir siswanya yang suka membolos, salah satu sekolah di Arizona punya cara unik. East Valley Institute of Technology (EVIT), Arizona, Amerika Serikat, memberikan apresiasi tinggi kepada siswa yang memiliki tingkat kehadiran sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberikan Hadiah Kepada Siswanya

East Valley Institute of Technology (EVIT) diketahui membuat sayembara dan memberikan hadiah berupa mobil pada siswa yang tak pernah membolos, seperti Liputan6.com lansir dari Scottsdale, Rabu (31/7/2019). Sayembara ini diadakan untuk memotivasi siswa agar lebih rajin masuk sekolah.

Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan adalah satu unit mobil Chrsyler PT Cruiser. Karena hadiahnya cukup menggiurkan, ratusan siswa di sekolah itu langsung jadi rajin datang. Dampaknya, ada ratusan siswa pula yang memiliki kehadiran sempurna dan memenuhi syarat untuk mendapatkan mobil tersebut.

Pihak sekolah pun menyaring lagi siswa terbaik untuk mendapatkannya. Pihak sekolah hanya memilih satu dari ratusan siswa dengan nilai kehadiran sempurna yang berhak mendapatkan mobil tersebut.

"Kita mencari mereka yang hadir sempurna dari list sekolah dan kampus milik kami. Ada ratusan yang memiliki kualifikasi, dan setelah kami proses hanya tersisa enam orang," kata Interim Superintendent EVIT, Chad Wilson.

3 dari 3 halaman

Undian Mobil

Setelah melalui proses penyaringan dari seleksi, terpilihlah enam orang siswa terbaik. Mereka pun diberikan undian dan harus mengambil sebuah kotak secara acak. Di dalam salah satu kotak tersebut ada kunci mobil, dan siswa yang mendapatkan kunci tersebut yang berhak memiliki mobil Chrsyler PT Cruiser.

Ternyata, yang beruntung adalah siswa bernama Michael Duarte. Pelajar ini mengaku sangat senang mendapatkan mobil baru berkat tak pernah absen bersekolah. Saking inginnya menang dan mendapatkan mobil, dia selalu memastikan masuk kelas tepat waktu agar menjadi kandidat sempurna.

Pihak sekolah berharap kalau sayembara ini membuat para siswa mempelajari nilai-nilai lain yang akan digunakan di dunia kerja atau bisnis nantinya. Misalnya mulai menghargai waktu, mengasah sofskill, dan lain-lain. Jadi, tidak melulu hanya akademik saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini