Sukses

6 Wisata Pantai Jogja yang Mudah Dijangkau, Cocok untuk Liburan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Jogja merupakan salah satu kota favorit yang kerap dipilih oleh wisatawan untuk tujuan liburan. Bagaimana tidak, di Jogja ini sudah terdapat berbagai macam destinasi wisata mulai dari alam hingga wisata buatan. Mulai dari wisata pantai Jogja, wisata sejarah, wisata kota, dan lain sebagainya ada di sini. 

Kamu bisa memilih destinasi sesuai dengan waktu dan gaya liburanmu. Kalau kamu suka versi liburan dengan menikmati indahnya alam pantai, maka kamu bisa memilih beberapa wisata pantai Jogja. Ya, ada deretan pantai yang indah dengan berbagai fasilitas seru.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa wisata pantai Jogja yang bisa kamu singgahi apabila hanya memiliki waktu singkat. Deretan wisata pantai Jogja ini bisa kamu nikmati walaupun hanya memiliki waktu liburan yang hanya sebentar, Kamis (1/8/2019).

2 dari 7 halaman

Pantai Parangtritis

Apabila kamu memiliki waktu berkunjung ke Jogja yang sangat singkat alias hanya sebentar saja, kamu tetap bisa menikmati indahnya pantai Jogja dengan mengunjungi pantai Parangtritis.

Ya, ini merupakan salah satu dari deretan wisata pantai Jogja yang sangat populer. Pantai ini berlokasi sekitar 25 kilometer di selatan pusat kota Jogja.

Pantai ini memiliki keunikan berupa adanya bukit pasir yang disebut dengan gumuk pasir di sekitar pantainya. Nah, buat kamu yang ingin merasakan pengalaman mengunjungi pantai yang berbeda, kamu bisa sambil mencoba bermain paralayang di bukit Parang Endog, pantai Parangtritis.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang memicu adrenalin lainnya, yaitu dengan bermain sand boarding.

Sedangkan untuk di pantai Parangtritis sendiri kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menaklukan gundukan pasir dengan ATV, bermain layang-layang, ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang sangat memsona.

3 dari 7 halaman

Pantai Depok

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah diperuntukkan bagi kamu yang menyukai kuliner hasil laut alias seafood. Ya, pantai Depok namanya. Pantai ini terletak tidak jauh dari pantai Parangtritis. Tepatnya berada di sebelah barat pantai Parangtritis kurang lebih 1,5 kilometer.

Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahannya sambil menyantap hidangan laut yang masih segar. Ikan-ikan yang disajikan masih segar dari tangkapan nelayan di pantai Depok ini.

Kini pantai Depok memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari warung makan yang langsung menghadap ke pantai dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati indahnya pantai selatan dengan deburan ombak yang besar sambil menikmati sajian kuliner. Setelah makan, kamu bisa menikmati pantai dengan naik ATV yang disewakan di sana.

4 dari 7 halaman

Pantai Goa Cemara

Wisata pantai Jogja lainnya yang sangat terjangkau jarak tempuhnya adalah pantai Goa Cemara. Sesuai namanya, pantai ini terdapat hutan cemara yang sangat lebat. Saking lebatnya hutan cemara yang ada di pantai ini bisa sampai membentuk seperti terowongan. Oleh karena itu, pantai ini dinamakan pantai Goa Cemara.

Inilah yang menjadi daya tarik pantai ini. Selain itu, di waktu-waktu tertentu di sini kamu juga melihat pelepasan tukik atau penyu ke samudra. Pantai ini terletak di Dusun Patehan, Gandingsari, Sanden, Bantul, Jogja.

Soal fasilitas yang tersedia, pantai ini juga sudah menyediakan fasilitas yang memadai. Selain harga tiket masuk yang murah, kamu sudah menikmati fasilitas seperto warung penjual makanan yang berderet rapi, kamar mandi, mushola, hingga camping area.

5 dari 7 halaman

Pantai Indrayanti

Wisata pantai Jogja selanjutnya yang tak kalah indah adalah pantai Indrayanti. Sama seperti pantai Parangtritis, kini pantai Indrayanti juga sudah cukup populer di kalangan wisatwan. Ya, pantai ini memang sudah dikelola oleh pihak khusus sehingga tak heran kalau kondisi pantainya sangat bagus.

Pantai Indrayanti ini merupakan salah satu pantai di Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini menyuguhkan panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai.

Di sepanjang bibir pantainya, kamu bisa menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut. Selain itu, buat kamu yang suka permainan yang menantang bisa mencoba jet sky yang bisa kamu sewa.

6 dari 7 halaman

Pantai Siung

Wisata pantai Jogja selanjutnya ini cocok buat kamu yang suka kegiatan adrenalin. Ya, di sini kamu bisa panjat tebing. Pantai yang berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja ini bernama pantai Siung.

Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Di sini kamu akan melihat batu karang berukuran besar yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau biasa disebut dengan Siung Wanara. Nah, kata suing inilah alasan kenapa pantai ini diberi nama tersebut. Dalam bahasa Jawa sendiri suing artinya gigi taring.

Pantai yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini cocok buat kamu yang memiliki hobi panjat tebing. Memang, tebing-tebing di sini diperuntukkan untuk melakukan panjat tebing.

Terdapat lebih dari 250 jalur panjat etbing yang ada di pantai Siung ini. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

7 dari 7 halaman

Pantai Timang

Tak kalah eksisnya dengan pantai Parangtritis dan Indrayanti, wisata pantai Jogja pantai Timang juga wajib kamu masukkan ke dalam daftar pantai yang wajib dikunjungi. Ya, pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja.

Pantai Timang ini menawarkan pengalaman seru yang enggak bakal kamu temuin di tempat lainnya. Di sini kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyebrangi tebing karang. Dikombinasi dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya yang bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
18 Tempat Wisata Jogja Murah Meriah yang Indah dan Menakjubkan
Artikel Selanjutnya
Desa Wisata Tembi Jogja, Intip Paket dan Harganya