Sukses

Perjalanan Karier Agung Hercules, dari Binaragawan hingga Penyanyi

Agung Hercules tutup usia pada 51 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari industri hiburan Tanah Air. Agung Hercules dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (1/8/2019) sore ini. Pemilik nama asli Agung Santoso ini meninggal setelah berjuang melawan kanker otak stadium 4 yang diidapnya selama beberapa bulan.

Kabar meninggalnya Agung Hercules menghebohkan warganet dan sempat simpang siur. Kepastian didapat setelah sejumlah seleb menyampaikan duka cita. Salah satu yang membenarkan kabar tersebut Ernest Prakasa. “R.I.P Agung Hercules,” tulis Ernest Prakasa di Instagram Stories pada Kamis (1/8/2019). 

Tak lama setelah itu beredar pesan berantai di WhatsApp yang mengabarkan kepergian pelantun lagu 'Astuti' ini. Ucapan duka cita pun juga ramai disampaikan netizen di media sosial Twitter. Pria kelahiran Malang ini meninggal dunia di usianya yang ke-51 tahun. 

Mengawali karier sejak tahun 1998 hingga dikenal oleh masyarakat, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber perjalanan karier Agung Hercules, Kamis (1/8/2019). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengawali Karier dari Binaraga

Suami dari Mira Rahayu ini mengawali kariernya dari dunia olahraga binaraga. Ia pernah menjadi salah satu binaragawan terbaik di Malang dan menduduki peringkat 6 di ajang Pra PON tahun 1998.

Merasa banyak pesaing dalam binaraga, pria kelahiran Malang ini pun mengurungkan niat untuk menjadi binaragawan. Ia merantau dan pindah ke Jakarta untuk merintis karier di dunia hiburan. Tak hanya itu, Agung juga menjadi pelatih di pusat kebugaran.

3 dari 6 halaman

2. Terkenal dengan Single Astuti

Pria kelahiran 9 Februari 1968 ini namanya mulai melejit lewat singel Astuti  yang ia tulis sendiri.  Lagunya tersebut mendapat tangapan positif dari masyarakat setelah diunggah di YouTube dan menjadi tenar pada 2011.

Ramai akan lagu Astuti, perlahan soosk Agung pun kerap hadir di sejumlah acara televisi. Sosok Agung pun lekat dengan badan yang kekar dan rambut gondrong. Tak hanya itu, ia juga khas akan goyang barbel. Yang menjadi ciri khas Agung saat tampil ialah selalu membawa barbel yang dimodifikasi menjadi microphone untuk menyanyi. 

 

4 dari 6 halaman

3. Bermain dalam film dan sinetron

Setelah cukup populer, Agung pun mulai mendapat tawaran bermain film.  Film pertama yang ia mainkan ialah Test Pack: You're My Baby pada tahun 2012. Dalam film yang diangkat dari novel karya Ninit Yunita ini ia beradu akting dengan Reza Rahadian, Acha Septriasa dan Renata Kusmanto.

Setelah itu, ia bermain dalam beberapa film lainnya seperti Comic 8 (2014), Comic 8: Kasino Kings part 1 dan part 2  dan terakhir film Partikelir pada tahun 2018 silam. Ia juga pernah bemain dalam acara televisi Sketsa, Tahan Tawa dan Mission X. 

Jauh dari namanya melambung, ternyata, Agung juga pernah bermain di film Saras 008 memerankan karakter Milky Man, seorang pahlawan. Namun sayang pada saat itu namanya tenggelam di antara para pemain lainnya membuat nama Agung Hercules belum terlalu dikenal banyak orang.

 

5 dari 6 halaman

4. Sakit Kanker Otak Stadium 4

Jarang terlihat di layar kaca, ternyata Agung Hercules tengah berjuang dari kanker otak.  Melalui video unggahan di Youtube, Agung bersama Istrinya menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Menurut sang istri Mira Rahayu, ada tumor di otak sebelah kiri Agung Hercules. 

"Sudah berbulan-bulan mungkin ya, keterangan ini banyak yang nanya banyak yang penasaran mungkin. Kalau istilah kedokterannya sih, lupa ya namanya apa. Glioblastoma atau apa lah. Jadi, alhamdulillah mas Agung itu sedang disayang sama Allah. Dititipi ada tumor di otak sebelah kirinya, dan itu yang sekarang sedang berusaha untuk ikhtiar." ungkap Mira di video Youtube Agung Hercules TV pada 15 Juli 2019.

Untuk sembuh dari penyakitnya, Agung Hercules sudah menjalani berbagai tindakan medis. Ia telah melakukan kemoterapi juga radiasi untuk membunuh sel kanker di kepalanya. 

6 dari 6 halaman

5. Meninggal Dunia di Usia ke-51 tahun

Setelah beberapa bulan berjuang melawan kanker otak stadium 4 yang diidapnya. Aktor sekaligus komedian Agung Hercules meninggal dunia di usia ke-51 tahun.

Kabar kepergian Agung Hercules awalnya masih sekedar rumor yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun setelah dikonfirmasi kepada sang manajer, Peter, kabar itu memang benar adanya. "Iya benar," ujar Peter singkat saat dihubungi lewat telpon, Kamis (1/8). 

Kepergian Agung Hercules tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat dan para penggemarnya. Warganet pun juga ramai mengucapkan selamat jalan di media sosial untuk pria humoris ini. Selamat jalan, Agung Hercules!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.