Sukses

5 Wisata Majalengka yang Suguhkan Panorama Alam

Liputan6.com, Jakarta Wisata Majalengka menawarkan sejuta keindahan alam yang tak terduga. Majalengka adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat dengan kekayaan alam yang asri. Bagian Utara wilayah kabupaten ini merupakan dataran rendah, sementara wilayah tengah berbukit-bukit dan wilayah selatan merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ceremai.

Didomimasi dataran rendah dan perbukitan, wisata Majalengka menjadi destinasi alam yang menyejukkan. Wisata Majalengka juga terkenal dari banyaknya titik air terjun dan danau. Panorama alam yang dimiliki Majalengka, menjadi sebuah potensi wisata Majalengka yang terus berkembang.

Jika Anda sedang mencari destinasi liburan di Jawa Barat, wisata Majalengka bisa menjadi pilihan tepat. Wisata Majalengka berupa hamparan alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah ini. Berikut 5 wisata Majalengka yang menyuguhkan keindahan alam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2019).

2 dari 6 halaman

Wisata Air Terjun

Curug Muara Jaya

Terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Curug Muara Jaya memiliki ketinggian 73 meter. Di sini Anda tak cuma dapat menikmati segarnya air terjun melainkan juga rimbunnya pepohonan besar berumur ratusan tahun serta melihat satwa seperti kera dan lutung.

Curug Baligo

Curug Baligo berlokasi di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Keunikan dari curug ini adalah adanya dua tingkatan kolam di bawah air terjun. Kolam di curug yang pertama memiliki kedalaman di atas 150 cm, sementara kolam di curug kedua memiliki kedalaman 50 - 170 cm.

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy berlokasi di Blok Pasir, Desa Bantar Agung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Fasilitas di Curug Cipeuteuy ini juga cukup lengkap seperti gazebo, kamar mandi, akses jalan ke curug, kolam dan juga musala. Di sini Anda dapat merasakan panorama alam hijau yang masih asri dengan pinus yang menjulang.

Curug Leles

Curug Leles terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Lokasi Curug Leles ini juga dijadikan lokasi berkemah bagi para wisatawan. Di bumi perkemahan curug leles Anda bisa berkemah menikmati suasana alam yang jauh dari polusi.

3 dari 6 halaman

Wisata air

Situ Sangiang

Berada 27 kilometer dari pusat Kabupaten Majalengka, Situ Sangiang tak cuma sekadar wisata danau menyejukkan mata. Situ Sangiang juga mempunyai nilai sejarah masa lampau.

Di Situ Sangiang juga terdapat makam Sunan Parung yang dipercaya adalah salah satu raja dari Kerajaan Talaga Manggung. Objek wisata ini memiliki luas 107 hektare, dengan luas Situ atau Telaga Sangiang 19,7 ha. Situ Sangiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC).

Telaga Herang

Telaga Herang sudah menjadi destinasi wisata warga Majalengka dan sekitarnya. Telaga Herang merupakan wisata danau dengan air yang sangat jernih. Berlokasi di Desa Jeruk Leueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, air yang mengalir di telaga ini berasal dari air bawah tanah dari Gunung Ciremai.

Telaga Nila

Telaga Nila terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Telaga Nila juga dikenal dengan sebutan Danau Tosca dan Blue Lagoon. Telaga ini memiliki air yang jernih berwarna biru kehijauan sehingga mampu memantulkan bayangan pepohonan rimbun yang mengelilinginya.

4 dari 6 halaman

Perkebunan Teh Cipasung

Tak cuma curug dan danau, keindahan alam Majalengka juga dapat dinikmati dari perkebunan teh. Objek wisata ini terletak di desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih. Disini Anda dapat menikmati sejuknya hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 59 hektar.

Perkebunan Teh Cipasung dikelola dengan baik dan menjadi sumber perekonomian warga sekitar. Di sini Anda bisa menyusuri hijaunya perkebunan teh, jika beruntung, Anda juga bisa menemui para pemetik teh. Perkebunan Teh Cipasung berada di lereng Timur Gunung Cakrabuana.

5 dari 6 halaman

Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan menjadi destinasi wisata menarik di Majalengka. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan persawahan dan perkebunan dengan kontur bervariasi. Sebagian wilayah di Terasering Panyaweuyan berada di ketinggian 400 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut dan berupa permukaan tanah miring.

Terasering Panyaweuyan berada di Desa Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka. Terasering Panyaweuyan cocok bagi Anda yang punya hobi fotografi, lho. Di sini Anda bisa membidik perpaduan panorama hijaunya perbukitan, langit, dan cerahnya sinar matahari.

6 dari 6 halaman

Paralayang Gunung Panten

Paralayang Gunung Panten terletak di Kelurahan Munjul Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Lokasi wisata ini tak jauh dari pusat kota yaitu kurang lebih 7 km. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati panorama Kota Majalengka dari ketinggian. Tak cuma itu, panorama Gunung Ciremai juga terlihat jelas dari ketinggian lokasi ini.

Seperti namanya, Paralayang Gunung Panten menawarkan pengalaman paralayang bagi pengunjung yang ingin mencoba terbang di ketinggian. Tempat ini berada di tengah hutan lindung, sehingga pengunjung dapat menikmati kesejukannya.