Sukses

6 Cara Agar Tidur Tetap Nyenyak Walau Hidung Tersumbat

Liputan6.com, Jakarta Flu atau pilek merupakan salah satu kondisi yang menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Selain flu, penderita sinusitis juga kerap mengalami hidung tersumbat yang sangat mengganggu. Ya, hidung tersumbat sering kali membuat penderitanya menjadi sulit bernapas dengan lega. 

Hal ini akan membuat aktivitas mu menjadi terganggu karena kerja napas menjadi tidak stabil. Salah satu kegiatan yang membuat kamu merasa tidak nyaman dengan hidung tersumbat ini adalah saat tidur. Ya, kamu tidak akan bisa tidur dengan nyenyak apabila hidung sedang tersumbat.

Nah, berikut ini Liputan6.com, Jumat (2/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidur kamu tetap nyenyak walau hidung sedang tersumbat.

2 dari 7 halaman

Menghirup Uap

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak saat hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap dari rebusan herbal yang memiliki aroma khas, seperti thyme dan mint.

Cara membuat uap dari rebusan herbal ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memasukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin ke dalam mangkuk. Lalu seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung kamu terasa lebih baik.

Apabila kamu sulit menemukan teh thyme, kamu bisa menggantikannya dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

3 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan yang Hangat

Cara selanjutnya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak saat hidung tersumbat adalah dengan mengonsumsi makanan yang hangat. Salah satu makanan yang bisa kamu coba adalah sup hangat. Nah, saat kamu mengonsumsi makanan hangat ini, pasti kepala kamu cenderung condong ke depan agar dekat dengan mangkuk sup.

Cara ini secara langsung dapat membuat lendir mudah keluar. Hal ini dikarenakan uap yang keluar dari sup bisa membantu melancarkan proses pengeluarannya.

Selain itu, semangkuk sup hangat bisa memberikan efek sugesti emosi yang positif sehingga tubuh menjadi lebih rileks, pikiran menjadi lebih tenang. Apabila kamu tak sempat membuat sajian sup hangat, kamu bisa melakukan cara yang lebih mudah, yaitu dengan membuat secangkir teh hangat yang dicampurkan dengan masu atau campuran air jahe dan madu.

4 dari 7 halaman

Kompres Hidung dengan Handuk Hangat

Cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres bagian dahi dan hidung. Meanruh kompres hangat di dahi dan hidung merupakan cara yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada kondisi hidung tersumbat.

Kompres hangat ini bisa melegakan hidung dan membuat lendir menjadi lebih mudah dilkeluarkan. Selain itu, kompres hangat juga bisa membuat kamu menjadi lebih rileks.

Nah, untuk membuat kompres hangat ini kamu bisa membuatnya dengan jahe. Caranya, rebus beberapa irisan jahe lalu rendan kain lembut ke dalam air rebusan tersebut. Kamudian letakkan kain tersebut pada hidung yang mampet. Cara merendam kain dalam air rebusan jahe panas akan memberikan efek hangat yang bisa bertahan lebih lama dan dapat menyingkirkan hidung tersumbat.

5 dari 7 halaman

Pijat Bagian Hidung

Melakukan pijat pada bagian hidung merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Memijat bagian hidung bisa meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di dalamnya.

Kamu bisa melakukan pijatan dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik. Ulangi cara ini beberpa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan.

6 dari 7 halaman

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menempel di belakang tenggorokan. Apalagi bagi kamu yang sedang dalam kondisi hidung tersumbat disertai dengan gejala nyeri tenggorokan atau batuk, larutan garam ini dapat membantu menghilangkan kuman dan memabntu meredakan gejalanya.

7 dari 7 halaman

Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Meletakkan kepala lebih tinggi dari tubuh saat tidur bisa membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena lendir. Kamu bisa menggunakan satu bantal tebal atau beberapa tumpuk bantal tipis untuk membuat posisi kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman selama tidur.

Hindari tidur dengan posisi kepala dan tubuh berbaring lurus. Cara ini hanya akan membuat saluran tetap tersumbat, dan tidur kamu menjadi tidak nyaman.

Loading
Artikel Selanjutnya
12 Makanan yang Bisa Redakan Pilek, Mudah Didapat