Sukses

Ciri-Ciri Bebek dan Cara Membedakan Antara yang Jantan dan Betina

Liputan6.com, Jakarta Bebek merupakan istilah umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae yang mana disana juga termasuk angsa dan itik. Walaupun termasuk ke dalam satu famili, ciri-ciri bebek, angsa, dan itik memiliki beberapa perbedaan.

Bebek bisa kamu temukan di perairan air tawar maupun air laut. Ciri-ciri bebek yang paling utama adalah memiliki leher yang panjang namun tak sepanjang angsa. Bentuknya yang membulat, dan sangat menyukai air.

Bebek berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya, bebek berkembang biak setahun sekali atau disesuaikan dengan jenisnya masing-masing. Bebek merupakan salah satu unggas yang tidak mengerami telurnya sendiri. Walaupun begitu, bebek dapat menghasilkan telur yang lebih banyak.

Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang bebek, berikut Liputan6.com, Jumat (2/8/2019) telah mengulas seputar ciri-ciri bebek yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Ciri-ciri Bebek Secara Umum dan Fungsinya

Memiliki Paruh Berbentuk Sudu

Ciri-ciri bebek yang pertama adalah memiliki bentuk paruh sudu. Bentuk paruh seperti yang dimiliki pada bebek ini berfungsi untuk memudahkannya dalam mencari makanan di lumpur. Paruh dengan bentuk sudu ini juga dimiliki oleh mentok.

Memiliki Leher yang Panjang

Ciri-ciri bebek lainnya adalah memiliki leher panjang yang berfungsi untuk memudahkannya dalam mengais makanan di air.

Kakinya Berselaput

Pada bebek memiliki kaki berselaput yang berfungsi untuk memudahkannya dalam berenang.

Bulunya Berlapis Lilin

Ciri-ciri bebek yang unik adalah memiliki bulu berlapiskan lilin. Hal ini memiliki fungsi guna agar bebek tidak basah saat berenang. Pada bebek betina memiliki warna bulu yang sedikit kusam dan memiliki corak bintik-bintik.

Tidak Mengerami Telurnya

Bebek merupakan salah satu ungags yang bisa dikatakan malas atau jarang mengerami telurnya. Namun demikian, dengan bebek jarang mengerami telurnya maka bebek tersebut akan menghasilkan telur yang lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Bebek Pedaging dan Petelur

Ciri-ciri Bebek Pedaging

1. Memiliki tubuh yang cukup besar dibandingkan dengan jenis bebek lainnya.

2. Ciri-ciri bebek pedaging membutuhkan asupan makanan yang mengandung gizi tinggi.

3. Pertumbuhan bebek pedaging terbilang sangat cepat.

Ciri-ciri Bebek Petelur

1. Memiliki tubuh yang terbilang kecil dibandingkan dengan bebek pedaging.

2. Pada bebek petelur jalnnya tegak.

3. Memiliki leher yang panjang. Namun ada juga bebek petelur yang memiliki leher pendek.

4. Bebek petelur suka reproduksi.

5. Bebek petelur mulai memproduksi telurnya pada umur 6-7 bulan.

4 dari 5 halaman

Ciri-ciri Bebek yang Akan Bertelur

Rontok Bulu Halusnya

Ciri-ciri bebek yang akan bertelur kadang mengalami bulu kapas atau bulu halus yang rontok. Sedangkan pada bebek yang bulu sayapnya telah pecah maka itu pertanda tidak lama lagi akan bertelur.

Bulu halus pada bebek ini biasanya digunakan sebagai alas bertelur bebek sehingga telur akan tetap terjaga suhunya. Namun perlu diperhatikan bahwa, tidak selamanya bulu yang rontok menandakan bebek akan bertelur.

Bisa saja itu merupakan salah satu tanda bebek sedang stress karena perubahan lingkungan dan pakannya. Ya, pakan yang mengandung kadar garam tinggi ataupun urea bisa menyebabkan bulu bebek menjadi rontok.

Nafsu Makan Turun Namun Tetap Sehat

Bebek yang akan bertelur juga biasanya ditandai dengan penurunan nafsu makan. Namun penurunan makan bebek ini justru memberikan manfaat, dimana bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh bebek yang dapat mengganggu pelepasan telur di saluran reproduksi bebek.

Gaduh Padahal Tidak Ada Gangguan

Ciri-ciri bebek yang akan bertelur juga biasanya kerap bersuara di malam hari tanpa sebab. Gangguan pada bebek betina ini disebabkan karena satu betina mulai rebut. Nah, tingkah laku inilah yang nantinya akan diikuti oleh bebek lainnya sehingga kandang menjadi ramai. Diduga hal ini dikarenakan pengaruh psikologis bebek akibat kenaikan jumlah hormone.

Perkawinan Semu

Ciri-ciri bebek yang akan berletur selanjutnya adalah akan terjadi perkawinan semu antara sesama bebek betina. Hal ini dikarenakan hormone juga mempengaruhi alat reproduksi bebek sehingga basah, melebar, dan butuh rangsangan.

Mengorek Tanah

Sesuai dengan namurinya di alam, bebek juga masih memiliki naluri untuk membuat sarang walaupun naluri mengeramnya sudah hilang. Bebek yang akan bertelur sering ditemukan mengaduk-aduk alas kandangnya dan membuat lubang di tanah.

Hal ini dikarenakan keterbatasan lahan kandang, maka sarang bebek dipemeliharaan intensif memiliki keterbatasan material dan tidak seperti di alam liar yang terdiri dari ranting, rumput, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Bedanya Bebek Jantan dan Betina

Tak banyak orang yang mengetahui pembeda antara bebek jantan dan betina. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri bebek untuk menentukan mana yang jantan dan betina:

1. Bebek memiliki bulu yang beragam, baik pada bebek jantan maupun betina. Namun untuk bebek betina sendiri memiliki warna yang terlihat agak kusam dan memiliki corak bintik-bintik pada bulunya.

2. Cara membedakan bebek jantan dan betina selanjutnya adalah dengan melihat bagian bulu ekornya. Pada bebek jantan memiliki bulu ekor agak melengkung atau bengkok ke atas. Sedangkan pada bebek betina, bulu ekornya terlihat normal atau biasa.

3. Cara membedakan selanjutnya bisa kamu lihat dari ukuran bebeknya. Pada bebek betina memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan bebek jantan yang dimana bebek jantan memiliki tubuh yang lebih besar.

4. Pada bebek jantan memiliki suara yang lebih kecil sedangkan pada bebek betina memiliki suara yang lebih keras.