Sukses

5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Melinjo merupakan buah yang sering dijadikan campuran sayur asam. Salah satu sayuran dengan rasa agak pahit ini tak hanya bijinya saja yang bisa dimakan, bahkan kulitnya kerap diolah menjadi camilan atau tambahan lauk.

Jika sering makan sayur asam atau emping, maka mungkin kamu tidak akan asing lagi dengan melinjo. Emping memang merupakan salah satu makanan yang sumber utamanya dari melinjo. Seringkali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kulit melinjo ternyata memiliki beragam manfaat.

Manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya. Bahkan kulit melinjo ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit asam urat yang seringkali mendera.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/8/2019) tentang manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tubuh. 

2 dari 6 halaman

Menjaga Kepadatan Tulang dan Gigi

Dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi, biasanya banyak orang yang memilih mengonsumsi susu. Namun ternyata, hal ini juga bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kulit melinjo.

Kalsium dan fosfor yang terdapat pada kulit melinjo bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi serta dapat mencegah osteoporosis. Mengonsumsi jenis sayur satu ini secara ruitn akan membuat asupan kalsium di dalam tubuh menjadi terpenuhi.

3 dari 6 halaman

Mencegah Asam Urat

Selanjutnya, kulit melinjo juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah asam urat. Tentunya hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya. Hal ini disebabkan karena biji buah melinjo merupakan salah satu penyebab asam urat.

Ternyata beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa pada kulit melinjo mampu menghambat gangguan asam urat. Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya agar lebih aman.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kulit melinjo memiliki senyawa yang mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim (pensintesis asam urat). Dengan demikian, kulit melinjo bisa menjadi obat asam urat yang ampuh.

4 dari 6 halaman

Mencegah Peradangan Pada Kulit

Di dalam kulit melinjo, terdapat zat mineral seng yang mampu meningkatkan sel darah putih. Hal ini tentu saja baik untuk mencegah peradangan serta mempercepat penyembuhan luka. Jerawat bisa menjadi luka di permukaan wajah, oleh karena itu melinjo dan kulitnya juga baik untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, karena mengandung beta karoten, maka kulit melinjo memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata, mengurangi risiko bahkan mencegah penyakit kanker, menurunkan risiko terjadinya stroke, dan dapat berfungsi sebagai antinyeri serta antiradang.

5 dari 6 halaman

Antioksidan

Biasanya, antioksidan atau penangkal radikal bebas mudah ditemukan dari buah jeruk karena mengandung vitamin C. Padahal, kulit melinjo bisa dikonsumsi sebagai cara memenuhi antioksidan di dalam tubuh karena mengandung vitamin C dan likopen yang juga berlimpah.

Selain dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan, likopen pada kulit melinjo yang berperan sebagai antioksidan dengan demikian dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, katarak, penuaan kulit, bahkan dapat membantu meningkatkan kesuburan.

6 dari 6 halaman

Memperbaiki Kerja Otot

Selain kalsium dan vitamin C, kulit melinjo mengandung protein yang dapat digunakan tidak hanya untuk memperbaiki kerja, tapi juga membentuk otot. Bila kamu ingin membentuk beberapa bagian otot tertentu dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi kulit melinjo. Sebagai salah satu sayuran, tentunya hal ini lebih alami dan menyehatkan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kulit melinjo untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.