Sukses

Arkeolog Ini Ubah Wajah Manusia Purba Jadi Masa Kini, 6 Hasilnya Bikin Takjub

Seorang arkeolog buat replika manusia purba jadi manusia masa kini.

Liputan6.com, Jakarta Masa pra-sejarah merupakan salah satu perjalanan evolusi manusia sebelum mengenal teknologi. Manusia-manusia yang hidup pada masa itu disebut sebagai manusia purba. Mereka diperkirakan hidup sekitar 500.000 tahun yang lalu. 

Dari sisi penampakan dan struktur tengkorak, manusia purba memiliki perbedaan dari manusia masa kini. Di beberapa negara banyak yang menyimpan replika-replika manusia purba yang diletakkan di museum. Biasanya hal ini dilakukan untuk tujuan studi maupun penelitian. 

Seorang arkeolog Oscar Nilsson membuat hasil karya unik berdasarkan manusia purba yang telah lama ia geluti. Menjadi arkeolog sekaligus pematung, Oscar membuat replika wajah para manusia purba yang kemudian diubah menjadi manusia masa kini. Hasilnya pun menakjubkan. 

Berikut ini 6 hasil karya dari Oscar Nilsson yang berhasil ubah manusia purba jadi manusia masa kini dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Minggu (4/8/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ini adalah sosok Huarmey Queen yang fosilnya ditemukan di Peru pada tahun 2012 lalu. Oscar mengubah kerangka fosilnya menjadi sosok manusia pada masa kini.

3 dari 7 halaman

2. Diperkirakan wanita ini hidup di gua pada 5.500 tahun yang lalu. Dari Penelitiannya, ia diduga meninggal di usia ke-20 tahun. Kira-kira beginilah penampakan wajah gadis tersebut.

4 dari 7 halaman

3. Ia adalah Adelasius Elbachus. Kerangkanya menunjukkan dirinya kekurangan gizi dan infeksi kronis. Tetapi, ia memiliki gigi yang sehat, rata dan indah. Maka dari itu Oscar membuatnya jadi tersenyum.

5 dari 7 halaman

4. Pria ini diduga adalah seorang Viking Swedia yang hidup pada awal abad XI. Menurut Oscar, pria ini meninggal pada usia 45 tahun.

6 dari 7 halaman

5. Tulang-tulang pria ini menunjukkan bahwa ia adalah orang yang sangat kuat. Berdasarkan DNA yang dikumpulkan, hasil wajahnya seperti ini nih!

7 dari 7 halaman

6. Avgi adalah seorang gadis berusia 18 tahun yang hidup 7.000 tahun yang lalu. Setelah dibuat, kira-kira begini wajah Avgi kalau hidup pada masa modern berdasarkan tengkoraknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.