Sukses

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Pertanda Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu cara paling tepat untuk mengembalikan energi yang terbuang selama melakukan banyak kegiatan dalam seharian penuh. Ya, kamu bisa melampiaskan rasa lelah dengan tidur. Tidur sangat penting untuk fungsi normal tubuh manusia.

Tidur bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang dan sangat penting untuk berfungsinya sistem tubuh manusia keseluruhan secara normal, termasuk sistem kekebalan tubuh. Tentunya untuk medapatkan ini semua dibutuhkan kualitas tidur yang baik.

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Umumnya orang dewasa perlu mendapatkan durasi tidur selama 7 hingga 9 jam dan 9 hingga 10 jam untuk remaja. Maka tak heran beberapa orang kerap melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik untuk bisa mendapatkan kondisi tubuh yang sehat.

Namun, di tengah-tengah proses tidur atau saat tidur tanpa disadari kamu kerap memiliki kebiasaan yang sering dilakukan baik sebelum, saat, dan sesudah tidur. Beberapa kebiasaan kerap dianggap sepele. Padahal, siapa sangka kalau kebiasaan tidur yang umum terjadi atau dirasakan manusia ini ternyata salah satu tanda kamu mengalami masalah kesehatan.

Berikut Liputan6.com, Senin (5/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan tidur yang sering dilakukan. Kebiasaan yang baik tanpa sadar atau sadar dilakukan ini ternyata merupakan tanda kamu sedang memiliki masalah kesehatan.

2 dari 6 halaman

Mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu kebiasaan yang tanpa sadar sering terjadi saat sedang tidur. Ternyata dari mendengkur ini manandakan adanya risiko mengalami stroke penyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular sendiri adalah gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah. Terkadang seseorang tak pernah menyadari kalau dirinya sedang mendengkur.

Umumnya, orang yang mendengkur ditandai dengan mulut terasa kering saat bangun di pagi harinya karena kerap bernapas melalui mulutnya. Nah, kalau kamu sering mendengkur maka tak heran kalau kamu sering mengalami cepat letih dan mengantuk di siang hari.

3 dari 6 halaman

Mengigau

Mengigau merupakan kondisi di mana seseorang bisa jalan sambil tertidur. Hal ini bisa terjadi karena adanya pengaruh obat-obatan tertentu atau stres yang berlebihan.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, kamu bisa menghindari mengonsumsi alkohol sebelum tidur karena dapat memicu terjadinya kondisi ini terjadi lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kebiasaan ini dengan menenangkan diri sejenak sebelum tidur.

4 dari 6 halaman

Kepala Terasa Nyeri saat Bangun Tidur

Banyak faktor yang menyebabkan kepala kamu terasa nyeri saat bangun tidur. Salah satu di antaranya adalah sakit kepala yang terjadi karena tekanan yang tinggi di kepala.

Penyebab terjadinya tekanan tinggi di kepala ini biasanya karena posisi tidur yang tidak nyaman, atau posisi bantal yang terlalu tinggi. Faktor penyebab lainnya adalah kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur lelap.

5 dari 6 halaman

Kesulitan untuk Tidur

Sulit untuk langsung tertidur merupakan salah satu tanda tubuh kalau kamu kekurangan zat besi. Ada sebutan bagi seseorang yang sedang mengalami kondisi ini adalah insomnia.

Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, kamu bisa rajin untuk mengonsumsi sayur bayam, telur atau cokelat agar masalah ini bisa segera teratasi.

6 dari 6 halaman

Banyak Bergerak

Tanpa disadari saat sedang tidur ternyata kamu pernah melakukan sebuah gerakan. Ya, pergerakan tubuh yang terjadi selama tidur bukan sesuatu hal yang aneh dan memang umum terjadi. Tetapi pada gerakan saat tidur yang berlebihan bisa saja menandakan ada sebuah masalah kesehatan yang sedang terjadi pada tubuhmu.

Gerakan yang berlebihan saat tidur biasanya menunjukkan tanda-tanda dari penyakit restless legs syndrome atau sindrom kaki gelisah. Hal ini mengakibatkan kamu menjadi banyak melakukan pergerakan pada kaki.

Umumnya, batas normal waktu tertidur seseorang adalah 15 menit. Kalau kamu melewati atau melebihi batas waktu tersebut hingga setengah jam, ini memberikan kemungkinan besar kalau kamu sedang insomnia.

Untuk menghindari ini terjadi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dapat membuat tubuh lebih mudah terlelap.