Sukses

Sering Disepelekan, Ini Dampak Negatif Smartphone pada Kulit Wajah

Banyak jurnal ilmiah yang menyebutkan bahwa smartphone adalah salah satu barang yang kotor.

Liputan6.com, Jakarta Dengan adanya smartphone di era perkembangan teknologi, kini setiap orang dipermudah untuk berkomunikasi dan bersosialisai lewat situs-situs jejaring sosial yang bisa langsung diakses di smartphone. Hampir seluruh kalangan, baik tua maupun muda menjadi ketergantungan dengan benda yang satu ini.

Namun, di balik segala kemudahan dan keuntungan yang diberikan, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit wajah.

Saat ada panggilan telepon, smartphone akan ditempelkan pada telinga dan menempel pada kulit wajah. Smartphone yang kamu pegang sehari-hari bisa saja menjadi sumber bakteri. Bakteri-bakteri tersebut dapat berpindah dari layar smartphone ke kulit wajah dan menjadi salah satu penyebab dampak negatif pada kulit wajah. Tak heran, jika cenderung mengalami masalah kulit seperti jerawat.

Bahkan sudah banyak jurnal ilmiah yang menyebutkan bahwa ponsel bisa menjadi barang yang amat kotor melebihi toilet umum. Berikut beberapa dampak negatif smartphone pada kulit wajah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jerawat

Saat melakukan panggilan telepon, bakteri yang ada di samrtphone bisa berpindah ke kulit wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat. Selain itu kotoran yang ada di layar smartphone juga bisa menempel di kulit wajah yang akan semakin memperparah jerawat maupun masalah kulit lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Bintik Hitam

Bahaya smartphone lainnnya selain menyebabkan jerawat adalah bisa menyebabkan bintik hitam di wajah jika menelepon tanpa menggunakan handsfree. Apalagi ponsel yang panas karena terlalu lama dipakai, bisa mengacaukan produksi melanin di kulit wajah yang bisa menyebabkan bintik-bintik hitam dan masalah kulit lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Alergi

Jika kulit wajah memerah, bisa jadi anda terlalu sering bersentuhan dengan smartphone. Bahkan menurut penelitian yang penah dilakukan, kandungan kromium dan nikel pada case smpartphone bisa menyebabkan reaksi dermatitis pada kulit atau lebih akrab dikenal dengan alergi.

5 dari 6 halaman

4. Kerutan

Wanita pastinya perlu mewaspadai bahaya smartphone yang satu ini. Sebab, terus menerus menatap layar smartphone bisa membuat keriput pada kulit wajah terutama bagian bawah dagu dan leher. Selain itu, menatap ponsel dengan menyipitkan mata, seperti saat membaca pesan singkat atau pada waktu lama akan menyebabkan kerutan disekitar ujung mata dan akan membuat mata lelah.

6 dari 6 halaman

5. Lingkaran Hitam

Bahaya smartphone juga bisa disebabkan oleh adanya lampu LED pada ponsel. Cahaya lampu berwarna biru ini ternyata bisa mengganggu tidur seseorang. Lampu LED ini bisa mengganggu ritme tidur yang bisa mengakibatkan adanya lingkaran hitam di mata. Itulah sebabnya disarankan untuk menjauhkan smartphonne dari posisi tidur di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.