Sukses

4 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak, Orangtua Wajib Tahu

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak wajib diketahui oleh orang tua.

Liputan6.com, Jakarta Gadget saat ini telah menjadi salah satu barang yang begitu penting bagi setiap orang. Tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, gadget sekarang juga sudah menjadi salah satu barang yang digunakan oleh anak-anak.

Bahkan tidak mengherankan saat seorang anak kecil sudah mahir menggunakan gadget baik untuk sekedar menonton youtube atau bermain game. Namun banyak orang tua yang lalai dalam mengatasi risiko anak kecanduan gadget.

Padahal banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan saat kecanduan gadget, terutama untuk anak-anak. Apalagi gadget dapat mengakses banyak hal dan di internet tersebar semua hal yang sedikit banyak memiliki pengaruh negatif untuk anak.

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak wajib diketahui oleh orang tua. Dengan membatasi penggunaan gadget, anak dapat dicegah dari segala risiko yang ada saat kecanduan gadget. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019) tentang cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memberikan Contoh yang Baik

Cara mengatasi kecanduan gadget yang pertama adalah memberikan contoh yang baik pada anak. Jika ingin anak tidak kecanduan gadget, berikan contoh yang baik ke anak. Orangtua harus membatasi diri bermain gadget. Jangan pernah berharap anak bisa jauh dari gadget jika orangtua tidak bisa jauh dari gadget.

Selalu nasehati anak agar menggunakan gadget secara bijak. Berilah contoh kapan anak boleh bermain gadget dan kapan ia harus menaruh gadgetnya. Cara satu ini tentunya akan ampuh, karena orang tua merupakan panutan bagi anaknya.

Dengan menunjukkan contoh yang baik, maka secara tidak langsung orang tua sudah mengantarkan anak pada sikap yang baik pula. Karena anak senang meniru tingkah laku orang terdekatnya.

3 dari 5 halaman

Membatasi Penggunaan Gadget

Selain itu, mengatasi kecanduang gadget pada anak juga bisa dilakukan dengan membatasi penggunaannya. Usahakan untuk membatasi penggunaan gadget ke anak. Tetapkan jadwal kapan anak boleh bermain gadget dan kapan anak harus menyimpan gadgetnya.

Mintalah gadget dari anak agar ia tidak bisa memainkan gadgetnya kapan pun ia mau. Dengan begini anak juga akan lebih disiplin dan tahu kapan harus belajar dan kapan bisa menggunakan gadget-nya.

4 dari 5 halaman

Bersikap Tegas Pada Anak

Banyak orang tua yang tidak tega saat melihat anak menangis, akibatnya baru sedikit saja anak menangis orang tua sudah luluh dan memberikan kembali gadget yang ingin dimainkannya. Hal ini tidak boleh dilakukan. Kamu harus memastikan untuk bersikap lebih tegas ke anak.

Melihat anak menangis dan merengek menginginkan gadgetnya mungkin akan membuat setiap orangtua iba. Tapi sebagai orangtua kita juga harus tega dengannya demi kebaikannya. Kamu juga bisa memberikan pengertian dengan menjelaskan apa saja bahaya yang ditimbulkan bila anak terlalu sering menggunakan gadget.

5 dari 5 halaman

Perbanyak Aktivitas Anak di Luar Rumah

Cara mengatasi anak kecanduan gadget selanjutnya adalah dengan memperbanyak aktivitas anak di luar rumah. Biarkan anak beraktivitas lebih banyak di luar rumah. Anak yang memiliki lebih banyak aktivitas baik di dalam maupun luar rumah akan membuatnya enggan bermain gadget.

Ajak anak berkebun, olahraga, jalan-jalan ke taman atau bersepeda dan menikmati indahnya luar rumah. Menemani anak saat bermain maupun saat belajar merupakan hal yang sangat penting dilakukan orang tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini