Sukses

5 Tips Membeli Mesin Cuci yang Awet dan Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Membeli mesin cuci yang awet dan sesuai kebutuhan tentunya merupakan keinginan setiap orang. Apalagi mesin cuci yang akan dibeli, nantinya juga akan digunakan secara rutin dan dalam waktu yang lama.

Namun masih banyak yang bingung bagaimana cara memilih mesin cuci yang tepat dan sesuai kebutuhan. Memilih mesin cuci menjadi keraguan tersendiri bagi sebagian orang karena memikirkan kualitas dan seberapa awet mesin cuci tersebut.

Tips membeli mesin cuci yang awet dan sesuai kebutuhan ini dapat dijadikan referensi agar tidak salah memilih. Dengan mengikuti tips membeli mesin cuci ini, kamu bisa memilih mesin cuci dengan lebih efektif tanpa banyak keraguan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips membeli mesin cuci dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019).

2 dari 6 halaman

Harga Mesin Cuci

Tips membeli mesin cuci yang pertama adalah mengetahui harga mesin cuci yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan dan menimbang anggaran yang perlu disediakan.

Lebih baik usahakan untuk membeli mesin cuci yang memang sudah terbukti kualitasnya dan menunggu sebentar sampai tabunganmu mencukupi, daripada asal membeli dengan harga murah namun nantinya malah tidak awet atau cepat rusak. Menentukan anggaran yang kamu miliki untuk membeli mesin cuci tentunya hal yang paling utama yang harus dipertimbangkan.

Dalam hal harga ini, kamu juga harus pintar-pintar mencari tempat membeli mesin cuci. Sebaiknya pilih toko penjualan barang elektronik yang sudah terpercaya agar kamu tidak membeli mesin cuci dengan harga yang dipatok mahal atau adanya berbagai kekurangan pada komponen mesin cuci.

3 dari 6 halaman

Jenis Mesin Cuci

Tips membeli mesin cuci yang kedua adalah memilih jenis mesin cuci sesuai kebutuhan. Sekarang ini ada 2 jenis mesin cuci, yaiut mesin cuci top load dan mesin cuci front load.

Untuk kamu yang ingin membeli mesin cuci untuk keperluan sehari-hari di rumah dengan keluarga kecil, sebaiknya pilih yang top load. Namun bila kamu ingin membuka usaha laundry, mesin cuci front load akan menjadi yang terbaik. Hal ini karena, mesin cuci jenis front load memiliki kemampuan untuk membersihkan pakaian dalam jumlah yang banyak.

4 dari 6 halaman

Kapasitas Mesin Cuci

Selanjutnya, pastikan mesin cuci yang kamu inginkan memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Mempertimbangkan kapasitas mesin cuci ini sangat penting karena nantinya juga berpengaruh pada harga dan daya listrik yang digunakan oleh mesin cuci.

Semakin besar kapasitas mesin, maka harga dan daya listrik juga akan semakin besar. Kamu bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas 6 kilogram bila digunakan hanya untuk 1-3 orang saja.

Sedangkan pilihlah mesin cuci berkapasitas 8 kilogram bila harus mencuci lebih dari 4 pakaian. Hal ini dapat menghemat pengeluaran dan daya listrik yang terpakai nantinya.

5 dari 6 halaman

Daya yang Dibutuhkan Mesin Cuci

Sebagai salah satu barang elektronik yang bekerja dengan mengandalkan daya listrik, tentunya kamu harus mempertimbangkan penggunaan daya listrik ini. Semakin besar daya yang digunakan oleh mesin cuci, semakin tinggi pula tagihan listrik yang harus dibayar.

Pilihlah mesin cuci yang hemat pemakaian daya listrik. Saat ini, ada beberapa brand yang mengeluarkan produk mesin cuci berjenis eco yang lebih ramah lingkungan dan hemat daya listrik.

6 dari 6 halaman

Pertimbangkan Lama Garansi

Tentunya tidak ada yang dapat menjamin barang elektronik, khususnya mesin cuci yang kamu beli bisa awet atau tahan sampai 5 tahun ke depan. Oleh karena itu, penting sekali rasanya untuk mempertimbangkan lama garansi.

Dengan adanya garansi, setidaknya kamu bisa lebih aman dengan barang yang telah dibeli bila ada masalah atau terjadi kerusakan.