Sukses

Jenis Baut yang Sering Digunakan dan Perbedaannya dengan Sekrup

Liputan6.com, Jakarta Jenis baut mungkin masih jarang diketahui kebanyakan orang. Bahkan mungkin perbedaan antara baut, sekrup dan mur saja masih banyak juga yang tidak mengetahuinya. Padahal barang-barang ini banyak sekali digunakan dalam peralatan sehari-hari. 

Pada intinya, baut atau sekrup maupun mur merupakan suatu benda yang berfungsi untuk menyambungkan atau menyatukan berbagai komponen pada suatu barang. Bila kamu salah menggunakan baut, tentunya suatu benda yang ingin disambungkan tidak bisa tersambung.

Jenis baut perlu diketahui agar bisa membedakannya dan memanfaatkan fungsinya dengan tepat. Apalagi jenis-jenis baut ini juga memiliki berbagai macam manfaat yang berbeda masing-masingnya. Baut memiliki berbagai tipe yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk kepala dari baut itu sendiri dan dari penggunaannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019) tentang jenis baut

2 dari 4 halaman

Perbedaan Baut dan Sekrup

Sebelum mengetahui berbagai jenis baut, kamu wajib terlebih dahulu mengenal perbedaan antara baut dan sekrup. Meski memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk mengikat komponen demi komponen menjadi bentuk yang utuh, namun ada beberapa perbedaan antara baut dan sekrup, diantaranya adalah:

- Perbedaaan ulir

Perbedaan pertama dapat dilihat dari ulirnya. Baut memiliki ulir yang tidak penuh, maksudnya disini ulir pada baut tidak sampai pada kepala baut. Sedangkan sekrup memiliki ulir yang penuh mencapai kepala sekrup.

- Perbedaan bentuk kepala

Selain itu, bentuk kepala baut dan sekrup juga memiliki perbedaan. Pada umumnya baut tidak menggunakan obeng dalam penggunaannya, tapi menggunakan kunci. Sedangkan sekrup menggunakan obeng dalam penggunaannya.

- Penggunaan Mur

Dan perbedaan berikutnya adalah pada pengunaan mur. Baut biasanya dilengkapi dengan mur untuk menguatkannya, sedangkan sekrup tidak menggunakan benda kecil tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Jenis Baut

Square Head Bolts

Square head bolts merupakan baut yang memiliki kepala berbentuk segi empat. Baut ini cukup sering digunakan dan ditemui di kehidupan sehari-hari. Biasanya jenis baut ini digunakan pada industri berat dan pekerjaan konstruksi.

Carriage bolt

Jenis baut selanjutnya adalah Carriage bolt. Baut jenis ini memiliki bentuk kepala seperti kubah dan pada bagian bawah kubah atau pada lehernya berbentuk segi empat. Bentuk leher persegi ini memiliki fungsi untuk mempererat komponen yang disambungkan.

Nantinya baut jenis ini akan menekan masuk ke dalam kayu sehingga menghasilkan ikatan kuat. Biasanya jenis baut satu ini banyak digunakan pada komponen berjenis kayu. 

Hex Bolt

Jenis baut yang sering digunakan selanjutnya adalah Hex bolt. Hex bolt memiliki ciri-ciri yaitu kepala yang membentuk segi enam. Jenis baut satu ini biasanya bisa ditemukan pada pekerjaan konstruksi hingga berbagai perbaikan.

Beberapa baut tipe hexagonal ada yang dilengkapi dengan flange atau plat pada bagian bawah kepalanya. Flange pada baut ini berfungsi sama seperti baut yang menggunakan washer. Bahan pembuat baut satu ini biasanya mulai dari besi hingga baja.

U Bolt

Jenis baut selanjutnya adalah Baut U atau U bolt. Seperti namanya, baut ini memiliki bentuk seperti huruf U. Biasanya baut jenis ini digunakan untuk kebutuhan pipa gas atau pipa air.

Selain itu, baut U juga bisa digunakan untuk menahan pegas daun pada poros sumbu kendaraan, dan pada sistem pembuangan atau knalpot.

4 dari 4 halaman

Stud Bolt

Stud bolt atau baut tanam merupakan jenis baut yang tidak memiliki kepala pada kedua bagian ujungnya. Ujung baut ini hanya berbentuk ulir saja. Biasanya salah satu ulit baut ini akan ditanam pada bagian komponen.

Stud bolt diaplikasikan di sejumlah industri untuk dipasangkan dengan suku cadang, peralatan industri, dan perlengkapan mesin. Jenis baut ini tersedia dalam berbagai ukuran dan penggunaannya dikombinasikan dengan mur.

Point head bolt

Pada baut tipe point head bolt ini memiliki bagian grip dan ulir yang ukuran diameternya sama atau sejajar. Pada bagian atas kepala baut ini memiliki 12 ridges yang melingkar lurus ke bawah ke arah ulirnya. Diantara bagian ridges dan ulir ini dibatasi dengan bahu.

Hex socket head bolt

Jenis baut satu ini memiliki kepala yang di dalamnya terdapat lubang berbentuk segi enam atau hexagonal. Bedanya dengan Hex Bolt, jenis baut ini  Baut tipe ini dapat digunakan pada tempat atau lubang yang memiliki ukuran kecil karena ukuran dari kepala baut ini memiliki ukuran yang kecil.

Hexalobular hole bolt

Jenis baut ini juga sering disebut sebagai baut bintang. Hal ini karena baut jenis ini memiliki kepala yang bagian dalamnya terdapat lubang berbentuk seperti bintang, karena itulah pada umumnya baut tipe ini sering disebut dengan baut bintang.

Jadi begitulah beberapa jenis baut yang sering digunakan. Kamu perlu mengetahui jenis baut ini agar bisa menggunakanya dengan pas dan tidak salah.