Sukses

5 Tempat Wisata Alam di Jakarta, Cocok untuk Hilangkan Penat

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Jakarta bisa menjadi alternatif destinasi rekreasi di ibukota. Selama ini orang menganggap Jakarta sebagai kota metropolitan dengan gedung pencakar langit yang menjulang. Banyak yang menganggap bahawa tak ada tempat wisata alam di Jakarta. 

Padahal, jika menilik lebih dalam, Anda dapat menjumpai tempat wisata alam di Jakarta. Masih dalam wilayah administrasi Jakarta, tempat wisata alam di Jakarta ini dapat berupa taman, pantai, hingga wisata bahari.

Taman kota yang ada di Jakarta juga menarik dikunjungi karena pepohonan rindang yang dimiliki. Pantai-pantai dan wisata bahari di Kepulauan Seribu juga merupakan pilihan tepat untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Mengunjungi tempat wisata alam di Jakarta ini bisa menjadi penghilang penat pikiran. Tak perlu menempuh perjalanan jauh hingga ke Puncak Bogor atau Bandung, tempat wisata alam di Jakarta sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan rekreasi rutin.

Berikut 5 tempat wisata alam di Jakarta yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(5/8/2019).

2 dari 6 halaman

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan danau dimana airnya berasal dari Sungai Ciliwung dan saat ini digunakan sebagai tempat wisata alam di Jakarta bagi warga sekitar. Setu Babakan juga merupakan Pusat Perkampungan Budaya Betawi yang dilestarikan oleh pemberintah.

Di sini terdapat beragam pohon khas seperti Mangga, Palem, Melinjo, Rambutan, Jambu, Pandan, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol. Tak cuma wisata alam, di Setu Babakan Anda juga akan menemukan wisata budaya Betawi yang amat kental.

3 dari 6 halaman

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu masuk dalam wilayah administrasi DKI Jakarta. Wilayah ini merupakan destinasi wisata alam Jakarta yang begitu popoler. Kepulauan Seribu menawarkan keindahan gugusan pulau yang eksotis. Berikut beberapa wisata alam di Kepulauan Seribu:

Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Fasilitas yang dimiliki oleh pulau Tidung juga terbilang lengkap. Di sini Anda dapat menemui perkampungan penduduk ddengan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan serta toilet dengan air bersih.

Pulau Pari

Pulau ini memiliki hamparan pasir pantai yang putih bersih dan lembut. Makin lengkap dengan air lautnya yang sangat bening, sehingga Anda bisa melihat kehidupan di bawah laut tanpa perlu menyelam. Pulau Pari ini merupakan wisata andalan saat berkunjung ke Pulau Seribu. Tak hanya pantainya yang memukau, pulau ini juga digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut.

Pulau Pramuka

Di sini Anda tak hanya menikmati keindahan bawah lautnya saja, melainkan juga bisa melihat penangkaran salah satu satwa langka yang dilindungi, yaitu penyu sisik. Di sini Anda juga bisa melihat beberapa budidaya aneka jenis ikan. Ya, Anda bisa melihat beberapa budidaya seperti ikan bawal, bandeng, kerapu, hingga hiu.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan daratan Jakarta. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer, sehingga wisatawan yang datang ke pulau ini masih bisa melihat gedung-gedung bertingkat yang terlihat seperti miniatur dari kejauhan.

4 dari 6 halaman

Taman Suropati

Di tengah Jakarta Anda juga masih dapat menikmati hijau pepohonan dari Taman Suropati. Taman ini merupakan taman yang penting di Jakarta karena terdapat enam monumen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Taman Suropati menjadi salah satu paru-paru kota Jakarta yang cocok sebagai tujuan rekreasi. Selain menikmati hijaunya pepohonan, taman yang terletak di Jl. Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat ini menawarkan beragam kegiatan seru seperti jogging atau sekadar nongkrong menikmati kuliner.

5 dari 6 halaman

Taman Situlembang

Taman Situ Lembang adalah sebuah taman kota yang terletak di pusat Jakarta. Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Di taman ini terdapat fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak.

Taman Situlembang merupakan waduk subsistem kali Cideng, untuk menampung air dari sumber-sumber di sekitarnya. Taman ini terus dikembangkan sebagai rekreasi alam dengan adanya empat buah air mancur yang dipenuhi dengan bunga teratai, serta lapak pemancingan.

6 dari 6 halaman

Pantai Ancol

Pantai Ancol menjadi andalan rekreasi alam Jakarta yang begitu mudah diakses. Pantai ini jiga menjadi pusat dermaga wisata bahari ke Kepulauan Seribu. Berbagai aktivitas rekreasi laut dapat dilakukan di pantai ini seperti ski air, memancing, wind surfing, menyelam, dan lain sebagainya.

Pada malam hari Pantai Ancol juga menjadi destinasi favorit untuk nongkrong dan bersantai. Disini pengunjung bisa bersantai menikmati hembusan angin yang membuai. Beragam kuliner juga dapat dinikmati di pantai Ancol.

Di sini tersedia banyak kafe dan restoran yang siap memanjakan pengunjung dengan menu dan suasana pantai yang menenangkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga