Sukses

Jenis Website Berdasarkan Klasifikasinya, Penting Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Jenis website bisa dikategorikan dalam berbagai bentuk. Website merupakan media yang sangat luas. Sampai sekarang, ada miliaran situs web daring, semuanya bersaing untuk mendapatkan sebagian perhatian yang diberikan orang kepada penjelajahan online mereka setiap hari. 

Ada banyak kategori jenis website yang berbeda. Jenis website dapat dikategorikan dalam hal fungsionalitas, desain, dan konten. Tiap jenis website memiliki tujuannya masing-masing. Jenis website juga dapat diklasifikasikan ke dalam banyak kategori yang lebih luas berdasarkan informasi yang diberikannya.

Situs web dapat memiliki banyak fungsi dan dapat digunakan dalam berbagai mode. Situs web dapat berupa situs web pribadi, situs web perusahaan untuk perusahaan, situs web pemerintah, situs web organisasi, dan lain sebagainya.

Mengetahui jenis website bisa membantu menentukan bentuk website seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut jenis website dari tiap kategorinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(5/8/2019).

2 dari 4 halaman

Jenis website dari jenis konten

Website statis

Situs web statis, atau 'tetap', adalah yang paling sederhana. Konten mereka tidak berubah tergantung pada pengguna, dan tidak diperbarui secara teratur. Situs web statis dibuat menggunakan kode HTML sederhana, dan biasanya hanya memberikan informasi tertentu.

Website dinamis

Situs web atau halaman web yang dinamis akan menampilkan konten yang berbeda setiap kali dikunjungi. Contohnya termasuk blog dan situs eCommerce, atau umumnya situs apa pun yang diperbarui secara berkala.

Situs web dinamis juga dapat diatur untuk menampilkan konten yang berbeda untuk pengguna yang berbeda, pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Situs web dinamis membuat pengalaman yang lebih pribadi dan interaktif bagi pengguna, meskipun mereka dapat sedikit lebih kompleks untuk dikembangkan dan dapat dimuat sedikit lebih lambat dari yang statis.

3 dari 4 halaman

Jenis website dari tingkat responsif

Statis / Tetap

Situs web tetap tidak dioptimalkan dengan baik untuk layar dengan ukuran berbeda. Website ini dibangun menjadi lebar tetap piksel. Jika Anda membuka situs web yang statis pada ponsel Anda harus memperbesar untuk melihat apa yang tertulis di setiap halaman.

Situs web statis dapat memuat sedikit lebih cepat karena kesederhanaannya. Namun mereka tidak direkomendasikan karena pengalaman pengguna yang buruk bagi mereka yang menggunakan ponsel atau tablet.

Dipercayai bahwa lebih dari 50% dari semua pencarian sekarang dilakukan di ponsel, jadi ini merupakan pertimbangan penting.

Fluid

Sebuah situs web yang dibangun dengan desain fluid atau cairan memastikan bahwa situs tersebut terlihat sama dalam hal proporsi, tidak peduli berapa ukuran layarnya. Setiap elemen situs web, seperti bilah navigasi, akan memakan ruang relatif yang sama di setiap perangkat.

Responsif

Sebuah situs web dengan desain responsif selangkah lebih maju dari fluid. Situs web dengan desain responsif adalah situs yang sepenuhnya dioptimalkan untuk ponsel dan tablet, hingga titik di mana situs web akan benar-benar terlihat berbeda di setiap perangkat.

Sangat penting bahwa situs web Anda responsif jika sebagian besar audiens Anda menggunakan perangkat selain komputer untuk melihat situs Anda, karena situs ini menawarkan pengalaman terbaik bagi para pengguna.

4 dari 4 halaman

Jenis website dilihat dari fungsinya

eCommerce

Situs web e-niaga adalah situs web tempat pengguna dapat membayar produk atau layanan online. Ini biasanya akan melibatkan satu perusahaan yang menjual ke banyak pengguna, tetapi juga dapat mengambil bentuk situs web e-commerce multi-vendor, umumnya dikenal sebagai situs web ‘marketplace’. Situs web Marketplace memungkinkan banyak vendor untuk menjual kepada pelanggan melalui situs yang sama.

Portal

Situs web portal menyatukan informasi dari banyak sumber berbeda di web. Contoh awal termasuk Aol dan Yahoo, yang menawarkan email, forum, mesin pencari, dan berita melalui beranda mereka. Portal juga dapat untuk penggunaan internal di sekolah, universitas atau perusahaan, memungkinkan siswa atau karyawan untuk mengakses email, peringatan, dan file mereka semua di satu tempat.

Social media

Social media websites are platforms which allow the sharing of images or ideas. They encourage online interaction and sharing. The most popular social media website is Facebook, with a staggering 2.07 billion active users. Other social media sites include YouTube, Twitter, Instagram and LinkedIn.

Blog dan Pribadi

Situs web pribadi telah menjadi favorit bagi orang-orang yang ingin mendokumentasikan peristiwa besar dalam hidup mereka. Bentuk lain dari website pribadi adalah blog yang telah menjadi sangat populer. Blog biasanya sering diperbarui dan posting lama dapat dilihat melalui arsip.

Berita/ Media

Tujuan utama dari situs web berita adalah untuk membuat para pembacanya selalu terbarui dengan berita terkini. Hal yang sama dapat terjadi pada situs web majalah online, sampai batas tertentu, meskipun ada lebih banyak fokus pada hiburan.

Situs web media mengumpulkan berita atau pelaporan lainnya. Ada beberapa tumpang tindih di sini dengan situs web hiburan, tetapi situs web media lebih cenderung menyertakan bagian yang dilaporkan sebagai tambahan atau alih-alih konten yang murni untuk hiburan.