Sukses

Tanpa Efek Samping, Ini 7 Minuman Alami yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

Dalam mencegah penuaan dini, ada beberapa minuman alami yang dapat dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Proses penuaan mau tidak mau akan terjadi pada setiap manusia. Namun ada juga orang yang belum berusia lanjut sudah mengalami penuaan. Semua itu terjadi karena banyak faktor. Bisa karena gaya hidup yang salah, konsumsi makanan yang tidak tepat, dan berbagai faktor lainnya.

Tentu tak ada orang yang ingin terlihat tua sebelum waktunya. Oleh karena itu, setiap orang mencari segala cara untuk membuat penampilannya tetap terlihat segar dan indah. Tak sedikit juga yang rela merogoh kocek lebih dalam demi melakukan perawatan kecantikan.

Dalam mencegah penuaan dini, ada beberapa minuman alami yang dapat dikonsumsi. Minuman alami ini tentunya lebih terjangkau dan tidak memiliki efek samping bila dibandingkan dengan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2019) tentang minuman alami yang dapat mencegah penuaan dini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air putih dan Teh hijau

Air putih

Minuman pencegah penuaan dini yang pertama adalah air putih. Air putih memang merupakan minuman alami yang paling sehat dan memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Apalagi tubuh manusia sangat membutuhkan cairan. Menjaga tubuh agar tetap tidak dehidrasi sangat penting.

Air juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti bagian organ dan kulit. Tanpa air yang cukup, kulit bisa menjadi kering, kusut, dan tampak tua. Selain itu dengan meminum air putih juga dapat membantu membuang racun berbahaya dari tubuh dan membuatmu terlihat segar dan lebih muda.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksi dan antipenuaan serta bisa membantu mencegah keriput muncul dengan meningkatkan pergantian sel dengan cepat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Bahkan, kamu juga bisa meminum teh hijau secara rutin agar bisa membantu membuat jantungmu menjadi lebih sehat.

 

3 dari 4 halaman

Air kelapa dan Jus buah bit

Air kelapa

Air kelapa mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kandungan ini dapat membantu menghambat penuaan dini. Air kelapa dapat membantu meremajakan kulit dengan cepat. Air kelapa juga dapat menyehatkan sel-sel dalam kulit supaya senantiasa terhindar dari racun.

Jus buah bit

Buah bit mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan melawan keriput. Selain itu, buah bit juga bermanfaat dalam mencegah timbulnya jerawat. Buah bit juga kaya akan nitrat sehat alami yang dapat memberikan dorongan dalam aliran darah ke lobus frontal otak.

Manfaat utamanya dapat mengurangi kemungkinan demensia atau perubahan kemampuan dan motorik pada usia tua.

4 dari 4 halaman

Kopi dan Jus lidah buaya

Yoghurt dicampur Pisang dan Beri

Buatlah yoghurt dari buah pisang dan beri air secukupnya ke yoghurt untuk membuat minuman alami antipenuaan yang lezat ini. Pisang matang kaya akan pektin, berfungsi menjaga kadar gula di dalam tubuh tetap terkendali. Pectin juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh, penting untuk memperlambat proses penuaan. Di sisi lain, beri adalah sumber kaya vitamin C, yang membantu menjaga kulit agar tetap kenyal dan bercahaya.

Kopi

Kopi mengandung kafein. Kandungan kafein ini dapat melindungi tubuh terhadap peradangan kronis, masalah umum seiring bertambahnya usia. Selain itu minum kopi juga dapat menurunkan risiko kanker kulit. Mereka yang minum satu cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko terkena kanker kulit non-melanoma sekitar 10%.

Jus lidah buaya

Minuman yang berasal dari gel lidah buaya ini tak hanya lezat, tapi juga sangat sehat. Selain menyehatkan, lidah buaya mengandung banyak asam amino dan nutrisi yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam lidah buaya juga mampu membantu regenerasi kulit, sembari membantu mempertahankan kekenyalannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.