Sukses

Fungsi Kabel UTP yang Penting Sebagai Pengubung Perangkat

Liputan6.com, Jakarta Fungsi kabel UTP berguna untuk mendukung konektivitas berbagai perangkat. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN). Kabel UTP merupakan salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang digunakan sebagai penghubung atau transmisi data pada sebuah jaringan. 

Fungsi kabel UTP juga kerap digunakan untuk membatasi kecepatan akses internet komputer. Istilah Unshielded twisted-pair berarti merupakan jenis kabel yang dilindungi oleh alumunium. Sementara twisted-pair merujuk kepada bentuk isi kabel yang saling berlilitan di setiap pasangnya.

Fungsi kabel UTP banyak dimanfaatkan karena harganya yang relatif murah. Beberapa orang juga memanfaatkan fungsi kabel UTP ini sebagai pemanjang kabel printer atau perangkat lainnya. Kabel UTP memiliki 8 warna berbeda. Tiap warna ini memiliki fungsi kabel UTP sendiri.

Nah, apa saja fungsi kabel UTP? Simak ulasan Liputan6.com mengenai fungsi kabel UTP yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(6/8/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal UTP

UTP atau unshielded twisted pair merupakan kabel tembaga yang banyak digunakan dalam industri komputer dan telekomunikasi sebagai kabel Ethernet dan kabel telepon.

Dalam kabel UTP, konduktor yang membentuk satu sirkuit dipelintir satu sama lain untuk membatalkan interferensi elektromagnetik dari sumber eksternal.

Unshielded berarti tidak ada pelindung tambahan seperti jerat atau aluminium foil. Kabel UTP sering merupakan kelompok pasangan berpilin yang dikelompokkan bersama-sama dengan isolator berkode warna, yang jumlahnya tergantung pada tujuannya. Dalam kabel UTP terdapat 8 kabel saling melilit tiap dua kabelnya. Fungsi tiap warna kabel ini berbeda.

UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.

Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.

3 dari 5 halaman

Fungsi Masing-Masing Warna Kabel UTP

Dari 8 kabel berbeda, masing-masing kabel memiliki fungsinya sendiri. Salah satu fugsi penting kabel UTP adalah sebagai media penghantar data antar komputer atau perangkat. Berikut penjabaran fungsinya:

Putih-jingga: Berfungsi sebagai media penghantar paket data

Jingga: Berfungsi sebagai media penghantar paket data

Putih-Hijau: Berfungsi sebagai media penghantar paket data

Hijau: Berfungsi sebagai media penghantar paket data

Putih-Biru: Berfungsi sebagai media penghantar paket suara

Biru: Berfungsi sebagai media penghantar paket suara

Putih-Cokelat: Berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC

Cokelat: Berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC

4 dari 5 halaman

Fungsi kabel UTP secara keseluruhan

Menghubungkan komputer dengan komputer lain

Fungsi kabel UTP adalah menghubungkan komputer dengan komputer lainya dengan menyusun kabel UTP dengan susunan cross-over. Ujung kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan komputer pertama disusun mengikuti alur susunan: putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru. Dilanjutkan dengan butih-biru, jingga, putih-coklat, coklat.

Ujung kabel yang kedua, disusun dengan susunan: putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru. Selanjutnya dilanjutkan dengan warna putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat.

Menghubungkan komputer dengan hub atau switch

Jika fungsi yang pertama adalah menghubungkan dua host, UTP juga berfungsi menghubungan lebih dari dua host. Host tidak selalu komputer, bisa jadi perangkat seperti printer, scanner, mesin fax, mesin fotokopi yang mendukung koneksi ke hub atau switch.

Urutan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub berbeda dengan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan dengan komputer. Komputer dengan hub menggunakan urutan straight-through atau urutan pada warna kabel pada konektor pertama dan yang kedua adalah sama.

5 dari 5 halaman

Fungsi kabel UTP secara keseluruhan

Menghubungkan router dengan hub atau switch

UTP juga berguna untuk menghubungankan router dengan hub. Untuk mendukung fungsi ini diperlukan sususnan kabel UTP dengan susunan straight-through. Urutan ini merupakan urutan warna antara kabel yang pertama dengan kabel yang kedua adalah sama.

Membuat USB Extender (pemanjang)

USB Extender merupakan kabel yang digunakan untuk memperpanjang jarak antara USB port dengan USB connector. Praktik ini biasa dilakukan oleh ahli yang ingin mensiasati harga kabel USB extender yang mahal.

Membuat extender kabel printer

Kabel UTP juga bisa digunakan untuk memperpanjang jarak kabel printer untuk terhubung dengan komputer atau laptop. Cara membuatnya sama dengan cara pembuatan kabel USB Extender. Cukup hanya disesuaikan saja dengan dengan jack yang sesuai printer.