Sukses

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Biji Srikaya yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Srikaya dikenal dari daging buahnya yang berwarna putih yang lembut dan kenyal dengan bagian luarnya yang keras. Buah ini tumbuh di kawasan tropis seperti Asia Tenggara. Buah srikaya memiliki kandungan nutrisi sehat seperti antioksidan hingga vitamin A. 

Rupanya selain daging buah yang lezat, biji srikaya juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang mungkin berpikir biji srikaya tidak berguna, tetapi ternyata biji ini juga memiliki banyak kegunaan yang luar biasa.

Biji hitam mengkilap dari srikaya memang tak dapat dikonsumsi karena sedikit beracun. Namun, biji ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti membasmi serangga dan hama.

Berikut manfaat biji srikaya yang belum banyak diketahui, dilansir Liputan6.com dari Stylecraze, Selasa (6/8/2019).

2 dari 7 halaman

Membasmi Kutu Rambut

Kutu rambut menjadi gangguan tersendiri pada kepala. Kutu ini bisa memengaruhi kulit kepala dan menciptakan sensasi gatal tak tertahankan. Kutu rambut bisa dibasmi dengan shampo atau obat khusus. Namun, ada cara yang lebih alami yaitu menggunakan biji srikaya.

Caranya:

Giling biji srikaya menjadi bentuk bubuk dan campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan di kepala dan biarkan selama 10 menit. Cuci bersih dengan air dingin biasa. Proses ini, jika diulang dua kali seminggu selama sebulan akan memberikan hasil yang luar biasa dan membuat kepala Anda benar-benar bebas kutu.

3 dari 7 halaman

Pengusir serangga

Apakah Anda muak dengan serangan serangga, nyamuk dan semut di rumah? Biji srikaya dapat membantu Anda mengatasi gangguan ini. Campurkan beberapa biji srikaya yang telah dihaluskan menjadi bubuk dalam air dan biarkan selama beberapa hari.

Pengusir serangga buatan alami ini sudah siap digunakan. Taburkan campuran di sekitar rumah, terutama di daerah yang sering terdapat serangga. Hasilnya akan instan dan luar biasa mengusir gangguan serangga.

Insektisida yang dibuat dari biji srikaya ini harus dijauhkan dari mata karena memiliki potensi untuk membutakan seseorang untuk sementara waktu.

4 dari 7 halaman

Sebagai pestisida alami untuk tanaman

Campuran yang sama juga bisa digunakan sebagai pestisida untuk taman rumah. Taburkan beberapa tanaman yang terinfeksi secara teratur selama 10 hingga 15 hari untuk menghilangkan serangga pemakan daun secara keseluruhan.

Biji srikaya juga digunakan untuk membuat pestisida beracun ampuh lain yang digunakan dalam pertanian komersial. Pestisida yang dibuat dari biji ini adalah alami dan tidak berbahaya bagi ekologi. Penggunaan pestisida yang terbuat dari biji srikaya cukup bermanfaat bagi kesehatan umat manusia.

5 dari 7 halaman

Produksi Bio-Gas

Negara-negara seperti Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya menggunakan keajaiban kecil ini untuk tujuan komersial produksi bio gas. Biji buah ini mengandung asam lemak terperangkap yang kaya akan metil-ester yang memicu produksi gas.

Biji srikaya memang cukup beracun dan konsumsi yang tidak disengaja dapat menyebabkan sakit perut parah. Jadi saat Anda menikmati srikaya sebagai camilan malam, pertama-tama pastikan untuk membuang semua bijinya dengan hati-hati.

6 dari 7 halaman

Manfaat buah srikaya

Tinggi antioksidan

Srikaya sarat dengan antioksidan, yang memerangi radikal bebas di tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Senyawa tertentu dalam cherimoya - termasuk asam kaurenoic, flavonoid, karotenoid, dan vitamin C - memiliki efek antioksidan yang kuat.

Menambah berat badan sehat

Srikaya baik untuk mereka yang ingin menambah berat badan. Campuran madu dan srikaya ketika dikonsumsi secara teratur akan membantu menambah berat yang dibutuhkan dan kalori yang sangat dibutuhkan.

Mencegah Asma

Srikaya kaya akan vitamin B6, yang membantu mengurangi peradangan bronkial dan membantu mencegah serangan asma.

Mencegah Serangan Jantung

Kandungan magnesium dalam srikaya membantu mempertahankan jantung dari serangan jantung dan dapat membantu mengendurkan otot. Selain itu, vitamin B6 dalam srikaya membantu mencegah pengumpulan homocystein yang juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

 

7 dari 7 halaman

Manfaat buah srikaya

Lancarkan pencernaan

Srikaya kaya akan tembaga dan serat makanan, yang membantu pencernaan, membantu meringankan buang air besar dan mengatasi sembelit.

Sangat baik untuk penderita diabetes

Kelimpahan serat makanan dalam srikaya membantu memperlambat penyerapan gula dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Kontrol Tekanan Darah

Srikaya adalah sumber kalium dan magnesium yang baik yang membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali. Bagi mereka dengan tingkat tekanan darah yang berfluktuasi, srikaya akan sangat membantu.

Mengurangi Kolesterol

Srikaya mengandung niasin dan serat makanan dalam kadar tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Mengobati Anemia

Srikaya berfungsi sebagai stimulan, pendingin, ekspektoran, dan hematematik. Selain itu, sumber zat besi yang kaya juga berguna dalam mengobati anemia.

Loading