Sukses

Fakta Sosok Taj Yasin dan Majid Kamil, Dua Putra Mbah Maimun yang Terjun ke Politik

Inilah fakta sosok putra Mbah Maimum, Taj Yasin dan Majid Kamil

Liputan6.com, Jakarta Ulama besar Indonesia, Kiai Haji Maimun Zubair atau Mbah Moen wafat di Mekah pada Selasa 6 Agustus 2019. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang tersebut wafat usai menunaikan Salat Subuh. 

Selama ini Mbah Moen pun menjadi ulama rujukan di Indonesia yang sering menjadi rujukan dalam bidang fikih. Lahir di Sarang, Rembang 28 Oktober 1928, Mbah Moen ini memiliki 10 orang anak yang semua anaknya menjadi tokoh ulama dan berperan dakwah Islam.

Selama hidupnya, Mbah Moen pernah menjadi anggota DPRD Rembang selama 7 tahun. Selain itu, Beliau juga pernah menjadi anggota MPR RI utusan Jawa Tengah. Karena kedalaman ilmu dan kharismanya, Mbah Moen juga diangkat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kiprah ini juga diikuti oleh anaknya yang bernama Taj Yasin (Gus Yasin) dan Majid Kamil (Gus Kamil) yang yang mengikuti jejak sang ayah menjadi salah satu pemimpin di Wilayah Jawa Tengah yang seperti Mbah Moen menjadi pemimpin umat mayoritas Jawa Tengah.

Berikut fakta sosok Taj Yasin dan Majid Kamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/8/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taj Yasin dan Majid Kamil sama-sama menjabat posisi penting di Jawa Tengah

Pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018, Ganjar Pranowo sebagai incumbent menggandeng Taj Yasin dalam pemilihan tersebut. Pasangan ini pun terpilh menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk masa jabatan 2018-2023.

Perolehan suara yang didapatkan adalah 58.78% melawan pasangan Sudirman Said mantan menteri ESDM yang berpasangan dengan Ida Fauziah kala itu.

Taj Yasin menjabat Wakil Gubernur, Gus Kamil pun miliki jabatan sebagai Ketua DPRD Rembang yang mewakili Partai Persatuan Pembangunan sejak pemilihan legislatis 2014.

3 dari 4 halaman

Menjabat posisi penting dalam Partai Persatuan pembangunan

Taj Yasin dan Kamil Majid keduanya sama-sama berkecimpung dalam partai yang sama, yaitu Partai Persatuan Pembangunan seperti sang ayah, Mbah Moen. Dalam kepengurusan partai Gus Yasin menjabat Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Jawa Tengah kubu Romahurmuziy.

Sedangkan untuk Kamil Majid, selain jadi Ketua DPRD Rembang, dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Rembang kubu Romahurmuziy.

4 dari 4 halaman

Keduanya berangkat ke Mekah untuk ikuti prosesi pemakaman Mbah Moen

Taj Yasin dan Majid Kamil, dikabarkan bahwa akan menyusul ke Mekah pada Rabu (7/8/2019). Keberangkatan tersebut adalah untuk menziarahi makam sang ayah dan menjemput ibunya, Nyai Heni Maryam yang sebelumnya ikut berangkat haji bersama Mbah Moen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini