Sukses

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Menatap Layar Komputer Terlalu lama

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kamu merasakan sakit kepala saat menatap layar komputer terlalu lama. Apalagi untuk orang yang bekerja menatap layar komputer setiap harinya, tentunya hal ini sangat perlu untuk diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Banyak orang yang mengalami gangguan pada mata dan kepala saat menatap layar komputer terlalu lama. Padahal hal tersebut merupakan suatu kewajiban dan harus dilakukan setiap harinya sebagai tanggung jawab melaksanakan pekerjaan.

Cara mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer terlalu lama sebenarnya sangat mudah. Kamu tidak perlu melakukan berbagai hal yang merepotkan, cukup dengan mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/8/2019) tentang cara mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer terlalu lama. 

2 dari 5 halaman

Istirahat Secara Reguler

Duduk di depan komputer selama berjam-jam tak hanya buruk bagi mata, tapi juga bagi seluruh tubuh. Melangkah menjauh dari komputer setiap 20 menit atau lebih adalah cara yang bagus untuk menghindari sakit kepala. Berdiri, meregangkan tubuh, dan minum air putih akan membantu melemaskan tubuh, membantu melepaskan ketegangan di leher dan bahu kamu.

Walaupun pekerjaan sedang menumpuk, luangkan sedikit waktumu untuk beristirahat sejenak. Istirahat sejenak akan membantu mengatasi sakit kepala akibat melihat layar komputer.

Selain itu, menarik napas panjang dan mengedipkan mata sesering mungkin dapat menjaga mata tidak menjadi kering dan membuat pikiran menjadi lebih relaks. Beristirahat secara siginifikan dapat mengurangi risiko sakit kepala.

3 dari 5 halaman

Pencahayaan yang Tepat

Saat kamu menggunakan komputer hanya menggunakan cahaya dari komputer saja maka hal tersebut sangat buruk bagi mata. Namun kamu juga tak harus menggunakan pencahayaan yang benar-benar cerah. Oleh karena itu, mengatur pencahayaan yang tepat pada ruangan dan pada komputer sangatlah penting.

Aturlah cahaya komputer yang kamu gunakan sedemikian rupa agar tidak menyebabkan sakit kepala. Pencahayaan yang terlalu terang dapat membuat mata sakit. Pencahayaan yang terlalu gelap juga akan membuat mata bekerja lebih ekstra sehingga menjadi sakit kepala.

Selain itu, bekerjalah di ruangan yang terang tapi jangan terlalu terang karena akan membuat matamu tidak nyaman. Lalu jangan pernah bekerja di ruangan yang gelap kalau kamu tidak ingin sakit kepala.

Kamu harus memiliki kombinasi cahaya alami dari jendela dan pencahayaan yang lembut. Lampu LED putih lembut adalah pilihan bagus untuk pencahayaan yang tak terlalu kuat. Selain itu, pertimbangkan menempatkan lampu lantai di sudut ruangan alih-alih menggunakan lampu langsung di atas kepala.

4 dari 5 halaman

Memperbaiki Postur Tubuh

Pada saat bekerja di balik komputer, terkadang postur tubuh kamu salah, sehingga berdampak pada rasa sakit di kepala. Misalnya, posisi leher yang tidak nyaman dapat membuat area kepala terasa tertekan. Oleh karena itu, memperbaiki postur tubuh menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala saat melihat layar komputer terlalu lama.

Tips yang harus dilakukan adalah dengan membuat posisi komputer sejajar dengan mata dan bagian tengah layar memiliki jarak setidaknya 50-60 cm dari mata. Selanjutnya, usahakan posisi bahu senyaman mungkin dalam bekerja, lengan jangan sampai bertumpu pada keyboard.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur tinggi kursi senyaman mungkin agar tidak menyebabkan sakit kepala saat menatap layar komputer terlalu lama.

5 dari 5 halaman

Memakai Kacamata Filter

Salah satu produk paling berguna untuk membantu mencegah sakit kepala karena komputer adalah kacamata dengan filter. Cahaya biru dipancarkan saat kamu menatap layar komputer.

Cahaya ini dapat meningkatkan ketegangan mata hingga menyebabkan sakit kepala. Kacamata dengan filter biru dirancang untuk menyaring cahaya biru, meminimalkan sensitivitas cahaya. Mengenakan kacamata ini dapat membantu kamu menggunakan komputer tanpa menyebabkan ketegangan mata.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Titik Pijatan pada Tubuh Ini Ampuh Redakan Sakit Kepala
Artikel Selanjutnya
8 Penyakit Serius yang Berawal dari Migrain, Waspadai