Sukses

7 Tips Cantik Alami Warisan Nenek Moyang, Kelopak Mawar Bikin Bibir Merah

Cantik alami dengan asam jawa untuk hilangkan flek hitam

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan produk kecantikan pada saat ini sudah menjadi tren dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terdapat produk kecantikan modern yang mempunyai banyak kegunaan. 

Namun, sejak zaman dahulu manusia selalu memiliki cara untuk merawat kecantikan. Cara tradisional yang dipakai oleh nenek moyang memang ternyata enggak kalah sehat.

Selain itu, bahan-bahan rahasia yang dipakai nenek moyang sangat sederhana dan tidak mengharuskan kamu membeli produk kecantikan baru. Mungkin kamu sudah memiliki semua yang kamu butuhkan di rumah.

Selain itu bahan-bahan rahasia lainnya juga diambil langsung dari alam yang membuat kamu cantik alami.

Berikut 7 tips cantik alami warisan nenek moyang yang dilansir dari herbeauty Kamis (8/8/2019) tentang tips cantik alami warisan nenek moyang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kelopak Mawar Untuk Pemerah Bibir

Bahan alami yang digunakan untuk membuat bibir merah merona, kamu bisa menggunakan buah beri dan kelopak mawar untuk pengganti lipstik.

Sebagai pemerah bibir alami, penggunaan kelopak mawar dapat diaplikasikan langsung pada kulit bibir yang berwarna kegelapan. Selain itu untuk perawatan dari dalam, kamu dapat mengonsumsi langsung kelopak mawar yang segar dan ditanam secara organik.

Kelopak mawar tersebut jauh lebih murah dan mudah didapatkan.

3 dari 8 halaman

2. Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Jika kamu terlalu lelah dan melihat ada kantung mata di wajah kamu, gunakan tips cantik alami ini. Ambil mentimun yang telah didinginkan dan iris tipis-tipis.

Lalu tutup mata kamu dan letakkan irisan timun pada kelopak mata. Kamu akan merasakan sensasi dingin serta sejuk di area mata. Lakukanlah secara teratur dan dapatkan wajah bebas tanpa kantung mata.

4 dari 8 halaman

3. Gula untuk Scrub

Scrub menjadi tren saat ini, terutama di musim panas. Sebagian orang ingin melakukan eksfoliasi atau menghilangkan sel kulit mati, yang berarti membantu kulit untuk mempercepat proses pengelupasan agar memiliki kulit halus dan bercahaya.

Gula memiliki berbagai fungsi, seperti menjadi bahan utama untuk pembuatan scrub pada umumnya. Cukup gunakan gula dengan menambahkan minyak esensial atau madu untuk membuat scrub. Scrub gula ini bisa digunakan untuk bibir, untuk kaki, atau dapat digunakan di seluruh tubuh kamu.

5 dari 8 halaman

4. Kain untuk Membuat rambut Keriting

Saat ini memang banyak alat pengriting rambut bagus yang dijual secara bebas. Namun, sering menggunakan alat pengeriting rambut akan membuat rambut kamu rusak akibat panasnya alat pengriting rambut.

Ada cara yang dilakukan nenek moyang zaman dahulu dengan menggunakan kain. Kamu hanya cukup membungkus helai rambut dengan potongan kain dan bisa kamu tinggal tidur.

Pada saat kamu bangun, kamu akan memiliki rambut keriting yang indah dan akan bertahan beberapa hari. Cara ini akan bebas dari kerusakan rambut.

6 dari 8 halaman

5. Menghitamkan Rambut dengan daun urang-aring

Jika kamu ingin membuat rambutmu hitam berkilau, tak perlu pergi ke salon. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti daun urang-aring untuk masker rambut.

Daun urang-aring yang juga sering disebut daun tinta atau memilik nama lain false daisy merupakan bahan alami yang dipakai untuk perawatan rambut Sejak zaman nenek moyang, urang-aring berkhasiat menghitamkan rambut dan mencegah uban karena zat pewarna alaminya.

Cara membuat masker ini sangatlah sederhana, kamu hanya cukup menyiapkan segenggam daun urang-aring segar lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan daun yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

7 dari 8 halaman

6. Asam Jawa Masker untuk Flek Hitam

Asam jawa memiliki berbagai manfaat salah seperti untuk mengurangi noda hitam di kulit, mengurangi kerutan-kerutan penuaan, dan memperhalus kulit. Hal itu dikarenakan asam jawa memiliki kandungan vitamun B,C,E, serat, kalium, kalsium, fosfor,mangan, dan zat besi.

Cara membuat masker asam jawa sangatlah sederhana. Hancurkan buah asam jawa, lalu tambahkan minyak zaitun dan aduk. Hasil adonan tersebut dapat kamu oleskan di wajah selama beebrapa menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin agar mrendapatkan wajah yang lebih segar dan bersih.

8 dari 8 halaman

7. Bedak Bayi untuk Dry Shampoo

Penggunaan Dry Shampoo memang sangat nyaman, tetapi cenderung cepat habis dan kaleng aerosol dry shampoo itu tidak bagus untuk lingkungan.

Nah, inilah tips lama yang bisa kamu manfaatkan. Caranya cukup mudah, taburkan sedikit bedak bayi pada rambut kamu. Hal itu sama seperti menggunakan dry shampoo. Tapi,jika kamu memiliki rambut yang gelap, kamu bisa mencampurnya dengan sedikit cokelat sehingga akan terlihat samar di akar rambut kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini