Sukses

6 Wisata Alam Malang Menyejukkan, dari Pegunungan hingga Pantai

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Malang menjadi destinasi tepat bagi Anda yang berencana liburan ke Kota Apel ini. Wilayah terdiri dari bagian kota dan kabupaten. Wisata alam Malang banyak ditemui di wilayah kabupaten.

Sebagian besar wilayah kabupaten Malang merupakan kawasan dataran tinggi dan pegunungan yang berhawa sejuk. Ini membuat wisata alam Malang cukup mudah ditemui. Bagian barat dan barat laut berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Arjuno dan Gunung Kawi. Bagian timur merupakan kompleks Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, dengan puncaknya Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Bagian selatan Malang berupa pegunungan dan dataran bergelombang. Dataran rendah di pesisir selatan cukup sempit dan sebagian besar pantainya berbukit. Kondisi geografis ini membuat wisata alam Malang cukup beragam.

Wisata alam Malang ini dapat berupa pegunungan, agro wisata, hingga keindahan pantai. Wisata alam Malang cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dan kesejukan udara. Berikut 6 pilihan wisata alam Malang yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(8/8/2019).

2 dari 7 halaman

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari merupakan kebun teh pertama yang ada di Jawa Timur. Kebun ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII. Kebun teh Wonosari berada di dua wilayah yaitu di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Kebun teh ini menghasilkan produk teh yang cukup istimewa yaitu teh putih. Teh putih merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar, sehingga untuk menghasilkan teh ini perlu kreativitas tersendiri dari para pemetik.

Selain aktivitas produksi teh, lokasi kebun teh Wonosari ini juga dijadikan sebagai agro wisata. Suasana pegunungan sejuk dengan hamparan kebun teh yang hijau mampu menjadi daya tarik bagi para pelancong. Lokasi kebun teh wonosari terbilang cukup mudah untuk dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi (roda dua dan empat) maupun kendaraan umum.

Saat memasuki area wisata perkebunan seluas 1.144 hektar ini Anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti menyusuri kebun teh, bersepeda, camping, kunjungan ke pabrik teh, hingga spot-spot foto keren.

3 dari 7 halaman

Coban Pelangi

Coban Pelangi berlokasi di kaki gunung Semeru tepatnya di Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang. Seperti namanya, Anda dapat menyaksikan pelangi di air terjun ini. Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini.

Untuk menuju air terjun, pengunjung akan melewati medan berbukit dengan kemiringan mencapai sekitar 45°. Coban Pelangi dikelilingi oleh pepohonan menjulang khas hutan hujan tropis. Total tinggi air terjun Coban Pelangi sekitar 110 meter dan ketika pagi hari suhu di sini mencapai 13- 19 derajat Celsius.

4 dari 7 halaman

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan adalah wisata air tejun yang terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Pesona air terjun ini terletak pada beberapa air terjun pendek yang berjejer rapi. Air terjun utama Ciblungan berasal dari sungai yang tepat berada di atasnya. Sedangkan air terjun lain yang lebih rendah, muncul dari sumber air sekitar lokasi.

Air yang mengalir dari Air Terjun Coban Ciblungan ini jatuh ke sungai-sungai yang dangkal di bawahnya, sehingga bisa untuk berendam atau sekadar bermain air.

5 dari 7 halaman

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini membentang indah dengan hamparan pasir putihnya. Di pantai ini terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pantai ini juga kerap disebut Tanah Lot-nya Jawa.

6 dari 7 halaman

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang. Selain pesona pasir putihnya, di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

Luas areal wisata Pantai Ngliyep kurang lebih 10 Ha yang terdiri dari hutan lindung, areal wisata, penginapan, dan lahan parkir. Pantai Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya.

7 dari 7 halaman

Bromo

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur yang berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur salah satunya Malang.

Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi.