Sukses

Waspada, Ini 5 Penyebab Sariawan yang Sering Muncul

Liputan6.com, Jakarta Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang paling sering dialami oleh seseorang. Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Bagi penderitanya kerap merasakan nyeri pada area pipi, gusi, bagian dalam bibir, atau lidah. 

Kondisi ini muncul dalam bentuk luka di permukaan kulit di dalam rongga mulut gusi. Ukuran sariawan bisa besar atau kecil dan umumnya memiliki warna keputihan atau agak merah.

Sariawan sering dianggap penyakit mulut yang disepelekan, padahal pada beberapa kasus, sariawan bisa menggaggu mukosa mulut yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya sariawan, dan setiap penderita satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda. Bagi beberapa orang, sariawan sering muncul dalam beberapa waktu.

Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami munculnya yang begitu sering? Nah, berikut Liputan6.com, Kamis (8/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyebab yang membuat kamu mudah terkena sariawan.

2 dari 6 halaman

Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Banyak orang yang beranggapan munculnya sariawan dikarenakan kurangnya asupan vitamin C. Padahal, sariawan bisa juga muncul saat kamu kurang mendapatkan asupan vitamin B12 dan zat besi.

Penyebab sariawan sering muncul juga bisa dikaitkan dengan kekurangan beberapa nutrisi seperti asam folat, seng, serta kalsium juga bisa memicu datangnya sariawan. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan asupannya kamu sebaiknya selalu menjaga asupan makanan dengan kadar gizi seimbang.

Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut. Untuk vitamin B12 kamu bisa mendapatkannya di berbagai jenis ikan, daging, telur, hingga produk olahan susu. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi kamu bisa mendapatkannya dari hati, kacang-kacangan, bayam, tahu, dan kentang.

3 dari 6 halaman

Luka di Mulut

Selain kurangnya asupan vitamin, penyebab sariawan sering muncul selanjutnya dikarenakan adanya luka pada mulut. Luka yang terjadi pada mulut biasanya diakibatkan saat mengunyah makanan atau penggunaan gigi palsu yang kurang baik.

Penyebab luka pada mulut lainnya adalah bibir tidak sengaja tergigit, menyikat gigi terlalu keras, obat kumur yang tidak sesuai, hingga kebersihan mulut yang tak terjaga.

4 dari 6 halaman

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh kerap dipengaruhi oleh beragam mineral, salah satunya adalah zat besi. Nah, kalau kamu kekurangan asupan zat besi, maka kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah putih akan menurun saat melawan infeksi. Sehingga kalau kekebalan tubuh menurun, maka sariawan juga akan lebih sering muncul.

5 dari 6 halaman

Mengonsumsi Makanan yang Asam, Panas, dan Pedas

Memang, buah yang asam seperti jeruk, nanas, dan lemon tidak secara langsung memicu munculnya sariawan. Namun penyebab sariawan sering muncul ini bisa terjadi ketika buah asam ini menekan jaringan mulut yang terluka. Nah, kondisi inilah yang menimbulkan rasa sakit di mulut.

Selain buah yang asam, makanan lain yang bisa mengiritasi mulut seperti minuman atau makanan yang pedas dan panas juga bisa menyebabkan sariwan sering muncul. Pasalnya, bagi sebagian orang kerap mengalami reaksi iritasi pada permukaan lidahnya saat mengomsumsi makanan tertentu.

6 dari 6 halaman

Tumbuhnya Jamur

Pertumbuhan jamur Candida albicana yang berlebih pada mulut dapat menjadi penyebab sariawan sering muncul. Ya, jamur ini akan membentuk lapisan berwarna putih berupa bercak-bercak.

Jamur ini memang ada di dalam mulut, namun kehadirannya dalam jumlah yang kecil. Nah, ketika jumlah jamur ini meningkat maka hal inilah yang menyebabkan sariwan muncul. Jamur jenis ini bisa tumbuh subur saat daya tahan tubuh kamu sedang lemah.

Selain sistem tubuh yang melemah, jamur ini dapat tumbuh subur bagi kamu yang tak menjaga kebersihan mulut dengan baik.